Site icon SUCCESS COMP

Aksesoris Apa Saja yang Perlu Anda Miliki untuk Meningkatkan Performa Laptop

Laptop merupakan komputer pribadi berukuran kecil yang bisa dibawa ke mana saja. Berkat adanya laptop, hal ini bisa memberikan pemakainya sebuah kebebasan yang tidak pernah mereka miliki ketika menggunakan komputer tradisional.

Tapi bagi kebanyakan orang memakai laptop tanpa tambahan apapun rasanya kurang asyik atau performanya tidak semaksimal dengan apa yang mereka harapkan, karena jujur saja laptop sekarang ini masih belum memiliki peforma yang cukup dalam menjalankan segala hal. Oleh karena itu ada cara alternatif yang murah dan praktikal yakni dengan pemasangan aksesoris atau perangkat tambahan.

Dengan pemasangan aksesoris hal ini akan mendukung kinerja perangkat utama sehingga laptop bisa kembali bekerja secara maksimal dan lebih mudah menggunakannya. Selain itu dengan memasang aksesoris bisa membuat laptop anda tampil sesuai dengan trend yang ada atau terlihat kekinian, tapi apakah anda bingung aksesoris mana saja yang bisa mendukung performa laptop? Agar anda tahu jawabannya sebaiknya anda simak ulasan berikut.

7 Aksesoris yang perlu Anda miliki untuk meningkatkan performa laptop anda

1. Cooling pad 

Kebanyakan laptop memiliki masalah cepat panas atau biasa disebut overheating jika hal ini terus dibiarkan overheating bisa menyebabkan laptop anda rusak. Nah, untungnya ada aksesoris yang bisa mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan cooling pad. Cooling pad berfungsi untuk menstabilkan suhu laptop dengan bantuan kipasnya, jadi kalau anda mau menggunakan laptop seharian tanpa kepanasan segera dapatkan aksesoris ini.

Baca: Inkjet Printer: Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelemahannya

2. SSD (Solid-State Drive)

Pemasangan SSD sangat cocok jika laptop anda sekarang ini memiliki performa yang loyo atau lemot dan anda ingin laptopnya bekerja secara maksimal seperti yang baru. Dengan pemasangan SSD, hal ini akan membantu program laptop untuk bekerja lebih cepat dan mempercepat proses booting. Dikarenakan SSD itu sendiri ringan, SSD bisa menjadi pilihan untuk meringankan berat laptop anda.

3. Hardisk eksternal

Bagi anda yang menggunakan laptopnya untuk keperluan pekerjaan, tentu saja laptop anda tidak bisa menampung segala file di memori internal. Oleh karena itu untuk meningkatkan performa laptopnya anda perlu menggunakan aksesoris tambahan seperti hard disk eksternal yang memiliki kapasitas tinggi sekitar 750 GB.

4. Surge Protection device

Aksesoris yang satu ini bisa mengatasi masalah jika lingkungan anda memiliki daya hantar listrik yang rendah, dengan memiliki surge protection device laptop anda bisa menerima daya hantar listrik antara 110 sampai 220 volt. Hal ini sudah cukup agar laptop anda tetap aktif setiap saat, selain itu aksesoris bisa melindungi laptop anda dari power surge.

5. Web Camera

Setiap laptop pasti memiliki kamera depan tersendiri hanya saja kualitas yang di tawarkan tidak begitu tajam atau agak blur, untuk mengatasi itu laptop membutuhkan bantuan dari perangkat kamera digital seperti web camera untuk mempertajam tampilan, meningkatkan akurasi warna, dan penyesuaian terhadap ruang gelap. Web camera juga merupakan aksesoris penting yang harus di miliki para vloggers atau para pebisnis karena dengan web camera ini akan memudahkan komunikasi jarak jauh.

6. Vacuum cooler dan USB vacuum cleaner

Aksesoris terbaru ini memiliki kegunaan yang sama dengan cooling pad hanya saja vacuum ini menyedot udara panas keluar dari laptop bukan menstabilkan suhu dengan meniup laptop. Dan untuk mencegah kerusakan hardware akibat debu atau kotoran lainnya dari laptop sangat disarankan juga untuk menggunakan USB vacuum cleaner yang memang dirancang khusus untuk membersihkan keyboard laptop anda 

7. Mouse

Walaupun setiap laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan touchpad, namun tetap saja ruang pergerakan pad masih terbatas dan masih terasa kaku. Untuk itu kalau anda ingin meningkatkan produktivitas anda sebaiknya anda menggunakan wireless mouse karena mouse dengan kabel masih bisa menghambat pergerakan.

Exit mobile version