Printer HP Laser Jet

Pengertian Laser Jet Printer, Fungsi, Keunggulan, dan Kekurangannya

Di era modern ini printer seakan menjadi barang primer yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Tak hanya digunakan di lembaga atau instansi dan perusahaan tertentu, printer banyak digunakan secara individu di rumah. Hal ini dikarenakan kebutuhan percetakan dokumen semakin meningkat untuk berbagai keperluan.

Secara umum, ada 3 jenis printer yaitu Dot Matrix, Inkjet, dan Laser Jet. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan ulasan tentang printer Laser Jet atau dikenal juga dengan sebutan Laser Printer/LED. Apa maksudnya? Bagaimana keunggulan dan kelemahannya? Simak uraiannya di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi Printer Laser/LED

Printer laser merupakan jenis printer dengan menggunakan sinar laser sebagai sistem kerjanya untuk mencetak dokumen. Tulisan yang tercetak dalam kertas dihasilkan oleh bubuk toner yang terdapat didalamnya. Printer laser mempunyai fungsi untuk mencetak file dalam printuk printout. Namun, cara kerja printer jenis ini cukup berbeda dengan printer Inkjet. Pasalnya, printer laser atau LED memiliki cara kerja layaknya mesin fotocopy. Jadi, sebuah arus elektrostatis akan diterpakan pada kertas hingga menembus silinder dan toner. Toner tersebutlah kemudian ditempelkan pada kertas.

Keunggulan Printer Laser Jet

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan printer laser jet.

  1. Memiliki kualitas cetak yang tinggi, sehingga hasil tulisan yang dicetak berkualitas bagus dan jelas.
  2. Tulisan tidak mudah luntur karena air. Karena menggunakan teknologi khusus, maka akan membuat hasil cetak tulisan tidak mudah luntur saat terkena air.
  3. Kecepatan cetak yang cukup tinggi. Tak hanya menghasilkan hasil cetak yang tinggi, printer ini juga mampu mencetak dalam waktu yang cepat.
  4. Mampu mencetak dengan kertas dari berbagai ukuran. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda ketika ingin mencetak dokumen sesuai kebutuhan, mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar.
  5. Biaya pengadaan cenderung rendah, hal ini dikarenakan kebutuhan tinta relatif kecil.
  6. Memiliki daya tahan lama. Walaupun printer tidak digunakan dalam waktu lama dan hanya didiamkan saja, printer ini tidak akan mudah rusak. Ketika digunakan kembali masih dapat menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas. Hal ini dikarenakan toner yang digunakan memang bersifat kering. Berbeda dengan tinta Inkjet yang bersifat cair dan ketika mengering tidak dapat digunakan karena head (kepala printer) tersumbat oleh tinta yang mengering).

Baca: Masalah Umum pada Printer dan Cara Mengatasinya

Kekurangan Printer Laser Jet

Tak hanya memiliki beberapa keunggulan seperti yang disebutkan di atas, printer laser juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  1. Hasil cetak foto kurang bagus. Walaupun hasil cetak tulisan cenderung bagus dan berkualitas, akan tetapi untuk hasil cetak foto cenderung buruk.
  2. Printer laser bersifat monochromatik atau satu warna yaitu hitam. Artinya tidak dapat mencetak berbagai warna. Jika ingin mencetak warna lain, maka harus membeli toner printer laser berwarna yang harganya jauh lebih mahal.
  3. Harga laser print warna lebih mahal. Untuk harga printer laser warna cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan printer Inkjet warna.
  4. Hasil cetakan membuat kertas agak melengkung. Hal ini dikarenakan kertas yang akan dicetak membutuhkan panas dari mesin laser, kertas yang terkena panas tersebutlah akan cenderung agak melengkung.

Nah, itulah  beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang printer laser lengkap dengan keunggulan dan kelemahannya. Jadi, pastikan Anda memilih printer berdasarkan kegunaan dan perhitungan biayanya. Jika Anda mencetak dokumen dengan lebih banyak tulisan, maka printer laser merupakan pilihan yang tepat, karena mampu menghasilkan cetakan tulisan yang berkualitas, cepat, dan tahan lama.

Tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *