5 Tips WFH (Work from Home) lebih Produktif saat Pandemi COVID-19 (Corona)

Mengalami banyak kesulitan saat WFH (Bekerja dari Rumah) di tengah Pandemi Corona? Tenang, 5 Tips ini akan membantu Kamu lebih Produktif dalam menjalankannya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada tanggal 20 Maret 2020 telah memerintahkan seluruh perkantoran dan dunia usaha di Jakarta untuk ditutup sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus crona (Covid-19), yang sampai saat artikel ini dibuat DKI Jakarta merupakan wilayah dengan jumlah penderita Corona terbanyak di Indonesia. WFH (Work From Home) menjadi opsi Perusahaan, agar karyawan tetap produktif meski di Rumah. Namun masih banyak Karyawan yang tidak familiar atau terbiasa WFH atau Bekerja dari Rumah. Nah, kali ini Success Comp akan memberi tips nih agar WFH Kamu Lebih Produktif.

Pilih Tempat Bekerja yang Nyaman

Tidak melulu harus dengan ruangan Kerja khusus, bisa atur kamar tidurmu sebagai tempat bekerja dengan menaruh meja khusus untuk bekerja disudut kamar. Ataupun mungkin ada dari kalian yang lebih nyaman dan produktif dalam bekerja di Sofa, nah saatnya pindahkan Laptopmu dan bekerjalah di Ruang Tamu. Tentunya kamu sendirilah yang dapat menentukan dimana area bekerja yang paling nyaman yang ada di Rumahmu, mungkin Kamu perlu sedikit coba-coba untuk mengetahui area rumah kamu yang paling kondusif dan ternyaman untuk bekerja.

Kerja dari Rumah

Perhatikan Waktu Bekerja

Tentu akan lebih baik jika waktu durasi WFH kamu sama dengan waktu durasi Kamu bekerja di Kantor, misalnya saat kamu bekerja di Kantor biasanya mulai pukul 9 pagi sampai jam 5 sore, dan waktu istirahat kamu ada pada pukul 12 sampai jam 1 siang, kamu pun bisa untuk mengikuti waktu tersebut. Namun jika kamu tidak cukup berutung untuk dapat mengikuti aturan waktu tersebut, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk istirahat.

 

Manajemen waktu

Buat Workflow (Alur Kerja)

Membuat atau merencanakan sebuah Workflow mungkin memang hal yang sudah biasa dilakukan beberapa Karyawan saat bekerja di Kantor. Namun yang perlu kalian perhatikan, mungkin ada beberapa hal yang berbeda antara Workflow saat WFH dengan Workflow saat Bekerja di Kantor seperti biasa. Workflow juga dibuat agar Kamu lebih displin dan mengetahui timeline pekerjaan meskipun bekerja dari Rumah.

Workflow

Tips Membuat Workflow: Rencanakan pekerjaan Kamu sebelum memulai hari. Kemudian Siapkan daftar pekerjaan ataupun target. Lalu atur prioritas pada masing-masing pekerjaan atau target yang sudah Kamu buat tadi. Gunakan Workflow Management Software untuk melakukan hal ini, kamu bisa mencoba Software berbasis web seperti Trello, Wrike dan Zoho Creator.

Gunakan Teknologi Terbaik

Tantangan bekerja dari Rumah ialah tidak teresedianya Laptop atau PC dan jaringan Internet yang memadai. Untuk itu kamu bisa mengkomunikasikannya dengan Perusahaan untuk meyediakannya, misal kamu perlu meminjam Laptop Perusahaan dan Mengupgrade Paket atau Kuota Internet tambahan untuk WFH. Selain itu ada beberapa hal yang juga harus kamu perhatikan agar komunikasi dengan rekan kerja tetap berjalan baik meskipun bekerja dari Rumah, dengan menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti Zoom atau Google Hangout untuk meeting/briefing melalui Video.

Video conferencing

Minta Pengertian kepada Orang Rumah

Jika saat ini tinggal bersama orang tua atau mungkin kamu sudah memiliki pasangan dan anak, mungkin ini adalah tantangan terbesar selanjutnya. Minta dari mereka untuk memberikan pengertian dan ketenangan di Rumah demi Produktivitas Kamu dalam Bekerja.

Dengan 5 Tips WFH (Work from Home) lebih Produktif saat Pandemi COVID-19 (Corona) diharapkan bisa kamu aplikasikan dengan baik secara ikhlas dan gembira.

Lagi WFH, tiba-tiba Tinta, Toner atau Ribbon Printer habis atau tiba-tiba Printer / Laptop / PC kamu bermasalah? Tenang Success Comp siap melayani Kamu (Service & Sales). Kamu tetap dirumah aja ya, Hubungi Kami 085210000355

**Pelayanan via Kurir, Grab atau Gosend.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *