Site icon SUCCESS COMP

8 Ampuh Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Salah satu masalah paling umum yang dialami Laptop adalah Laptop yang lemot. Tentunya hal ini membuat pekerjaan Anda terhambat. Lemotnya Laptop pun terjadi karena berbagai faktor seperti RAM yang Kecil, Banyak Menjalakan Aplikasi, Terkena Virus dan lain-lain.

Jadi pada Artikel kali ini Kami akan memberikan 8 Cara Ampuh Agar Laptop Tidak Lemot. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Hapus Temporary File

Setiap kali Anda browsing Internet di Laptop Anda, semua riwayat penelusuran Anda akan tetap berada di kedalaman Laptop. Hal yang sama terjadi ketika Anda menginstal Software.

Untuk menghilangkan semua itu, caranya buka “My Computer”, pilih drive utama Anda, klik folder “Windows” lalu buka folder di dalamnya yang disebut “Temp”. Kemudian klik kanan pada folder, dan di opsi “View”, pilih “Detail”. Setelah itu, pilih semua file yang lebih tua dari tanggal saat ini dan tekan tombol hapus. Lalu pergi ke Recycle Bin di desktop Anda dan kosongkan.

2. Unistall Software yang tidak terpakai

Saat Anda membeli Laptop baru, ada kemungkinan banyak software yang sudah diinstal sebelumnya, yang seiring berjalan waktu mungkin sebagian besar Software tersebut tidak terpakai yang hal ini akan memperlambat Laptop.

Untuk menghapus Software-software yang tidak terpakai ini, caranya klik “Start” kemudian pergi ke “Control Panel” lalu klik “Program dan Features” lalu urutkan berdasarkan Last Used On yang dimana Anda bisa melihat Software mana yang terakhir Anda gunakan. Nah setelah itu hapus Software yang sudah lama Anda tidak gunakan tersebut dan tidak akan Anda pakai lagi.

3. Upgrade RAM

Pernahkah Anda memperhatikan ketika Anda mencoba untuk mengerjakan beberapa aplikasi sekaligus seperti membuka email, internet dan word, kemudian Laptop Anda langsung melambat? Hal ini dikarenakan Laptop Anda tidak memiliki cukup RAM. Tentu solusi dari masalah ini adalah dengan cara menambah RAM yang digunakan oleh Laptop Anda agar dapat menjalankan dengan mulus software-software sekaligus.

4. Upgrade HDD ke SSD

Jika saat ini Laptop Anda masih menggunakan Hard Disk atau HDD, mungkin saatnya Anda mempertimbangkan upgradenya ke Solid state drive atau SSD yang akan mempercepat proses start-up / boot, copy file dll pada Laptop Anda.

5. Matikan Program / Software yang tidak perlu saat Proses Start Up

Setiap kali Anda menyalakan Laptop, beberapa program / software secara otomatis akan mulai berjalan di background. Contohnya seperti Skype dan Spotify yang secara defaultnya akan muncul saat Start up

Nah untuk mengatur Aplikasi yang tidak Anda perlukan berjalan pada saat Start Up caranya dengan mengetik “Run” di tab search kemudian ketik “msconfig” dan sebuah Window akan muncul, di bagian atas klik tab “Startup” yang mencantumkan semua aplikasi yang berjalan saat komputer Anda mulai dinyalakan. Lalu secara hapus centang yang tidak perlu atau klik “nonaktifkan semua”, namun sebagai catatan pastikan untuk menjaga software penting seperti antivirus tetap berjalan.

6. Jalankan Disk Defragment

Disk Defragment pada dasarnya adalah cara untuk mengoptimalkan efisiensi pada hard drive Anda.

Untuk melakukan ini, masuk “My Computer”, klik kanan pada hard drive dan pilih “Properties”. Di bawah tab “Tools” harus ada pilihan untuk “Defragment Now”.

7. Jalankan Disk Clean-up

Bersihkan seluruh sistem Anda menggunakan tools bawaan pada OS Laptop yang dapat mencari file besar yang tidak diperlukan.

Untuk melakukan ini klik “Mulai” kemudian pilih All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup

8. Rutin Membersihkan Laptop

Jika Anda membuka komponen dalam pada Laptop Anda dan mungkin Anda tidak akan percaya berapa banyak debu yang terhisap ke dalamnya melalui ventilasi kipas Laptop. Debu-debu ini dapat menyumbat aliran udara, yang sangat penting untuk menjaga suhu sistem Anda turun dan jika terlalu panas, kinerjanya akan melambat.

Untuk menghindari hal itu terjadi, bersihkan Laptop secara rutin mulai dari luar dan komponen dalamnya. Jika kalian mengalami kesulitan dalam memebersihkan bagian dalam Laptop silahkan hubungi Kami di WA 085210000355

Nah itulah 8 Ampuh Cara Agar Laptop Tidak Lemot, semoga dapat Anda aplikasikan dengan baik dan dapat menjaga selalu Laptop Anda berjalan dengan lancar.

 

Exit mobile version