SUCCESS COMP

Cara Mempercepat Kinerja MacBook / iMac

Produk Mac Apple dikenal cepat dan user friendly, yang memudahkan pengguna untuk menyimpan penuh foto, musik, video, dokumen, dan File Lainnya di Hard Drive-nya. Meski jarang mengalami crash, Mac dikenal menjadi lamban saat kelebihan beban (Full Storage). Tentu  membersihkan hard disk pada Apple Mac ini perlu dilakukan. Ada beberapa cara mempercepat kinerja MacBook / iMac dan ataupun tips untuk membersihkan Mac Anda simak selengkapnya pada artikel ini.

Cara Mempercepat Kinerja MacBook / iMac

  1. Kosongkan Trash

Cara yang paling umum adalah dengan mengosongkan Trash pada Macbook, iMac atau PC Apple Anda secara teratur. Sebelumnya pastikan tidak ada file yang Anda perlukan lagi, kemudian kosongan Trash. Namun ini bukanlah satu-satunya yang harus Anda kosongkan. Kosongkan juga file sampah di iPhoto, iMovie, dan Mail.

Kosongkan Trash

Kosongkan Trash

  1. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan

Apple Mac hadir dengan banyak aplikasi Trial berbayar (seperti Microsoft Office, FileMaker, dll). Jika Anda tidak akan menggunakan aplikasi tersebut, cobalah untuk membersihkannya. Caranya: Buka folder Application (Atau dengan perintah command-shift-A di Finder), seret Aplikasi yang tidak digunakan ke Trash, kemudian kosongkan Trash.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer yang tidak Terdeteksi

  1. Hapus File Disk Image

Setiap kali Anda mengunduh sebuah aplikasi untuk diinstall, file Disk Image yang berformat .dmg biasanya sudah tidak digunakan lagi, maka Kami sarankan untuk menghapus file tersebut.

  1. Bersihkan cache pada Web Browser

Untuk meningkatkan kinerja Macbook, iMac atau PC Apple Anda, semua Aplikasi Browser web menyimpan halaman dan file yang diunduh di dalam cache yang bertujuan agar membuat loading website yang dituju lebih cepat. Tentu, dengan membersihkan cache pada Web Browser dapat memberikan ruang kosong pada Hard Disk Anda. Membersihkan cache browser dapat dilakukan pada Window web Browser’s Preferences Macbook, iMac atau PC Apple Anda (command-,).

  1. Pindahkan File-file yang Besar

Terkadang kita menyimpan file-file yang termasuk file yang besar atau berat seperti Film atau Foto-foto yang tidak mungkin dapat Anda hapus meski jarang Anda buka, solusi dari masalah ini adalah degan memindahkan file-file tersebut Cloud Storage, hard disk eksternal, CD atau DVD.

  1. Gunakan Utility Software

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Utility Software untuk memelihara Ruang pada Storage Mac Apple Anda. Untuk penggunaan basic coba untuk menggunakan Software CleanMyMac (Gratis).

Kesimpulan Cara Mempercepat Kinerja MacBook / iMac

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan Storage / Hard Disk / SSD produk Apple Anda seperti MacBook ataupun iMac agar fungsinya lebih baik dan rapi. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop MacBook Anda yang lemot, hubungi kami untuk Service atau Maintenance MacBook Anda di WA 085210002083

Exit mobile version