SUCCESS COMP

Cara Memperbaiki Catridge yg Rusak

Cara Memperbaiki Catridge yg Rusak merupakan metode dalam menyelesaikan persoalan pada Catridge pada Printer. Catridge atau Katridge sendiri merupakan salah satu komponen paling penting di Printer, yang berfungsi sebagai pencetak yang mewadahi tinta. Jadi ketika terjadi permasalahan maupun kerusakan pada katrdige akan mempengaruhi kualitas dari hasil cetakan Printer.

Hal yang ketap terjadi adalah hasil cetakan yang kurang optimal, warna pudar, bergaris-garis dan lain-lain. Sama seperti komponen-komponen pada peralatan elektronik lainnya. Katridge pada Printer memiliki masalah atau penyakit yang sering dialami, seperti permasalahan pada chipnya dan pada bagian Headnya.

Nah pada Artikel kali ini Kami akan memberikan kepada Anda beberapa Cara Memperbaiki Catridge yg Rusak berdasarkan kerusakan-kerusakan yang biasa dialami oleh katridge. Kami mengingatkan kepada Anda untuk selalu berhati-hati dalam melakukan perbaikan ini secara mandiri, jika Anda ragu silahkan untuk menggunakan jasa service Printer terpercaya di Kota Anda.

Memperbaiki Chip pada Cartridge yang Rusak – Cara Memperbaiki Catridge yg Rusak

Bagian kartridge printer yang kerap terjadi kerusakan yaitu pada bagian chipnya (berada pada bagian belakang kartridge), saat chip pada kartridge bermasalah, maka Laptop atau PC Anda biasanya menampilkan pesan kesalahan (error message) seperti:

  1. Kartridge tidak terbaca
  2. Kartridge tidak cocok
  3. Kartridge belum terpasang
  4. Kartridge tidak terpasang dengan benar
  5. Dan lain sebagainya

Nah jika hal-hal seperti itu terjadi, artinya Pinter tidak akan melakukan proses pencetakan, untuk itu berikut cara-cara mengatasi permasalahan pada chip pada katridge Printer:

  1. Memberishkan konektor chip katridge

Chip pada kartridge mempunyai konektor yang berbentuk titik-titik kecil berwarna kuning keemasan (seperti pada jalur sirkuit pada board), jika Anda menerima pesan kesalahan saat ingin menggunakan Printer Anda seperti beberapa contoh diatas, ada kemungkinan chip pada kartridge Printer Anda terdapat kotoran yang bisa terjadi dikarenakan terciprat tinta atau terdapat kerak karena usia Printer yang sudah lama digunakan.

Tahapan membersihkan konektor chip pada kartridge

  1. Solder kembali konektor chip kartridge (Presentase kecil keberhasilannya)

Metode ini digunakan dengan kecurigaan bahwa chip kartridge rusak (bukan kotor) yang diakibatkan beberapa faktor, seperti terjadinya korsleting pada konektor atau arus listrik yang tidak stabil yang membuat chip kartridge terbakar dan membuat konektor chip pada kartridge tidak bekerja dengan semestinya lalu untuk mengatasinya tentu saja dibutuhkan perlengkapan khusus (standar industri) dan kemampuan teknisi yang memadai.

Printer Thermal Rusak, Ini Penyebab dan Solusinya

Tapi ada metode dalam mengatasi permasalahan pada chip kartridge yang bisa Anda coba yaitu menyolder (mematri) kembali konektor chip kartridge, tidak dibutuhkan timah solder dalam tahapan ini, dan hanya butuh beberapa alat berikut:

Cara menyolder ulang konektor chip kartridge : (Kami mengingatkan kepada Anda tentunya ada resiko dalam melakukan cara ini)

Memperbaiki Head Cartridge (Kepala Katridge) Printer yang Tersumbat – Cara Memperbaiki Catridge yg Rusak

Kartridge printer tersumbat biasanya dikarenakan Printer sudah lama tidak dipakai untuk mencetak atau ngeprint, oleh sebab itu tinta pada ujung kartridge (diujung head cartridge) mengering dan menyumbat aliran tinta dari wadah tinta kartridge ke kepala kartridge, dan akhirnya hasil cetak menjadi tidak jelas (hasil tidak bagus, warna tidak tebal ataupun putus-putus).

Untuk mengatasi permasalahan kartridge printer seperti ini dan jika Anda memakai sistem operasi Windows maka Anda dapat mencoba beberapa cara dibawah ini, Kami contohkan perangkat printer yang di gunakan adalah Canon PIXMA iP2770:

Membersihkan head katridge dengan fitur Head Cleaning

Beikut tahapan membersihkan head printer

Cobalah lakukan cetak/ngeprint (gambar, teks, apapun) pada beberapa lembar kertas dan kemudian periksa hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori ringan.

Nah itu dia beberapa Cara Memperbaiki Catridge yg Rusak, semoga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan pada Printer Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

 

Exit mobile version