SUCCESS COMP

Cara Memperbaiki Printer yang Rusak

Cara Memperbaiki Printer yang Rusak – Ketika Mesin Cetak tak dapat melakukan satu pekerjaan (mencetak), membuat Anda sebagai pengguna sangat frustrasi. Dan jika perangkat yang rusak itu adalah printer multifungsi (MFP) yang juga berfungsi sebagai pemindai dan mesin fotokopi Anda, Anda akan kehilangan waktu bisnis yang berharga dan produktivitas akan terganggu.

Itu cukup membuat Anda ingin angkat tangan dan menyerah. Namun, banyak masalah dapat diselesaikan ataupun diminimalisir oleh tangan Anda sendiri. Untuk membantu Anda kembali aktif dan berjalan dengan waktu henti sesedikit mungkin, kami memberikan beberapa daftar masalah umum dan cara memperbaiki printer yang rusak.

Printer Tidak Responsif

Sebelum kita masuk lebih jauh mengaenai masalah dan solusi Mesin Cetak yang rusak tertentu, pertimbangkan cara terbaik yang diikuti oleh teknisi-teknisi Printer kami terlebih dahulu. Selalu pastikan dasar-dasarnya telah diperiksa sebelum mencoba memecahkan masalah umum dengan printer:

Apakah printernya hidup?

Apakah ada kertasnya?

Apakah kabel atau koneksi wifi sudah benar?

Sudahkah Anda memeriksa kartrid tinta atau toner printer?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat menjelajahi lebih jauh dengan beberapa solusi berikut.

Printer Tidak Mau Mencetak

Apakah Anda mendapatkan pesan kesalahan pada panel kontrol atau hanya merasa pekerjaan cetak Anda macet di suatu tempat di dunia maya? Meskipun solusi termudah adalah dengan menekan tombol off dan memulai ulang printer Anda, penting untuk memeriksa ulang apakah Anda telah memilih pengaturan cetak yang benar—sebaiknya sebelum Anda mengirim selusin salinan dokumen Anda ke perangkat lain yang terletak di ruangan sebelah.

Jika driver printer Anda memiliki komunikasi dua arah, Anda mungkin diperingatkan tentang masalah bahkan sebelum Anda pergi ke printer hanya untuk tidak menemukan apa pun yang menunggu Anda di baki cetak. Untungnya, peringatan ini sering memberi tahu Anda apa masalahnya dan akan merekomendasikan taktik pemecahan masalah. Jika semuanya gagal, matikan printer Anda, tunggu beberapa menit, lalu hidupkan ulang printer dan aplikasi perangkat lunak Anda.

Baca Juga: Cara Mengetahui Printer Rusak dan Solusinya

Paper Jam

Meskipun penyebab kemacetan kertas yang jelas mungkin adalah benda asing yang terlepas di dalam printer, ada beberapa penyebab yang kurang diketahui, termasuk baki kertas yang terlalu penuh atau kertas yang dimasukkan dengan tidak benar. Cobalah mengipasi tumpukan kertas untuk mengurangi statis dan debu, dan masukkan kembali kertas sambil menjaganya tetap rata dengan pemandu. Saat menggunakan kertas yang lebih tebal, seringkali lebih baik memasukkan setiap lembar secara manual ke dalam printer melalui baki pintasan.

Lemot Saat Mencetak

Meskipun printer inkjet bisa sangat lambat dengan waktu pengeringan tinta, printer laser juga bisa mengalami masalah. Sama seperti pencetakan dalam kualitas draf untuk foto detail dapat mengakibatkan masalah kualitas cetak, demikian juga pencetakan dalam kualitas presentasi untuk dokumen teks hitam putih sederhana.

Semakin rendah standar kualitas cetak, semakin cepat akan mencetak. Pertimbangkan juga apakah pekerjaan cetak Anda mencetak dalam mode dupleks (menggunakan kedua sisi kertas). Dalam hal ini, printer harus meluangkan waktu untuk membalik setiap lembar kertas. Jika tujuan Anda adalah kecepatan, semakin sederhana pengaturan printer, semakin baik.

Nah itulah beberapa Cara Memperbaiki Printer yang Rusak, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang dapat merusaka Printer Anda agar dapat selalu menjaga performa dan umur Printer Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version