Site icon SUCCESS COMP

Cara Mengatasi Laptop not Responding

cara mengatasi laptop not responding

Cara Mengatasi Laptop not responding –Teknologi telah menjadi salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Kehadirannya dapat mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya adalah laptop/komputer jinjing.

Komputer Jinjing digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan, kegiatan, tugas sekolah, kuliah hingga untuk hiburan. Salah satu masalah yang sering dihadapi penggunanya ialah laptop not responding bahkan hingga mati total.

Bukan hanya pekerjaan yang akan terbengkalai, laptop yang sering tidak merespons seringkali membuat frustrasi. Namun tidak perlu panik panik atau marah, karena bisa diatasi hanya dalam beberapa langkah.

Kursor Laptop Hilang, Penyebab dan Solusinya

Tentu bukan hanya Anda yang perlu tahu cara mengatasi laptop yang tidak merespons, tetapi Anda juga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Inilah sebabnya mengapa laptop tidak merespons.

Penyebab Laptop not Responding

  1. Serangan Virus

Seperti yang banyak kita ketahui, beberapa virus cukup berbahaya keberadaaanya karena dapat membuat Komputer atau laptop Anda menjadi hang atau tidak merespon. Seperti Multipartite Virus yang bisa membuat permasalahan pada RAM atau storage Komputer Jinjing Anda.

  1. Harddisk yang jadul

Hard drive Anda sudah tua atau terlalu jadul sebaiknya perlu Anda ganti ataupun diupgrade ke SSD. Karena Hard drive yang lebih tua memengaruhi kinerja laptop Anda secara keseluruhan.

  1. Harddisk Full

Alasan berikutnya laptop Anda tidak responsif adalah hard drive Anda penuh. Data dalam jumlah besar juga merupakan faktor yang memperlambat laptop Anda. Jika hard drive Anda hampir 95% penuh, laptop Anda mungkin lambat.

  1. Banyak program terbuka saat startup

Jika Anda memiliki banyak aplikasi di komputer jinjing Anda, ini mungkin salah satu alasan mengapa laptop Anda tidak merespons. Seperti yang Anda lihat, beberapa aplikasi ini berjalan secara otomatis di latar belakang saat Anda menyalakan laptop. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis saat startup, maka komputer jinjing Anda akan semakin lambat.

  1. Banyak aplikasi yang berjalan

Bukan hal yang aneh jika banyak aplikasi terbuka secara bersamaan. Ini juga menjadi alasan mengapa komputer jinjing tidak merespons karena keterbatasan RAM.

  1. Banyak Tab pada Browser yang Dibuka

Selain menjalankan banyak aplikasi, penyebab laptop not responding lainnya karena banyaknya browser tab yang kamu buka yang dapat menguras RAM laptop. Apalagi kalau situs yang sedang dibuka memiliki fitur auto-refreshing.

Solusi Laptop not Responding

  1. Meningkatkan kapasitas RAM

Cara pertama untuk mengatasi laptop yang tidak responsive atau responding ialah dengan menambahkan lebih banyak RAM. Namun, selain menambah RAM lebih banyak, perhatikan juga spesifikasi RAM (DDR3RAM atau DDR3LRAM dan DDR4RAM) dan jumlah maksimal RAM yang bisa diterapkan pada Komputer Jinjing Anda.

  1. Restart Laptop

Ketika tiba-tiba Laptop atau Komputer Jinjing Anda tiba-tiba mengalami not responding Anda dapat langsung melakukan restart. Melakukan restart akan memulai ulang pekerjaan RAM, CPU dan meningkatkan kinerja sistem.

  1. Uninstall atau Copot Software

Jika Anda memiliki banyak aplikasi di Komputer Jinjing Anda, mulailah dengan mengurangi jumlah aplikasi yang tidak Anda gunakan. Terutama software atau aplikasi yang jarang digunakan.

  1. Menggunakan dan rutin melakukan update antivirus

Virus pada perangkat Komputer Jinjing juga menjadi salah satu penyakit yang sering menyebabkan laptop menjadi tidak responding. Seperti yang dijelaskan di atas. Gunakan dengan benar dengan aplikasi antivirus dan secara rutin melakukan up to date.

Laptop Restart Sendiri, Penyebab dan Solusinya

  1. Buka aplikasi prioritas

Pengaktifan aplikasi yang berlebihan menjadi salah satu penyebab laptop menjadi tidak responsif karena mempengaruhi kinerja RAM. Penggunaan aplikasi harus disesuaikan atau memilahnya sesuai dengan spesifikasi laptop. Atau, Anda dapat mengizinkan Pengelola Tugas untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

  1. Mengupgrade HDD ke SSD

Harddisk HDD memiliki kecepatan data yang relative lambat karena sistem kerjanya menggunakan cakram. Jadi, Kami merekomendasikan kepada Anda untuk menguprade SSD yang kecepatannya lebih baik.

Nah, itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Laptop not responding, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

 

Exit mobile version