Site icon SUCCESS COMP

4 Cara Menghemat Baterai Laptop

Laptop sebagai perangkat yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai profesi seperti Mahasiswa, Pelajar, Wirausaha, Karyawan hingga Ibu Rumah Tangga. Mengapa orang lebih memilih Laptop dibandingkan PC atau Dekstop? Tentu saja karena kepraktisaannya yang dapat dibawa kemana saja yang diimbangi Speksifikasi yang tidak kalah dengann PC ataupun Desktop. Disini lah peran utama dari Baterai sebagai sumber energi listrik yang membuat Laptop dapat menyala. Bahkan saat ini sudah ada Laptop yang diklaim dapat menyala up to 24 Jam.

Jadi dapat disimpulkan, tanpa baterai fungsi dari Laptop tidak ada bedanya dengan PC ataupun Desktop bukan? Nah untuk itu pada Artikel kali ini Kami akan memberikan 5 Cara agar Anda dapat Menghemat Baterai Laptop. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Redupkan Kecerahan Layar Laptop

Layar atau LCD Laptop disebut-sebut memiliki andil paling besar pada hemat dan borosnya daya baterai Laptop Anda. Karena itu, salah satu cara sederhana agar baterai Laptop Anda tidak cepat habis yaitu dengan mengurangi tingkat kecerahan Layar Laptop tersebut.

Caranya, Anda dapat menekan tombol pada keyboard Laptop biasanya memiiki Ikon Matahari Kecil (Mungkin disetiap Laptop memiliki cara dan ikon yang berbeda). Cara kedua jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat memilih opsi mode battery pada taskbar, kemudian pilih tingkat Mode Battery yang rendah, hal ini juga akan membuat tingkat kecerahan layar Laptop meredup.

2. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak Diperlukan

Salah satu cara yang ampuh untuk menghemat daya baterai Laptop Anda yaitu dengan mematikan Wi-Fi dan Bluetooth jika Anda sedang tidak menggunakannya.

Caranya pun mudah, Anda dapat menekan tombol pada keyboard Laptop yang memiliki ikon Antena (Logo Wi-Fi) sama halnya juga pada Bluetooth cari tombol yang memiliki ikon Bluetooth, biasanya diperlukan menekan bersamaan dengan tombol fn.

3. Mengatur Mode Sleep

Mode Sleep digunakan sebagai opsi mode untuk saat Laptop Anda sedang idle. Tentu ini akan membuat Batrerai Laptop menjadi tahan lebih lama daripada tetap menyala dengan keadaan biasa karena daya baterai tidak terbuang percuma.

Caranya dengan masuk Settings > System > Power & sleep kemudian pilih sesuai dengan preferensi Anda. Nantinya Layar akan mati secara otomatis ketika Laptop dalama keadaan Idle sesuai pengaturan waktu yang Anda pilih.

4. Bersihkan Laptop secara berkala

Laptop yang kondisi luar dan komponen dalamnya kotor selain tidak nyaman untuk digunakan juga akan membuat Laptop lebih cepat overheat. Hal ini membuat daya baterai lebih cepat habis.

Untuk menghindari hal itu terjadi, bersihkan Laptop secara rutin mulai dari luar dan komponen dalamnya. Jika kalian mengalami kesulitan dalam memebersihkan bagian dalam Laptop silahkan hubungi Kami di WA 085210000355

Itulah 4 Cara Ampuh Menghemat Baterai Laptop Anda, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam berkegiatan dan bekerja menggunakan Laptop. Jika kalian memiliki Cara atau Tips tambahan jangan sungkan untuk menuliskannya di Kolom Komentar di Bawah.

 

 

Exit mobile version