TIPS Memilih Kertas untuk Mencetak Tugas atau Pekerjaan Anda

Berbagai macam dan merk kertas saat ini berbedar dipasaran. Namun pemilihan kertas yang tepat untuk Anda dalam mencetak juga nantinya akan mempengaruhi pada kualitas hasilnya.

Untuk membantu Anda mendapatkan wawasan dan informasi yang nantinya Anda jadikan bahan pertimbangan, Kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih Kertas yang tepat untuk Anda dalam Mencetak.

Jenis-jenis Kertas

Sebelum membahas lebih jauh tentang Tips dalam memilih Kertas yang Tepat dalam Mencetak, baiknya kita ketahui terlebih dahulu berbagai jenis Kertas:

  1. Kertas HVS

Kertas yang umum dipakai oleh Perkantoran, Rumahan dan Sekolah. Baik untuk mencetak laporan kerja, tudas, skripsi dll. Kertas ini memiliki tekstur yang halus, berwana putih dan tipis. Biasanya kertas ini memiliki ketebalan mulai dari 60 gsm hingga 100 gsm.

  1. Continuous Form

Kertas ini umumnya diapakai untuk mencetak berbagai macam kebuthan kantor seperti kwitansi, slip gaji dan lain-lain. Bahkan biasa digunakan juga untuk mencetak lembar nilai pada lembaga pendidikan. Kertas ini adalah suatu jenis kertas cetak (kertas komputer) umumnya disebut sheet yang saling berkesinambungan jadi tiap lembarannya dengan mudah dipisahkan dan mempunyai lubang-lubang di sisi kanan dan kiri yang memanjang kebawah sehingga kertas ini dapat ditarik saat berada di printer. Continuous Form memiliki beberapa jenis dan ukuran seperti 9.5” x 11” sampai yang terkecil yang biasa digunakan pada Printer Thermal yang biasa disebut dengan kertas Thermal atau Kertas Roll.

  1. Art Paper

Kertas ini biasa digunakan dalam mencetak poster, brosur, bagian isi majalah, company profile, dan bagian isi buku yang membutuhkan hasil cetak gambar yang detail. Memiliki laminasi glossy ataupun dov, membuat kertas ini terkesan lebih mewah. Bertekstur licin, putih, halus dan mengkilap dengan ketebalan dari 120 gsm & 150 gsm.

  1. Book Paper

Kertas ini khusus digunakan untuk mencetak Buku yang sifatnya teks saja, sebab untuk mencetak gambar sendiri Book Paper ini kurang menghasilkan warna yang baik dan tajam karena dari warna kertasnya cenderung kekuningan. Kertas ini dibuat untuk membuat mata Anda nyaman berlama-lama membaca sebuah buku. Tekstur kertas ini sedikit kasar namun tetap halus, warna kekuningan, tipis dan ringan. Ketebalannya mulai 55 gsm sampai 90 gsm.

  1. Concorde

Kertas ini umumnya dipakai untuk mencetak Sertifikat, Surat Penting, Proposal dan lain-lain. Kertas memiliki tekstur yang kasar sedikit halus, memiliki berbagai varian warna yang soft dan mempunyai permukaan timbul seperti membentuk garis.

  1. Jasmine

Kertas yang biasa dipakai untuk Undangan & Kartu Ucapan ini, juga mempunyai banyak varian warna. Selain itu Kertas Jasmine memiliki tekstur yang licin, halus, mengkilap, dan terdapat partikel emas dipermukaannya.

  1. Stiker Cromo

Kertas ini umumnya digunakan untuk mencetak stiker, media promosi yang ditempel dan lain-lain. Kertas ini memliki tekstur halus, licini, mengkilap dan memiliki lem pada bagian belakangnya.

  1. Stiker Vinyl

Kertas ini merupakan produk sintetis, yang memiliki tekstur halus, licin, lentur, mengkilap dan terdapat lapisan lem pada permukaan belakangnya. Biasa ditempel pada body motor, mobil, helm dan lain-lain. Sehingga kertas ini biasa digunakan dalam dunia otomotif dan kualitas yang baik dibandingkan dengan kertas pada umumnya karena tidak mudah terkikis dan sobek akibat hujan maupun panas sinar matahari.

Tips Memilih Kertas yang Sesuai

Jika kita tadi sudah mengetahui beberapa jenis kertas dan kegunaannya, sekarang kita lanjut membahas apa saja tips-tips dalam memilih kertas untuk mencetak simak selengkapnya dibawah ini:

Sesuaikan dengan Spesifikasi Printer

Pastikan pilih kertas untuk mencetak sesuai sepsifikasi Printer, jika Printer hanya dapat menampung dan mencetak kertas dengan ukuran maksimal A4 berarti Anda juga harus memilih maksimal ukuran tersebut. Kemudian baca buku manual atau pun petunjuk pemakaian, jenis kertas apa saja yang dapat dicetak oleh Printer. Contohnya kasusnya ketika Anda memiliki Printer Inkjet biasa, tentu hindari digunakan untuk mencetak di kertas Concorde yang tebal cenderung keras.

Sesuaikan dengan Penggunaan

Jika Anda memberikan dokumen kepada boss, partner atau klien bisnis, pastikan hasil cetak berkualitas didukung oleh jenis kertas yang tepat. Maka pilihlah Art paper agar memberikan kesan lebih profesional. Namun apabila dokumen hanya dipakai untuk kepentingan internal, Anda bisa mencetaknya pada kertas HVS. Terutama untuk mencetak dokumen yang akan disimpan karena kertas HVS tidak akan memakan banyak tempat karena relatif lebih tipis.

Sesuaikan Tingkat Keputihannya

Mungkin seberapa putih kertas tidak akan menjadi suatu masalah apabila Anda hanya mencetak dokumen untuk kebutuhan internal saja. Namun, lain cerita jika dokumen tersebut diberikan untuk klien atau partner bisnis. Selain hasil cetak yang berkualitas, kertas yang lebih putih akan memberikan kesan yang lebih bersih dan profesional.

Sesuaikan Kertas Berdasarkan Beratnya

Gramasi atau gram per meter perseginya (gram per square atau GSM adalah satuan ketebalan dari sebuah kertas. Jika Anda melihat label seperti HVS 60 gsm atau HVS 70 gsm, ya kan? Nah, semakin besar gram per meternya, berarti kertas pun semakin tebal dan bobotnya lebih besar. Tentu, tebalnya sebuah kertas akan memengaruhi kualitas hasil cetaknya. Semakin tebal kertas pun makin kuat atau tahan lama.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih kertas dalam mencetak untuk Dokumen maupun Tugas. Jika Anda mencari berbagai kebutuhan ATK dan Kertas terlengkap, langsung hubungi kami di WA 0852-10000-355

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *