SUCCESS COMP

Bagian Printer yang Sering Rusak

Bagian Printer yang Sering Rusak – Mesin Pencetak atau Printer kini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari Pebisnis, Karyawan hingga Siswa. Seperti barang elektornik pada umumnya, Mesin Pencetak atau Printer beresiko mengalami kerusakan, terutama pada bagian-bagian komponen tertentu.

Untuk pada Artikel kali ini kami akan membahas beberapa bagian Printer yang sering rusak. Ikuti selengkapnya dibawah ini.

Bagian Printer yang Sering Rusak Motherboard atau Mainboard

Motherboard adalah sebuah pusat komponen dari Mesin Pencetak. Komponen ini memiliki tugas untuk memberikan perintah kerja dan mengolah semua data Printer. Ini salah satu komponen termahal pada Printer. Berikut beberapa masalah pada motherboard atau mainboard Printer:

Bagian Printer yang Sering Rusak Print Head dan Kartridge

Bagian pada Mesin Pencetak yang sering mengalami kerusakan selanjutnya adalah pada bagian Kepala cetak (Print Head) dan Katridgenya. Memiliki fungsi sebagai otak dari output/keluaran printer. Kerusakannya dapat menyebabkan hasil cetak tidak maksimal, putus-putus hingga tidak dapat mengeluarkan tinta sama sekali. Tentu kerusakan pada bagian ini cukup membuat repot hingga diperlukan maintenance rutin di komponen ini.

Sensor Kertas

Sensor kertas berfungsi sebagai alat pendeteksi keberadaan kertas dan ukuran sebuah kertas yang akan dcetak Printer.  Biasanya terdapat pada bagian samping penarik kertas atau bagian atas rol. Sensor Kertas yang rusak atau bermasalah dapat menyebabkan terjaadinya paper jam atau kertas yang macet pada saat mencetak.

Rol Penarik Kertas

Rol penarik kertas ini berfungsi sebagai komponen penarik kertas pada printer/mesin pencetak. Jika alat ini rusak dapat menyebabkan terhambatnya aliran penarikan kertas bahkan tidak dapat menarik sama sekali. Biasanya ini disebabkan karena karet roll penarik kertas yang sudah menipis.

Roller Penarik Kertas

Encoder

Alat ini berfungsi untuk menjadi timer pada print head. Tidak semua jenis printer memiliki komponen ini. Terletak pada bagian belakang print head dan menepel pada kartridge. Berikut beberapa kerusakan yang terjadi pada Encode Mesin Pencetak:

Bagian Printer yang Sering Rusak Kabel Flexible

Berfungsi sebagai pengirim sinyal perintah data dalam melakukan cetak pada printh head dan cartridge, kabel fleksibel pada Printer umumnya mengalami kerusakan sebagai berikut:

Timing Disk

Timing disk memiliki fungsi sebagai alat yang mengatur waktu jeda saat Printer akan menarik kertas dari tray input. Meskipun yang perlu Anda ingat bahwa tidak semua jenis Mesin Pencetak memiliki komponen ini. Permasalahan dan kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan permasalahan pada kualitas kertas yang sedang dicetak.

Baca Juga: Penyebab Mainboard Printer Rusak

Power Supply

Memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasian Mesin Pencetak. Power Supply memiliki tugas untuk memberikan tenaga listrik untuk mengoperasikan printer. Ketika Power supply mengalami kerusakan tentu saja akan membuat Printer tidak dapat menyala karena tidak ada supply listrik.

Nah itulah beberapa bagian Printer yang sering Rusak, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui dan dapat mengatasi kerusakan Printer Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version