Site icon SUCCESS COMP

4 Cara Screenshot di Windows 10

Ketika ada beberapa jenis pekerjaan yang mengharuskan Anda memperlihatkan tampilan di layar PC atau Laptop, hal ini membuat Anda harus mengetahui cara mengcapture atau screenshot pada PC atau Laptop.

Dan yang perlu Anda ketahui, di Windows 10 sendiri memiliki beberapa cara untuk Screenshot. Maka pada artikel kali ini, kami akan memberikan 4 Cara Screenshot di Windows 10.

1. Tombol prt scr / prt sc

Cara pertama adalah cara yang paling umum biasanya digunakan oleh para pengguna. Dan caranya pun sangat simple, pertama jika sudah menentukan halaman atau tampilan mana yang akan dicapture tekan tombol yang bertuliskan prt scr pada keyboard atau dibeberapa keyboar laptop biasanya Anda harus menekan terlebih dahulu tombol fn seperti pada gambar dibawah.

Setelah itu Anda dapat melihat hasilnya di folder Folders -> Pictures -> Screenshots. Jika tidak ada Anda bisa memeriksanya pada Folder Screenshot Cloud Storage yang Anda pakai (sync pada Laptop atau PC) contohnya seperti Dropbox.

2. Tombol Alt + prt scr

Cara kedua ini adalah cara yang fungsinya sedikit berbeda dengan cara pertama, jika menggunakan lebih dari 1 monitor untuk PC atau Laptop Anda, cara pertama akan mengcapture secara keseluruhan tampilan pada jumlah monitor yang Anda pakai. Contoh Anda menggunakan 2 buah monitor pada PC atau Laptop Anda, berarti yang akan “terscreenshot” adalah tampilan dari 2 monitor tersebut, contoh pada gambar dibawah ini.

Nah berbeda dengan cara kedua ini, yang hanya akan mengcapture 1 monitor utama saja. Caranya pun cukup mudah hanya dengan, menekan tombol alt + prt scr pada keyboard Anda. Setelah itu Anda juga dapat melihat hasilnya di folder Folders -> Pictures -> Screenshots.

3. Snipping Tool

Snipping tool sendiri adalah aplikasi pihak ketiga bawaan Windows, yang berfungsi untuk mengcapture tampilan pada layar monitor PC atau Laptop. Kelebihin dari Snipping Tool adalah kita dapat menseleksi tampilan atau bagian mana dari monitor yang ingin Kita Screenshot dalam bentuk free-form, rectangular ataupun window mode. Lalu kita juga dapat mengatur waktu delay untuk pengambilan gambarnya.

Caranya menggunakannya pun mudah, Anda hanya tinggal membuka aplikasi Snipping Tool dengan cara search “Snipping Tool”, setelah Aplikasi terbuka pilih mode dan pengaturan yang Anda inginkan, lalu klik New kemudian Drag dan pilih bagian yang akan Anda Screenshot setelah itu save hasil screenshot di Folder yang Anda mau.

4. Game Bar

Game bar adalah fitur yang disediakan oleh Windows 10, yang memungkinkan Kita sebagai pengguna menangkap dan merekam layar saat bermain Game ataupun kita bisa mengcustomnya untuk Software. Screenshot menggunakan Game Bar inipun cukup mudah, Anda hanya perlu menkan Win + G nanti muncul opsi untuk Screenshot dan lain-lain

Oke itulah beberapa cara Screenshot yang dapat kami share pada Artikel ini. Semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaan Anda. Jika Anda masih mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk tanyakan kepada Kami dengan cara meninggalkan komentar di bawah.

 

 

Exit mobile version