cartridge canon

Beginilah Cara Mendeteksi Cartridge Canon Original dan Palsu

Saat ini printer sudah menjadi salah satu barang elektronik umum yang banyak digunakan, khususnya di berbagai lembaga, instansi, atau perusahaan. Bahkan, tak jarang juga individu yang memiliki printer di rumah untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dalam hal percetakan dokumen-dokumen penting.

Semakin tingginya pengguna printer, semakin banyak pula tindak kecurangan yang dilakukan beberapa pihak. Salah satunya penjualan produk cartridge palsu yang menjadi bagian penting dari mesin printer. Bagi yang masih awam, tentu akan sulit membedakan cartridge original dan palsu saat membeli di toko tertentu. Hal inilah yang membuat mereka mendapatkan produk palsu yang gampang rusak.

Oleh sebab itu, Anda harus waspada dan berhati-hati dalam membeli cartridge, jangan sampai mendapatkan produk palsu, khususnya untuk cartridge Canon. Bagaimana caranya? Ikuti tips dan cara mendeteksi cartridge Canon!

  1. Lihat Kemasan Cartridge

Langkah pertama, lihat kemasan cartridge saat Anda membelinya. Walaupun kini secara sekilas produk original dan palsu dikemas dengan kemasan yang hampir sama, akan tetapi kemasan cartridge original memiliki ciri khas tertentu yang tidak dimiliki cartridge palsu.

Perhatikan bagian atas kemasan, dimana pada produk original kemasan berupa kardus memiliki lipatan segitiga yang rapi, elastis dan mengkilap, serta tanpa celah. Berbeda dengan kemasan pada cartridge palsu, dimana lipatan berbentuk segitiga cenderung kaku dan bercelah. Hal ini karena pada kemasan palsu pembuatannya menggunakan lem sehingga lebih kaku. Sementara pada produk original, menggunakan mesin khusus sehingga lebih rapi, elastis dan tidak kaku.

  1. Bandingkan Harganya

Cartridge merupakan salah satu komponen printer yang dijual dengan harga cukup mahal hingga ratusan ribu. Anda bisa melakukan research terlebih dahulu, berapa harga normal cartridge canon original. Jadi, jika Anda menemukan sebuah toko yang menjual cartridge dengan harga di bawah harga standar atau normal, perlu dicurigai bahwa produk tersebut produk palsu. Jangan tergiur dengan harga yang murah, namun produk palsu yang lebih mudah rusak. Lebih baik mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk barang original, tetapi aman untuk mesin dan tahan lama.

  1. Melihat Hasil Cetakan

Jika Anda sudah terlanjur membeli cartridge, pasang cartridge tersebut pada printer, lalu lihat hasil cetakannya. Apabila hasil cetakan jelas, dengan komposisi warna yang nyata, dapat dikatakan bahwa cartridge tersebut original. Berbeda halnya dengan cartridge palsu yang menghasilkan hasil cetakan yang buruk, seperti warna tidak merata, hasil cetakan cenderung kasar dan blur atau tulisan samar-samar (padahal cartridge baru dan tinta masih ada).

  1. Tidak Menampilkan Indikator Cartridge Tinta Original

Ketika memasang cartridge pertama kali, komputer secara otomatis menampilkan kotak dialog yang menampilkan informasi indikator tinta cartridge terisi penuh. Indikator tersebut tidak akan terlihat atau muncul pada komputer Anda, jika Anda menggunakan cartridge palsu atau kw.

Bahkan, cartridge non-original atau palsu seringkali menampilkan informasi “tinta kosong”. Mengapa? karena printer Canon hanya dapat mendeteksi cartridge dan tinta original. Sehingga ketika printer mendapatkan produk kw atau non-original, sistem printer tidak mampu mendeteksinya.

Jadi, itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bahwa cartridge yang Anda beli benar-benar original. Berhati-hatilah saat membeli cartridge Canon, lebih baik beli ditoko resminya. Jika Anda membeli di toko online belilah ditempat terpercaya yang memiliki review baik. Ikuti langkah-langkah di atas untuk meminimalisir kejadian mendapatkan produk palsu.

Tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *