SUCCESS COMP

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi merupakan sebuah metode dalam memperbaiki / membenarkan keyboard laptop yang tidak berfungsi atau rusak. Keyboard pada Laptop yang rusak dan tidak berfungsi ini tentu akan memberikan Anda kesulitan karena Keyboard internal pada Laptop adalah perangkat bawaan Laptop yang tidak dapat dilepaskan lagi perannya.

Permasalahan pada Keyboard Laptop ini bisa terjadi karena beberapa hal. Sebisa mungkin Anda mengetahui penyebab utama yang membuat Keboard tidak bergfungsi sebagai acuan cara perbaikan atau mengatasinya.

Maka untuk itu pada artikel kali ini Kami akan memberikan kepada Anda beberapa cara mengatasi keyboard Laptop tidak berfungsi dan sebagai tambahan Kami juga memberikan kepada Anda tips-tips mencegah permasalahan ini terjadi.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

  1. Memeriksa Tombol Num Lock

Pertama-tama Anda dapat melakukan pemeriksaan terhadapat tombol Num Lock. Kenapa begitu memeriksa num lock? Bisa jadi keyboard Anda tidak berfungsi terjadi akibat keteledoran si pengguna Laptop itu sendiri.

Seperti secara tidak sengaja menyalakan fungsi Num Lock. Fitur Num Lock ini berfungsi sebagai pengubah bagian keyboard utama menjadi keypad numerik (angka). Ketika Num Lock menyala, sebagian besar fungsi keyboard tidak menjadi seperti biasanya.

Untuk mematikan fitur Num Lock ini, Anda dapat menekan tombol Fn dan NumLk secara bersamaan. Tapi, metode ini kembali tergantung dengan jenis keyboard dan merk Laptop yang Anda pakai.

  1. Re-install Driver Keyboard

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan menghapus dan memasang (re-install) kembali driver Keyboard pada Sistem Laptop Anda. Driver yang bermasalah biasanya terjadi akibat virus ataupun malware dan versi yang sudah terlalu lampau.

Untuk mengatasi masalah pada Driver keyboard Laptop Anda, coba untuk lakukan re-install driver Keyboard Anda dan update ke versi yang terbaru melalui Device Manager.

  1. Melakukan Restart pada Laptop

Jika dua cara diatas belum menyelesaikan masalah pada Keyboard Laptop Anda, Anda dapat mencoba cara selanjutnya yaitu dengan melakukan restart (Mematikan lalu Menyalakan kemali) Laptop Anda. Ini merupakan salah satu metode yang efektif untuk memeperbaiki berbagai permasalahan yang terjadi pada sistem dan perangkat Laptop, tidak terkecual pada keyboard yang bermasalah.

  1. Lakukan System Restore

Jika Keyboard laptop masih tidak bisa digunakan usai melakukan cara-cara diatas. Metode selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu mencoba system restore. Caranya gunakan Mouse atau Trackpad Laptop gunakan Kolom Search Windows kamudian tuliskan Recovery.

  1. Mengubah Layout Keyboard

Apabila Keyboard Laptop Anda masih tidak dapat digunakan, Kami menyarankan kepada Anda untuk mencoba memperbaiki pengaturan Layoit pada Keyboard Laptop Anda. Masalah pada keyboard bisa terjadi karena layoitnya mengalami kerusakan, ada beberapa fungsi pada keyboard yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Berikut cara mengatur layout keyboard yang mungkin berubah, langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Membersihkan Keyboard dari Kotoran

Ketika keyboard Laptop Anda masih tidak dapat digunakan dengan normal. Ini bisa terjadi dikarenakan penumpukan kotoran, debu, sisa-sisa makanan ataupun kemasukan cairan yang terdapat pada bagian sela-selanya, hingga dapat membuat tombol keyboard terhambat dan mengalami gagal berfungsi.

Tak perlu membongkar keyboard membersihkannya dari kotoran dan debu. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Memeriksa Konektor Keyboard

Selanjutnya Anda dapat memeriksa konektor yang menghubungkan komponen keyboard dengan mainboard Laptop. Tentu konektor yang mengalami kendor, tertekuk hingga lepas dapat membuat keyboard tidak berfungsi dengan baik.

Cara ini memaksa Anda untuk membongkar bagian dalam dan komponen Laptop. Jika Anda tidak berani atau memiliki kemampuan dalam membongkar Laptop, Kami menyarankan kepada Anda untuk membawa unit Laptop Anda ke Tempat Service Laptop terpercaya.

  1. Mereset Laptop

Melakukan reset pada laptop sering dipercayai akan menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi pada laptop, termasuk permasalah keyboard yang tidak berfungsi ini. Metode reset Laptop ini, bisa dijadikan solusi keyboard laptop agar dapat digunakan secara normal kemabli. Caranya sebagai berikut:

  1. Gunakan Keyboard Eksternal

Solusi yang satu ini adalah cara yang paling mudah dan murah dilakukan namun sifatnya sementara, karena tidak memperbaiki fungsi pada keyboard Laptop Anda.  Tentu saja ini akan membuat Anda cukup kerepotan apabila harus menggunakan Laptop Anda diluar tempat dimana Anda biasa bekerja seperti di Rumah ataupun Kantor.

  1. Memakai On Screen Keyboard

Ketika masalah pada keyboard Anda datang secara tiba-tiba dan Anda tidak memiliki keyboard Eksternal. Mungkin cara yang satu ini dapat membantu Anda dapat menuliskan teks pada Laptop Anda. Yaitu dengan menggunakan On Screen Keyboard. Dimana tools bawaan Windows yang memunculkan fungsi keyboard pada jendela Windows 7/8/10 Anda.

Caranya membukanya pun mudah yaitu buka Start – Program – Accessories – Accessibility kemudian klik On Screen Keyboard. Selanjutnya akan muncul jendala baru On Screen Keyboard yang fungsi-fungsi sama seperti pada Keyboard Anda. Klik pada kata atau teks yang akan tulis.

  1. Mengganti Keyboard Laptop

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti Keyboard Internal Laptop Anda dengan yang baru. Tentu hal ini akan menyelesaikan permasalahan yang ada pada Laptop Anda secara menyeluruh. Untuk mendapat Keyboard baru pengganti, Anda dapat membeli secara online ataupun mendatangi Service Center merk Laptop Anda.

Peringatan: Apabila Anda tidak memiliki kemampuan dan keberanian untuk memasangkan Keyboard Laptop yang baru, gunakanlah jasa perbaikan Laptop terepercaya di Kota Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi Keyboard Laptop tidak berfungsi. Apabila Anda masih mengalami kendala pada keyboard Laptop Anda, segera hubungi Kami di WhatsApp 0852-1000-2083 dengan senang hati Tim Service Kami akan melayani Anda.

Exit mobile version