SUCCESS COMP

Cara Membersihkan Printer Inkjet yang Benar

Cara membersihkan Printer Inkjet atau tinta yang benar merupakan pekerjaan yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Meskipun begitu, kegiatan ini harus dilakukan secara benar karena jika Printer dibersihkan secara asal-asalan akan berdampak unit Pencetak Anda akan bermasalah bahkan lebih parahnya lagi menjadi rusak.

Maka dari itu kami mengingatkan jika Anda tidak memiliki pengathuan ataupun tidak mau mengambil resiko, ada baiknya bawa Printer Anda yang kotor atau sekedar ingin di maintenance ke Profesional di tempat-tempat Service Printer Terdekat.

Jika Anda sudah siap, sebelum mengatahui cara bersihkan Printer berikut ini kami akan memberikan terlebih dahulu perlatan yang perlu Anda siapkan.

Tools yang perlu Anda siapkan

Mengingat printer inkjet memakai tinta cairan dalam proses pencetakan, terdapat beberapa peralatan atau tools yang Anda perlukan dalam aktivitas pembersihkan ini, yaitu sebagai berikut:

Cara Membersihkan Printer Tinta

Setelah Anda mempersiapkan semua perlengkapan di atas, sekarang adalah waktunya untuk mulai membersihkan Printer. Perlu diperhatikan masing-masing Merk printer memiliki metode cetak yang berbeda-beda seperti cara membersihkan printer canon dengan cara membersihkan printer Epson berbeda.

Jadi pastikan dan sesuaikan cara-cara dibawah ini dengan Merk dan Tipe Printer Anda. Sekali lagi, Jika Anda ragu hubungi profesional untuk merawat atau membersihkan printer Anda

Sebelum memulai, Anda baiknya menggunakan sarung tangan pelindung. Setelah itu keluarkan tinta cartridges dari Printer. Dengan cara, buka bagian depan body Printer kemudian cabut tinta cartridges dari Printer. Setelah itu taruh cartridges diatas kain / tissue.

Note: Pastikan membukanya dengan cara yang benar dan tidak dipaksa. Pastikan juga bagian chip cartridges tidak tersetuh.

Membersihkan dan Merawat Mesin Hitung Uang

Setelah Anda mengeluarkan cartridge dari Printer, kita bisa melihat apakah ada tinta  yang tersembut di sekitar Print Head. Untuk membersihkannya, ambil tisu lalu semprot dengan cairan pembersih jendela setelah itu seka cartridge dengan hati-hati.

Sumber: https://blog.123ink.ca/

Note: Cara membersihkan Head Printer pada tiap merk dan tipe Printer berbeda

Mengingat bahwa home cartridge menahan tinta cartridge pada tempatnya, tentu saja ini rawan tertumpuk tinta dan kotoran lainnya dengan menggunakan Tissue (Atau cotton bud untuk area yang sulit dijangkau), seka home cartridge (rumah kartrid) dengan cairan pembersih jendela untuk menghilangkan tinta, debu dan kotoran lainnya.

Kabel head adalah pembawa pesan yang memberi tahu kartrid harus mencetak warna apa yang digunakan dan dimana Dia harus mengeluarkan tinta di atas kertas. Kabel ini akan menjadi fitur pada setiap printer dan harus diletakkan di belakang kartrid tinta.

sumber: printernet

Untuk membersihkan bagian ini, semprotkan Cairan Pembersih Kaca atau Jendela pada tisue kain microfiber lalu seka sepanjang Kabel Head, berhati-hatilah karena ini adalah komponen yang sangat sensitif.

Stabilizer Bar berfungsi untuk memastikan hasil cetakan printer Anda tetap sejajar dan simetris. Sama seperti mesin mobil atau pintu yang berdecit, komponen ini perlu diberi oli ataupun pelumas agar dapat bekerja dengan baik.

Setelah penggunaan jangka panjang, Anda mungkin akan mendengar suara berderak atau bergesekan usai pencetakan atau penjajaran halaman Anda kurang tepat – ini sebagian besar disebabkan oleh kurangnya gerakan cairan dari oli.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup oleskan sedikit Oli Mesin Jahit atau Contact Cleaner pada bagian-bagian Stabilizer Bar secara merata.

Laptop tidak Bisa Connect Wifi, Ini Solusinya

Setelah semua cara-cara diatas Anda lakukan, sekarang waktunya untuk membersihkan Body Printer secara keseluruhan. Diharapkan dengan membersihkan Printer secara menyeluruh dapat menjaga kinerja Printer terutama pada komponen di dalamnya.

Cara membersihkan tinta printer pada body printer secara menyeluruh yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca / jendela pada Kain Microfibre lalu lap secara menyeluruh pada body Printer.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membersihkan printer, semoga dapat diaplikasikan pada Printer Anda dengan baik. Dengan membersihkan Printer Anda secara rutin akan berdampak baik pada umur Printer Anda. Jika Anda mengalami kendala dalam atau saat membersihkan Printer, jangan sungkan untuk hubungi kami di WA 0852-1000-1183

Exit mobile version