Cara Memperbaiki Printer yang Tidak Terdeteksi

Ketika Anda sedang dikejar deadline pekerjaan ataupun tugas, tapi perangkat Printer Anda tiba-tiba “Ngambek” tidak dapat tedekteksi. Meski sistem Laptop / Komputer Anda dapat membaca Printer tetapi statusnya dalam keadaan offline atau tidak ada respon sama sekali. Tentu keadaan ini sangat mengganggu Anda dalam bekerja.

Ada berbagai macam kondisi yang membuat Printer tidak bisa terkoneksi dengan Komputer atau Laptop, tentunya berbeda cara juga untuk memperbaikinya. Nah, kali ini kita akan merangkumkan Solusi Cara Memperbaiki Printer yang tidak terdeteksi. Simak sampai akhir ya!

Memperbaiki Printer yang Tidak Terdeteksi

  1. Cek Koneksi Printer ke Komputer / Laptop

    Karena saat ini ada 2 jenis koneski printer yaitu Printer Non Wireless dan Printer Wireless, maka kami juga akan membedakan cara memperbaikinya untuk kedua jenis koneksi Printer tersebut.

    • Printer Non Wireless

      Untuk Printer Non Wireless tentu saja Anda menggunakan kabel USB penguhubungnya. Ketika Anda menggunakan Kabel USB terkadang fungsinya tidak berjalan dengan baik atau tidak bisa sama sekali akibat terbelit, tertekuk atau pun putus.

      Berikut tahapan yang bisa dilakukan:

      • Pertama, coba untuk periksa kabel USB Printer Anda, cek setiap detailnya pastikan tidak ada masalah seperti ada bagian yang terputus, kotor ataupun berkarat.
      • Kemudian, periksa dan bersihkan juga port USB pada Printer. Pastikan kotoran dari debu atau karat sudah tidak menempel.
      • Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba untuk melepas lalu menyambung kabel USB pada Printer berulang-ulang. Hal ini kadang bisa cukup berhasil.
      • Terakhir, bila dirasa cara-cara diatas sudah dilakukan namun tetap tidak berhasil, coba untuk mengganti kabel USB dengan yang baru. 
    • Printer Wireless

      Untuk di beberapa Printer Wireless memiliki 2 opsi yaitu Wifi Direct maupun yang melalui Wifi Router. Kami jelaskan sedikit perbedaannya, Wifi Direct adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk menghubungkan langsung Laptop, Komputer maupun Smartphone ke Perangkat Printer. Sedangkan Wifi Router adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk menghubungkan Laptop, Komputer maupun Smartphone ke Perangkat Printer melalui Router.

      Berikut tahapan yang bisa dilakukan:

      • Jika Anda menggunakan Wifi Router, pastikan & cek jaringan Router apakah terkoneksi dengan baik pada Laptop , Komputer ataupun Smartphone dan pada Perangkat Printer. Pastikan juga tidak ada Ip Address yang konflik. Kemudian jika memungkinkan Restart Router jika masih mengalami kendala.
      • Jika Anda menggunaka Wifi Direct, pastikan dan cek apakah jaringan Wireless Smartphone Anda sudah terkoneksi dengan baik pada Perangkat Printer, pastikan SSID dan Password Printer sudah sesuai. Jika masih bermasalah coba untuk hapus dan install kembali Aplikasi dari Brand Printer Anda di Smartphone.
  2. Jalankan Troubleshooter Printer
    • Pertama buka, Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers.
    • Klik kanan pada Icon Printer Anda lalu click Troubleshoot. Kemudian Printing troubleshooter akan mengidentifikasi dan memperbaiki masalah koneksi pada Printer.

      Troubleshooter Printer

  3. Restart Service Print Spooler

    Print spooler sendiri merupakan suatu service pada Windows yang berfungsi mengatur dan membaca setiap aktivitas printer pada sistem. Berikut tahapannya:

    • Pertama buka Run > kemudian ketik services.msc

    services.msc

    • Cari print spooler > klik kanan lalu klik stop. Setelah itu, klik kanan lagi > lalu klik start 
    • Terakhir, klik kanan pada print spooler > properties > lalu pastikan pada startup type sudah terpasang automatic 
  4. Hapus dan Install Ulang Driver Printer

    Coba untuk menghapus dan menginstall kembali driver Printer Anda dari Komputer atau Laptop. Biasanya hal ini dapat membantu Printer Anda akan terdeteksi lagi. Berikut tahapannya:

    • Klik Start > Settings > Devices. Klik Printers and Scanners dan pilih lalu klik printer Anda, selanjtunya klik Remove device.

      Remove Device

    • Selanjutnya Install Kembali Printer Beserta Drivernya dengan Klik Start > Settings > Devices > Printers and Scanners. Pilih Add a printer or scanner. 
    • Jika Printer sudah terdeteksi artinya Printer akan muncul pada list lalu klik Add device.
  5. Sevice Printer

    Jika cara-cara diatas ternyata Printer Anda masih belum dapat terdeteksi, kemungkinan Printer Anda mengalami masalah pada komponennya. Untuk itu Kami menyarankan untuk membawa Printer Anda ke tempat Service Printer Terdekat. Oia jika Anda tinggal di Jakarta Timur, Cibubur, Depok, Bekasi, Citra Gran, Kota Wisata, MetLand dan Sekitarnya silahkan untuk menghubungi Tim Kami yang siap menjemput Unit Printer Anda WA: 0852-10000-355

Oke, itulah beberapa Cara Memperbaiki Printer yang Tidak Terdeteksi. Semoga dapat membantu Anda yang saat ini sedang mengalami kendala. Jika Anda masih mengalami kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *