Pixma G3010

11 Tips Merawat Printer Agar Tetap Bekerja dengan Optimal

Saat ini printer bukan lagi barang mahal yang sulit dibeli sebagian besar orang. Pasalnya banyak orang yang menggunaan printer di rumahnya untuk kebutuhan pribadi, bukan hanya untuk urusan kantor. Sayangnya, para pemilik printer individu tersebut seringkali mengabaikan perawatan printer dengan alasan jika rusak biarkan tukang service yang menanganinya.

Padahal jika Anda memahami cara merawat printer dengan baik, Anda bisa menghemat biaya untuk membayar jasa tukang service. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki printer. Jadi, agar printer Anda tidak mudah rusak dan tetap bekerja secara optimal, pastikan Anda bisa merawatnya dengan baik. Bagaimana caranya? Yuk simak tipsnya berikut ini!

Tips Merawat Printer Agar Bekerja Optimal

Jangan biarkan printer Anda cepat rusak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Caranya dengan menerapkan perawatan yang tepat pada perangkat printer, seperti berikut:

  • Jaga Kebersihan Printer

Perawatan termudah yaitu dengan menjaga kebersihan printer, apalagi jika printer jarang digunakan. Jangan biarkan printer tergeletak disembarang tempat sehingga membuatnya sangat kotor terkena debu. Oleh sebab itu, letakkan printer di tempat yang aman dan cukup bersih, kemudian tutupi dengan kain agar tidak mudah kotor. Printer yang kotor, bisa membuat debu masuk ke dalam perangkat. Akibatnya, mesin printer bisa tersumbat debu yang membuatnya rusak dan tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen.

  • Bersihkan Printer dengan Kain atau Kuas

Jangan lupa, bersihkan printer dengan menggunakan kain halus dan kering atau kuas pembersih. Pastikan tidak menyiram printer dengan air saat membersihkan, karena bisa merusak mesin printer. Cukup menggunakan kain bersih atau jika fisik printer terdapat noda yang sulit dibersihkan gunakan kain setengah basah untuk membersihkannya. Debu-debu di sekitar keluarnya kertas atau tempat memasukkan kertas bisa Anda bersihkan dengan kuas maupun kain.

  • Gunakan Printer untuk Mencetak secara Berkala

Sangat penting juga untuk tidak membiarkan printer didiamkan dalam waktu yang lama, apalagi jika sudah diisi dengan tinta. Akan sangat rentan tinta mengering jika printer tidak digunakan, yang mengakibatkan printer head tersumbat tinta kering dan tidak bisa digunakan mencetak. Secara berkala gunakan printer untuk mencetak 1 – 2 lembar dokumen jika memang tidak begitu dibutuhkan.

  • Melakukan Clean Head

Tak hanya menjaga printer dibagian luarnya, Anda juga perlu menjaga kebersihan printer di bagian dalam khususnya pada printer head dengan cara melakukan clean head. Lakukan pembersihan kepala printer dari dalam agar tidak tersumbat tinta kering dengan melakukan perintah Clean Head.

Setiap printer dilengkapi dengan fitur maintenance clean head, jadi Anda bisa melakukan perintah tersebut sesuai dengan printer yang Anda miliki. Walaupun konsepnya sama yaitu membersihkan kepala printer dibagian dalam, namun berbeda merek printer, ada kemungkinan berbeda cara melakukannya. Disarankan melakukan clean head 2 minggu sekali saja.

  • Batasi Penggunaan Printer dan Matikan Jika Sudah Selesai Digunakan

Tips selanjutnya berkaitan dengan pemakaian printer yang tepat. Pemakaian printer yang salah akan menyebabkan printer cepat rusak. Bagaimana caranya? Batasi penggunaan printer, jangan gunakan printer untuk terus menerus mencetak dokumen. Setidaknya jika Anda memiliki banyak file yang harus diprint, biarkan printer beristirahat 15 – 30 menit setelah digunakan, lalu Anda bisa menggunakannya kembali.

Dengan memberikan waktu istirahat pada printer, mesin akan mendingin dan melakukan recovery dengan baik sebelum digunakan kembali. Cara mematikan printer pun juga harus tepat agar tidak membuatnya cepat rusak. Jangan mencabut langsung kabel dari stop kontak. Namun, matikan printer terlebih dahulu dengan menekan tombol off, setelah semua tombol printer benar-benar mati, baru cabut kabel dari stop kontak.

  • Gunakan Tinta Original

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan tinta pada printer yang Anda gunakan. Jika ingin printer Anda bekerja secara optimal dan awet dalam jangka waktu lama, pastikan Anda selalu menggunakan tinta original sesuai dengan merek printer yang Anda gunakan.

Hal tersebut sangat penting, karena setiap printer telah didesain dengan standarnya masing-masing dari pabriknya. Jadi, jika Anda menggunakan tinta palsu atau kw untuk printer Anda (tidak sesuai dengan mereknya), maka tak hanya menghasilkan hasil cetakan yang buruk, akan tetapi merusak sistem printer tersebut. Inilah yang akhirnya membuat mesin cepat rusak. Biasanya tinta non-original akan menggumpal dan menyumbat printer head.

  • Mengisi Tinta Sebelum Habis

Penting juga bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi tinta printer. Jangan biarkan tinta sudah habis, namun tetap digunakan untuk mencetak dokumen. Sebelum tinta benar-benar habis, isi tinta hingga penuh kembali (namun jangan terlalu penuh), sebelum digunakan. Tinta yang sudah terlanjur habis, namun tetap digunakan untuk mencetak dokumen akan menimbulkan error pada mesin printer. Inilah yang bisa menyebabkan printer menjadi gampang rusak.

  • Cek Cartridge

Tips merawat printer yang selanjutnya yaitu dengan mengecek kondisi cartridge secara berkala. Caranya dengan mencetak dokumen dengan warna yang berbeda yaitu Hitam, Kuning, Hijau, dan Merah. Jika hasil cetakan masih bagus dan jelas sesuai dengan warna yang Anda cetak, artinya cartridge masih dalam kondisi bagus. Namun, jika hasilnya sudah putus-putus atau tidak jelas, bahkah warna yang keluar berbeda atau warna tidak tercetak, ada kemungkinan terjadi kerusakan di cartridge dan Anda harus menggantinya dengan cartridge yang baru.

Baca: Inkjet Printer: Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelemahannya

  • Gunakan Kertas Bersih

Walaupun terkesan sepele, akan tetapi penggunaan kertas yang bersih akan membantu menjaga kinerja printer. Jika kertas yang Anda gunakan kotor atau berdebu, maka debu akan menempel pada printer, khususnya pada tempat meletakkan kertas. Akibatnya, debu tersebut akan membuat mesin terkena debu yang semakin lama penumpuk. Jadi, jangan hanya menjaga kebersihan printer, akan tetapi kebersihan kertas yang digunakan untuk mencetak file juga harus bersih.

  • Jangan Menyentuh Chip Cartridge dengan Tangan

Ketika Anda memasang atau melepas cartridge, Anda akan melihat dibagian bawah cartridge terdapat chip berupa lempengan tembaga. Nah, jangan biarkan tangan Anda menyentuh chip tersebut secara langsung, karena bisa membuat cartridge rusak. Jika ingin membersihkan cartridge karena ada tinta yang menghalangi atau menggumpal, gunakan tissu atau kain halus.

  •  Melakukan Service ke Ahli Jika Diperlukan

Apabila suatu ketika tiba-tiba printer error dan Anda tidak dapat mengatasinya sendiri, jangan asal membongkar printer. Namun, bawalah printer ke tukang service profesional untuk memperbaikinya. Hal ini juga diperlukan untuk memastikan keadaan atau kondisi mesin printer tersebut.

Jadi, itulah 11 tips merawat printer agar tidak cepat rusak dan bisa bekerja secara optimal. Jaga perangkat yang Anda miliki dengan baik, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan.

Tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *