Solusi untuk PC atau Laptop yang Sudah Menyala tetapi Tidak Ada Tampilan atau Black Screen

Komputer Saya Menyala namun Tidak Ada tampilannya di Monitor?

Laptop dan Power LEDnya sudah menyala tapi kok Blank Screen?

Mungkin dua pertanyaan diatas pernah atau mungkin sedang Anda alami saat ini.  Masalah ini juga menjadi masalah yang umum terjadi yang menimpa para Pengguna. Apa yang harus Anda lakukan jika tidak ada tampilan yang muncul di layar atau monitor setelah Anda menekan tombol power di PC atau Laptop?

Jangan khawatir. Pada artikel ini, Kami akan menunjukkan kepada Anda tidak hanya satu tetapi sejumlah saran yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah “komputer menyala tetapi tidak ada tampilan pada monitor”. Anda dapat mencoba masing-masing sampai Anda menyelesaikan kesalahan.

Blank Screen

Cara Memperbaiki PC / Laptop Anda Menyala tetapi Blank Screen
  1. Test monitor Anda

Jika komputer / laptop menyala tetapi layarnya hitam, Anda harus terlebih dahulu memastikan monitor berfungsi dengan baik atau tidak sebelum Anda memulai pemecahan masalah yang lebih rumit dan memakan waktu.

Khusus Anda yang mengalami masalah ini pada Laptop, cobalah untuk menghubungkannya dan test pada Monitor lain apakah muncul tampilan atau tidak.

Dari sini Anda dapat mengetahui apakah Komputer / Laptop Anda berfungsi dengan baik dan monitor Anda adalah sumber masalah Anda. Jika tidak, lanjutkan untuk membaca poin dibawah dan temukan solusi lain untuk memperbaiki masalah ini.

  1. Pastikan Komputer / Laptop Anda telah Dinyalakan Secara Benar

Pastikan bahwa PC / Laptop Anda datang dari keadaan benar-benar mati.

Terkadang, komputer / Laptop Anda akan tampak “tidak menyala” yang padahal  hanya mengalami masalah dari mode hemat daya Standby / Sleep atau Hibernate di Windows, yang mengakibatkan komputer Anda dinyalakan tetapi tidak memiliki tampilan di monitor atau keyboard menyala dan aktif.

Catatan: Saat berada dalam power saving mode, Anda dapat menahan tombol power selama 3 hingga 5 detik untuk benar-benar mematikan komputer / laptop. Setelah itu, nyalakan ulang untuk memeriksa apakah bisa boot secara normal.

  1. Pastikan daya listrik sudah sesuai

Jika tegangan input untuk power supply tidak sesuai, mungkin saja akan menyebabkan komputer Anda menyala tetapi tidak ada tampilan di monitor.

Jika tidak sesuai, sangat mungkin PC Anda tidak mau hidup sama sekali. Oleh karena itu, tegangan power supply yang salah dapat menghambat komputer Anda menyala dengan benar.

  1. Lakukan Hard Reset

Jika Komputer / Laptop Anda masih tidak ada tampilan bahkan setelah memeriksa monitor dan memastikan bahwa PC Anda memiliki daya listrik yang sesuai, Anda dapat mencoba mem-boot ke saving mode dan kemudian memperbaiki Windows menggunakan System Restore/Automatic Repair komputer Anda.

Namun terkadang, Automatic Repair Windows tidak berfungsi dengan baik pada masalah ini. Dengan demikian, sebagian besar pengguna akan mencoba Mereset PC mereka. Mereset PC / Laptop sering kali merupakan perbaikan “Spekulatif” untuk masalah Blank Screen seperti ini.

Jika hard reset tidak menyelesaikan masalah, lanjutkan ke solusi pemecahan masalah berikutnya.

  1. Bersihkan memori BIOS

Masalah komputer atau Laptop mungkin juga bisa disebabkan oleh beberapa kesalahan konfigurasi BIOS (Basic Input / Output System). Untuk hal ini, coba untuk hapus memori BIOS pada motherboard Anda, hal ini akan mengembalikan pengaturan BIOS ke factory default levels.

Catatan: Jika metode ini berhasil menyelesaikan masalah, pastikan setiap perubahan selantunya yang Anda lakukan di BIOS diselesaikan satu per satu sehingga ketika masalah kembali, Anda akan tahu perubahan mana yang menyebabkan masalah.

  1. Periksa dan Atur kembali RAM

Jika RAM kendur, komputer mungkin tidak menampilkan gambar. Dengan kata lain, komputer Anda menyala tetapi layarnya hitam / Blank.

Sekarang, Anda dapat mencoba mengatur ulang RAM untuk memperbaiki masalah “PC menyala tetapi tidak ada tampilan”. Lepaskan RAM dari slot memori lalu pasang kembali ke dalam slot untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik sehingga komputer dapat membaca memori.

  1. Memahami Notifikasi Kode Beep BIOS

Jika komputer Anda membuat satu atau dua bunyi bip pendek sebelum memulai, berarti Anda mengetahui bahwa startup BIOS berhasil.

Jika komputer Anda berbunyi bip dan tidak menyala dengan baik, mungkin ada masalah Hardware yang lebih serius. Kami sarankan Anda untuk mencari bantuan profesional dari tempat perbaikan komputer atau dari service center merk Laptop atau Komputer Anda.

Nah itulah beberapa Solusi untuk PC atau Laptop yang Sudah Menyala tetapi Tidak Ada Tampilan. Jika Anda masih menemukan masalah, jangan ragu untuk berkonsultasi masalah Komputer / Laptop Anda pada kami, WA ke 085210000355

 

Tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *