SUCCESS COMP

Cara Mengatasi Laptop Overheat Paling Ampuh

Cara mengatasi Laptop Overheat merupakan sebuah metode untuk mengkondisikan Laptop Anda tetap stabil pada suhu (aman) tertentu. Ketika Anda memasuki artikel ini pasti Anda sedang atau pernah mengalami kondisi Komputer Jinjing Anda mengalami overheating atau kondisi panas berlebih. Artinya suhu pada Laptop mengalami peningkatan hingga membuat kinerja lambat bahkan tangan pengguna tidak nyaman dibuatnya.

Hal ini terjadi ketika CPU atau GPU mengalami overheat dan panas yang ada didalam Laptop melepaskan diri hingga ke bagian Palm dan Keyboard Laptop. Yang lebih ditaktukannya lagi kondisi ini dapat memperburuk kondisi Komoponen lain pada Laptop seperti Motherboard yang dapat terbakar hingga mati total.

Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi kan? Maka pada artikel kali ini Kami akan memberikan kepada Anda beberapa cara dalam mengatasi Laptop yang overheating. Simak selengkapanya dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Panas

Untuk memudahkan, Kami akan memberikan solusi dari setiap permasalahan overheat pada Laptop sesuai dengan penyebabnya sesuai pada artikel Kami sebelumnya Penyebab Laptop Cepat Panas :

Bersihkan Kotoran dan Debu

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan agar Laptop Anda tidak mengalami overheating adalah dengan membersihkan tumpukan kotoran dan debu yang berada pada ventilasi sirkulasi udara atau fan Laptop. Cara mengharuskan Anda untuk membuka body pada Laptop, jadi pastikan Anda memiliki keberaian dan kemampuan untuk melakukan ini. Bersihkan debu atau kotoran dengan menggunakan kuas. Sebelum Anda memasang kembali body Laptop pastikan sudah tidak ada kotoran dan debu tersisa.

Berikan Thermal Paste pada Processor / CPU

Sebetulnya cara ini adalah tahapan lanjutan dari solusi pertama diatas, ketika Anda sudah membuka komponen yang ada di dalam Laptop, Anda dapat melihat kondisi processor atau CPU pada Laptop Anda. Periksa apakah thermal paste yang ada sudah berkurang ataupun mengering. Kalau hal seperti itu yang Anda dapati tentunya ini juga akan memepengaruhi overheat pada Laptop. Untuk itu, berikan atau tambahkan thermal paste pada CPU.

Pastikan Anda melakukannya dengan benar, berikan pasta secara tipis dengan beberapa metode pada gambar di bawah ini.

Sumber: Youtube

Menjaga Suhu Ruangan

Untuk menghindari overheat pada sebuah Laptop, Anda diharuskan menjaga suhu ruangan tempat Anda menggunakan Laptop terjaga. Jika suhu di dalam ruangan terlampau panas ini akan mempengaruhi suhu Komputer Jinjing Anda juga. Untuk itu jaga selalu suhu ruangan Anda bisa dengan menggunakan AC ataupun yang lebih ekonomisnya menggunakan Kipas Angin. Jangan lupa untuk memperhatikan sirkulasi udara pada ruangan juga.

Memastikan Kompabilitas Komponen Baru

Saat Anda memasang atau menguprgade Komponen atau Hardware yang tidak sesuai dengan kompabilitas Laptop Anda, ini bisa membuat terjadinya overheat. Untuk itu selalu perhatikan kompbilitas Laptop Anda terhadap hardware baru. Jika hardware yang tidak cocok sudah terlanjur terpasang, baiknya Anda kembalikan seperti sebelumnya dan pasangkan hardware yang sesuai.

Tambahkan Fan External

Mungkin ini adalah cara yang paling efektif dan cepat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi overheating pada Laptop, yaitu dengan menggunakan fan tambahan. Sudah banyak beredar dipasaran Cooling Pad atau Cooling Fan yang bisa Anda beli. Kami sarankan untuk memilih cooling pad yang berkualitas dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi Laptop Overheat, semoga dapat memberikan solusi pada Anda yang sedang mengalami permasalahan ini. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop jangan sungkan untuk menghubungi Kami di WA 0852-1000-2083 Admin Service Kami akan siap merespon kendala yang Anda alami.

Exit mobile version