Printer SWYP

Inilah Teknologi Printer Masa Depan

Saat ini printer sudah menjadi barang elektronik yang umum digunakan di berbagai kalangan. Tak hanya ada di dalam perusahaan atau instansi besar, namun perangkat tersebut juga banyak digunakan untuk kebutuhan individu di rumah. Bahkan ini sudah banyak hadir printer berteknologi canggih yang memudahkan kebutuhan manusia. Di masa mendatang pun, akan muncul printer-printer terbaru yang lebih canggih dari printer yang sudah ada di era modern ini.

Seperti apakah wujudnya, berikut beberapa teknologi printer di masa depan yang akan hadir dan digunakan oleh seluruh masyarakat!

  1. Printer SWYP

Selama ini kita banyak melihat produk layar sentuh pada gadget mulai dari smartphone, iPhone, tablet, hingga laptop. Nah, bagaimana jika hadir pula sebuah printer dengan teknologi layar sentuh? Tentu hal ini akan menarik perhatian publik, khususnya bagi para pengguna printer dalam kehidupan sehari-harinya. Konsep layar sentuh ini akan diberikan pada printer masa depan bernama Printer SWYP (See What You Pirnt).

Hadirnya printer SWYP memudahkan para pengguna melakukan perintah editing sebelum melakukan print dalam satu unit printer. Sehingga para pengguna bisa melihat hasil yang akan diprint sebelum benar-benar dicetak. Para pengguna dapat melakukan editing mulai dari memotong, mendesain ulang, menambahkan gambar dan tulisan, dan lain sebagainya dengan menggunakan jari tangan pada printer secara langsung.

Jenis printer ini telah diintegrasikan dengan kamera dan perangkat fotografi lainnya secara otomatis. Jadi, Anda dapat menggunggah gambar dari kamera melalui printer ini untuk dicetak. Konsep printer SWYP ini dikenalkan oleh Artefac Design Studio yang ingin membuat jenis printer yang simpel dan memudahkan penggunanya saat melakukan cetak dokumen sesuai yang diinginkan.

  • Tanning Printer

Selanjutnya, Tanning Printer digadang-gadang sebagai teknologi printer masa depan yang cukup unik karena mengandalkan tenaga surya, bahkan tanpa memerlukan tinta. Konsep yang diusung pada jenis printer ini adalah sebuah fenomena dimana pada zaman dahulu, seseorang membakar kertas dengan mengandalkan sinar matahari melalui kaca pembesar. Dimana sinar matahari tersebut akan dibiaskan sehingga panas yang diterima dapat membakar kertas. Hal inilah yang juga akan diusung dalam konsep Tanning Printer.

Printer yang dirangcang oleh Seunginn Le, Hosung Jung, Yonggu Du, dan Jungsan Kim ini menjadi salah satu print hemat energi serta ramah lingkungan, karena tidak menyebabkan adanya limbah tinta. Dengan memanfaatkan sinar matahari, Tanning Printer akan mencetak dokumen tanpa menggunakan listrik. Tak hanya itu saja, printer ini juga telah menghilangkan cartridge tinta, sehingga selain tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, juga membuat desain printer ini lebih ramping.

Untuk cara kerjanya, kertas akan dimasukkan ke dalam printer. Kemudian printer akan menghangatkan kertas melalui panas surya. Hal ini akan membuat header di bagian atas membiaskan cahaya yang diterima sehingga bergerak ke kanan dan kiri untuk melakukan proses printing layaknya pada printer umumnya. Kertas akan keluar menghasilkan hasil cetakan sesuai yang diinginkan.

  • Pen Printer

Selanjutnya, hadir pula printer berteknologi canggih yaitu Pen Printer. Printer ini dirancang oleh Tae Jin Kim serta Su in Kim dengan model printer layaknya sebuah pena. Perangkat ini menggunakan tinta pena sebagai elemen untuk menghasilkan cetakan file. Printer tersebut memiliki lubang yang berfungsi untuk memasukkan pena. Di dalam lubang tersebut, dilengkapi dengan karet yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran pena yang dimasukkan.

Pen Printer mempunyai desain fisik yang sangat mungil, sehingga mudah di bawa kemana-mana. Tentunya ini akan menjadi solusi bagi orang-orang yang membutuhkan printer untuk mencetak file kapan saja dan dimana saja sesuai kebutuhan.

  • 3D-Food Printer

Teknologi printer selanjutnya yang sangat canggih yaitu 3D Printer. Dalam berbagai bidang seperti arsitektur, perangkat ini mampu mencetak bahan bangunan berbentuk 3 dimensi. Tak hanya itu saja, dalam bidang kuliner perangkat yang dikenal sebagai 3D-Food Printer juga mampu menghasilkan cetakan 3 dimensi berupa makanan.

Bagaimana bisa? Printer ini didesain sangat unik dan canggih, dimana cartridge di dalam printer bukan berupa tinta, melainkan bahan makanan yang akan digunakan untuk membuat menu makanan tertentu, seperti daging, tepung, dan bahan lainnya. 3D-Food Printer akan menghasilkan cetakan berupa menu makanan yang unik dan tentunya enak dimakan. Bahkan printer ini diklaim akan menggantikan kecanggihan robot.

  • Origami Mono Laser Printer

Perkembangan teknologi, membuat perubahan dalam berbagai perangkat, salah satunya printer. Teknologi printer terbaru yang akan diangkat yaitu Origami Mono Laser Printer, yang dikenalkan oleh ahli dari perusahaan elektronik ternama yaitu Samsung Electronic Co.Ltd. Printer. Perangkat tersebut akan hadir memberikan solusi bagi manusia untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak dengan waktu singkat. Dengan hadirnya teknologi ini tentu akan membuat kemudahan bagi perusahaan besar untuk melakukan percetakan dalam waktu lebih cepat.

Tak hanya canggih, printer tersebut diklaim sebagai printer ramah lingkungan karena bahan yang digunakan dapat didaur ulang. Sehingga tidak akan menimbulkan lebih banyak sampah ketika printer sudah tidak dipakai lagi. Samsung menyatakan hanya akan menggunakan bahan campuran berupa plastik dalam jumlah kecil dan plastik yang digunakan merupakan plastik ramah lingkungan. Ini akan menjadi salah satu solusi mengurangi penggunaan sampah plastik di dunia.

  • Google Cloud Print

Teknologi printer yang sejalan dengan masa depan yang semakin berkembang yaitu Google Cloud Print. Ini merupakan salah satu layanan Google Cloud Print. Hadirnya printer ini mempermudah pengguna untuk mencetak dokumen  dengan menggunakan aplikasi bernama Cloud Print Aware yang dapat dijalankan melalui dekstop, web, maupun mobile. Selama perangkat yang terinstal aplikasi tersebut terhubung dengan jaringan cloud dan printer, maka proses percetakan dalam dilakukan dengan mudah.

Selain itu, layanan Google ini juga terintegrasi dengan Gmail maupun Google Docs, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan percetakan dokumen secara langsung dari Gmail atau Google Docs. Perangkat tersebut memang sudah diperkenalkan sejak 2010, namun akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman di masa depan.

Google sebagai penyedia layanan akan menyimpan salinan dokumen yang ditransmisi ke perangkat printer selama proses cetak berlangsung. Namun, ketika proses mencetak sudah selesai dan printer telah di non-aktifkan, maka server akan menghapus riwayat percetakan seara otomatis. Ini artinya, setiap dokumen yang Anda cetak dijamin keamanannya dan Google tidak akan mengakses dokumen Anda. Perkembangan teknologi printer akan terus berkembang seiring dengan perkembangan perangkat lainnya. Hal tersebut tentunya akan memberikan banyak perubahan dan kemudahan terhadap penyelesaian pekerjaan manusia. Printer akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, instansi, hingga individu untuk melakukan cetak dokumen sesuai keinginan mereka dengan cepat dan mudah. Nah, itulah setidaknya ada 6 teknologi printer terbaru yang akan berkembang di masa depan dan akan menguntungkan pekerjaan manusia.

Tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *