SUCCESS COMP

5 Cara agar Laptop Awet dan Tahan Lama

Laptop kini sudah bisa dibilang dapat menggantikan fungsi PC atau Komputer, tentu hal ini membuat Orang-orang beralih menggunakan Laptop. Sama seperti Perangkat atau Gadget lain, Laptop juga memiliki umur pengunaan. Hal ini membuat pengguna harus mengupgrade Laptop lama mereka ke Laptop yang baru, tentu tidak semua orang mampu dan mau untuk mengupgrade ke Laptop baru karena menganggap Laptop lama mereka masih bisa dipakai.

Yang perlu kita sepakati bersama, meski Laptop yang sudah dipakai diatas 4 tahun keatas akan tetap berjalan dan memiliki performa yang baik jika dirawat dengan rutin dan benar juga. Kami telah merangkumkan 5 cara mudah untuk menjaga laptop Anda agar tetap dalam kondisi prima dan tahan lama, simak selengkapnya:

1. Bersihkan Laptop secara rutin

Lubang ventilasi kipas pada Laptop Anda adalah sumber masuknya kotoran dan debu ke dalam komponen Laptop, hal ini yang dapat mengganggu kinerja bahkan memperpendek umur Laptop. Untuk mencegahnya Anda harus secara rutin misalnya 1 bulan sekali membersihkan Laptop Anda terutama pada bagian lubang ventilasi tersebut, keyboard dan layar Laptop. Bahkan untuk hasil terbaik Anda bisa membuka bodi Laptop kemudian membersihkan bagian dalamnya.

Jasa Cleaning & Perawatan Laptop

2. Scan Laptop dengan Antivirus

Ketika Laptop Anda sudah terserang Malware (Virus, Trojan dll) akan berakibat pada performa Laptop yang menurun bahkan dalam beberapa kasus bisa mempengaruhi rusaknya komponen Laptop. Tentu hal ini harus menjadi perhatian para Pengguna Laptop, untuk itu Anda secara rutin harus Scan dan Bersihkan Malware (Virus) Laptop Anda dengan Antivirus. Jangan lupa untuk selalu update Antivirus Anda setiap ada pembaharuan.

3. Gunakan sesuai Spesifikasinya

Memaksakan Menginstall dan Menjalankan Software ataupun Game yang tidak sesuai spesifikasinya akan membuat Laptop cepat panas tentu hal jika terus berulang terjadi akan membuat Laptop bermasalah. Maka install dan gunakanlah Software ataupun Game dengan bijak yang sesuai kemampuan Laptop Anda.

4. Perhatikan Waktu Pemakaian

Laptop yang terus-menerus dalam keadaan menyala akan mengakibatkan mengakibatkan daya tahan dan kinerja laptop semakin berkurang. Karena Laptop tidak dirancang untuk pemakain nonstop. Ingat ini Laptop bukan Server!

5. Shutdown Laptop

Tidak sama seperti PC atau Komputer, Laptop ketika tidak digunakan harus dimatikan (shutdown). Hal ini dilakukan agar Laptop tidak panas dan membuatnya dapat beristirahat yang akan menjaga kinerjanya agar tetap maksimal. Matikan Laptop juga sesuai dengan ketentuan, jangan matikan langsung melalui Tombol Power.

Semoga 5 Cara agar Laptop Awet dan Tahan Lama diatas dapat bermanfaat dan bisa Anda aplikasikan dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

 

Exit mobile version