Tips Merawat Printer Inkjet yang Bisa Kita Lakukan Sendiri di Rumah

Printer merupakan perangkat elektronik yang saat ini banyak membantu pengguna dalam bekerja maupun menyelesaikan tugas. Jenis printer Inkjet adalah tipe yang paling umum digunakan pada masyarakat saat ini.  Meski sudah banyak digunakan dan beredar dipasaran, Printer Inkjet harus dilakukan pemeliharaan secara rutin. Mengapa? Karena ini sangat pada mempengaruhi performa dan umur Printer.

Untuk itu, pada artikel kali ini Kami akan memberikan Tips dan Cara melakukan perawatan Printer Inkjet sendiri di Rumah. Simak selengkapnya disini:

  1. Menjaga Kebersihan Printer

Kebersihan printer merupakan hal utama yang harus diperhatikan, karena dengan menjaga kebersihan printer Anda dapat menghindari kotoran yang masuk kedalam printer yang dapat mengakibatkan performa printer menurun. Bersihkan Printer secara rutin misalnya minimal 1 bulan sekali.

  1. Gunakan Printer Secara Ruitn

Printer yang digunakan secara rutin akan lebih awet dibandingkan dengan Printer yang tidak rutin tau tidak pernah digunakan sama sekali. Kenapa begitu? Karena dengan menggunakan printer secara rutin akan menjaga pompa printer tetap basah dan meminimalisir adanya penyumbatan pada nozzle Printhead, jadi gunakanlah Printer Anda setiap hari atau minimal 1 – 2 kali dalam seminggu.

  1. Lakukan Cleaning Printhead

Melakukan cleaning printhead secara berkala (1-2 minggu sekali) akan menjaga Printer Anda lebih awet. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan cleaning printhead secara berkala akan membuat nozzle pada printhead tetap terjaga dari tinta yang kering dan menyumbat nozzle yang mengakibatkan hasil print kurang bagus. Namun yang perlu menjadi catatan, terlalu sering melakukan cleaning pada Printhead dapat mengakibatkan Absorber Full.

  1. Gunakan Sesuai dengan Kapasitasnya

Ketika Anda menggunakan printer melebihi batas wajar akan mempercepat kerusakan mekanikal printer. Biasanya printer seperti ini akan ditandai dengan munculnya suara kasar saat printer digunakan. Jadi jaga Printer Anda dengan mengikuti cara menggunakannya yang sesuai dengan ketentuan dan kapasitasnya.

  1. Menggunakan Media Kertas yang Sesuai

Ketika menggunakan Kertas yang tidak sesuai (terlalu tebal) dengan ketentuan pada Printer Anda akan mengakibatkan mengakibatkan terkikisnya permukaan Printhead karena bergesekan dengan permukaan kertas.

Mohon diperhatikan juga ketika Anda akan mengunakan kertas bekas untuk mencetak, pastikan untuk kertas tersebut terbebas dari kotoran untuk menghindari terjadinya paper jam.

  1. Gunakan Tinta Original

Mengganti atau mengisi tinta yang Original dan sesuai dengan Printer Anda, dapat menjaga kualitas hasil cetak dan menghindari kerusakan pada printhead. Lalu jika Tinta habis, dan belum diganti / diisi boleh digunakan tidak? Baiknya jangan digunakan, bila tinta didalam printhead kosong tetapi tetap digunakan maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada printhead.

Mohon diperhatikan untuk individual ink bila tinta habis tetapi belum beli penggantinya, maka jangan lepas tinta yang habis sampai ada penggantinya.

  1. Hindari Menyentuh Konektor Printhead

Apabila kita menyentuh konektor printhead, hal ini akan meninggalkan sidik jari yang dapat mengakibatkan kontak konektor menjadi kotor dan kerja printhead tidak maksimal.

  1. Matikan Printer Sesuai Aturan

Jangan matikan Printer dengan cara mencabut kabel powernya, cara yang benar adalah dengan mematikan printer melalui tombol power, posisi printhead akan tertutup oleh Cap pompa sehingga melindungi nozzle printhead agar tidak kering karena terkena udara langsung.

  1. Gunakan Fitur Auto Power Off

Sebelumnya, apa itu fitur power off? Auto Power Off pada Printer adalah fitur yang membuat Printer mati otomatis apabila dalam jangka waktu tertentu sudah tidak digunakan. Nah fitur yang satu ini akan membantu Anda ketika lupa mematikan Printer sehingga menjaga Printhead agar nozzlenya tidak kering.

  1. Gunakan Mode Transportasi

Mode Transportasi adalah sebuah mode yang membuat printer aman ketika berpindah dari satu tempat ke satu tempat lainnya sehingga hal ini membuat Printhead terkunci ditempatnya menjadikan tinta aman dari kebocoran dan nozzle pun tidak menjadi kering.

  1. Jauhkan Printer dengan Cairan

Selalu hindari adanya cairan masuk ke dalam Printer, karena hal ini dapat menyebabkan kmoponen yang elektronik pada Printer menjadi rusak.

  • Jauhkan dari Jangkauan Anak-anak

Tempatkan Printer jauh dari jangkauan anak-anak, karena dikhawatirkan Printer akan rusak ketika dijadikan mainan oleh anak-anak

  1. Menjaga Kelembaban Ruangan

Ruangan yang terlalu lembab dapat mengakibatkan komponen Printer menjadi korosi yang akan menyebabkan kerusakan.

  1. Jangan Membongkar Printer Sendiri

Selain akan menghanguskan garansi, jika Anda tidak menguasai skill dalam membongkar elektronik terutama Printer ada baiknya silahkan hubungi service center agar mendapatkan solusi dengan segera.

Nah itulah beberapa tips dan cara untuk Merawat Printer Inkjet yang Bisa Kita Lakukan Sendiri di Rumah, semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Printer Anda awet dan tahan lama.

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *