Print Head Epson L6553

Inilah Fungsi Print Head pada Printer

Pernahkah Anda mendengar istilah “print head” atau kepala printer? Bagi Anda yang memiliki printer sendiri di rumah, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Print head menjadi salah satu elemen terpenting pada perangkat printer yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Lantas apa fungsi dari print head sebenarnya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Print Head

Print head merupakan bagian terpenting dari sebuah printer yang menjadi satu bagian dari cartridge, tepatnya terletak di bawah cartridge. Print head disebut juga sebagai head cartridge yang dihubungkan dengan chips dan terkoneksi dengan suatu rangkaian pada perangkat printer. Sehingga dapat membaca karakter yang akan dicetak pada sebuah kertas, baik berupa kertas maupun gambar.

Fungsi Print Head pada Printer

Print head yang terdapat di dalam mesin printer ini berfungsi sebagai perangkat untuk menggoreskan tinta di kertas saat proses printing berlangsung. Jadi, print head inilah merupakan bagian printer yang berfungsi sebagai tempat keluarnya tinta sebelum sampai pada kertas cetak. Sehingga di dalam kertas tercetak tulisan atau gambar sesuai dokumen yang sedang diprint.

Apa Fungsi dari Print Head Alignment Maintenance?

Membahas tentang print head, tentu tak lepas dengan hal yang berkaitan dengannya yaitu “print head alignment maintenance”. Jika Anda menggunakan printer sendiri, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Lantas apa sebenarnya fungsinya? Setiap driver printer tentu menyediakan fitur “maintenance” atau perawatan, yang fungsinya merawat printer dari dalam atau melalui drivernya. Salah satu fitur maintenance pada printer yaitu “print head alignment maintenance”. Hal tersebut berkaitan dengan perawatan print head pada printer.

Print head alignment berfungsi untuk melakukan kalibrasi dan fine tuning focus terkait penembakan tinta dari print head ke kertas. Langkah ini perlu dilakukan minimal 1 kali saat Anda memasang cartridge baru. Hal ini juga perlu Anda lakukan secara berkala untuk memastikan bahwa print head tidak tersumbat tinta kering. yang bisa mengganggu proses printing.

Baca: Dot Matrix Printer: Pengertian, Fungsi, Keunggulannya dan Kelemahannya

Tips Menjaga Print Head Printer

Bagi orang awam mungkin menganggap print head akan tetap aman dan baik-baik saja karena terdapat di dalam komputer. Padahal, print head adalah salah satu elemen printer yang riskan terhadap kerusakan jika tidak dijaga dengan tepat. Bagaimana cara menjaganya? Berikut tips menjaga print head agar tidak mudah rusak.

  1. Menggunakan Tinta Original

Pastikan tinda yang Anda gunakan adalah tinta original sesuai dengan jenis dan merek printer yang Anda gunakan. Tinta palsu sangat berisiko merusak print head karena tidak sesuai dengan karakteristik print head yang telah ditentukan pabrik. Hal ini bisa membuat print head tersumbat tinta dan tidak dapat mencetak dokumen dengan sempurna.

  1. Gunakan Printer secara Rutin

Untuk printer berjenis Ink Jet perlu digunakan sesering mungkin untuk menghindari mengeringnya tinta di dalam printer yang berakibat tersumbatnya print head. Jangan diamkan printer terlalu lama tanpa digunakan. Minimal gunakan 1 minggu sekali walaupun tidak ingin mencetak dokumen penting. Namun, Anda bisa mencetak 1 file lainnya untuk memastikan bahwa printer baik-baik saja.

  1. Melakukan Head Cleaning dengan Rutin

Langkah terakhir yaitu melakukan head cleaning yang bertujuan membersihkan print head dari tinta yang tersisa dalam perangkat usai dipakai. Lakukan ini secara rutin, khususnya ketika Anda melihat hasil cetakan mulai terlihat putus-putus.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang print head dan fungsinya.

Tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *