4 Cara Menghemat Tinta Printer

Keluhan umum yang biasanya dilontarkan para pengguna Printer adalah borosnya Tinta Printer yang Mereka miliki. Terlebih dengan harga tinta Printer yan terbilang cukup mahal, apakah ada cara untuk menghemat penggunaan tinta pada Printer?

Maka pada Artikel kali ini Kami akan mencoba merangkumnya untuk Anda, Cara menghemat Tinta Printer

  1. Selalu Gunakan Tinta Original

Dengan menggunakan Tinta Original tentu memberikan rasa aman dan nyaman ketika Anda melakukan mencetak dalam jumlah yang banyak. Karena tinta Orignal meberikan hasil cetak yang konsisten dan tentu tinta original adalah produk yang sudah teruji dan dibuat oleh Pabrikan resmi dari Brand.

Banyak orang beranggapan tinta pihak ketiga atau yang compatible itu lebih murah dan membuat lebih irit penggunaan, padahal tinta pihak ketiga ini tidak memiliki kualitas yang sesuai standar dan memberikan hasil cetak yang tidak konsisten sehingga membuat tinta lebih cepat habis dan menimbulkan masalah baru yaitu penyumbatan pada Print Head. 

  1. Pilih Opsi Cetak Grayscale dan Draft / Eco

Meski Anda mencetak dokumen dengan warna font hitam dan background putih saja, namun pada pengaturan Printer Anda biarkan default. Hal ini tetap akan membuat proses cetak menggunakan tinta Colour juga. Untuk itu Anda perlu mengubah pengaturan cetak ke Grayscale namun opsi ini akan membuat kualitas hasil cetak dokumen menjadi berkurang.

Nah, bagaimana untuk mencetak foto atau dokumen bergambar? Anda bisa menggunakan opsi cetak Draft ataupun Eco. Tentu sekali lagi, opsi ini membuat kualitas hasil cetak Anda menjadi berkurang. 

  1. Gunakan Font yang Tepat

Beda Font tentu beda pula jumlah tinta yang digunakan untuk mencetak. Pilihlah font yang dirancang untuk irit tinta. Spesifikasinya adalah font yang  tidak terlalu Bold alias ramping.

Faktanya Arial adalah salah satu font yang lebih popular dan sering digunakan tetapi menggunakan tinta 27% lebih banyak daripada Century Gothic, Calibri, atau Times New Roman. Kini ada sebuah Aplikasi bernama Ecofont yang adalah font sans-serif yang tengahnya bolong-bolong sehingga mengurangi 20% penggunaan tinta tanpa mengurangi daya baca. 

  1. Periksa Kembali Tulisan atau Dokumen

Gunakan Print Preview untuk memeriksa ulang apakah ada tulisan atau pekerjaan Anda yang salah. Cara ini akan meminimalisir Anda dalam mencetak dokumen salah dan tidak terpakai yang menjadi sumber pemborosan tinta dan kertas. 

Oke, itulah 4 Cara Menghemat Tinta Printer. Semoga cara ini dapat menghemat tinta dalam mencetak. Jika Anda masih mengalami kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Tagged , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *