SUCCESS COMP

Cara Mengecek LCD Laptop Rusak atau Tidak

Cara Mengecek LCD Laptop Rusak atau Tidak merupakan sebuah metode dalam mengetahui apakah Layar LCD Laptop Anda mengalami kerusakan atau tidak. Disini Anda akan melakukan berbagai teknik dasar yang biasa dilakukan oleh Teknisi Laptop di Tempat Service Laptop atau Komputer.

Hal ini juga bisa dijadikan indikasi awal mengenai jenis kerusakan yang dialami oleh LCD Laptop Anda. Terlebih ketika kerusakan yang terjadi saat Layar Laptop mengalami keadaan Blank atau layar Hitam padahal Laptop sudah dinyalakan atau dalam keadaan menyala dengan menekan tombol Power.

Jadi pada Artikel kali ini kami akan berbagai kepada Anda mengenai cara mengecek LCD Laptop Rusak atau tidak. Disini Kami akan memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan bagi pemula dan tidak mengerti tentang Elektronik dan Teknologi Informasi.

Peralatan Cek LCD Laptop Rusak atau Tidak

  1. Monitor External atau Proyektor
  2. Kabel VGA atau HDMI
  3. Obeng (Opsional)

Tahapan Mengecek LCD Laptop

  1. Cara ini diperuntukan ketika Laptop sudah menyala namun Layar LCD blank atau hitam
  2. Pertama, Anda dapat menghubungkan Laptop ke Monitor External, dengan menggunakan kabel VGA atau HDMI
  3. Setelah itu Anda dapat mengetahui apakah kerusakan terjadi pada LCD atau Komponen lain, jika Monitor External berhasil menampilkan tampilan yang ada pada Laptop yang seharusnya artinya kerusakan atau masalah terjadi pada Layar LCD Laptop Anda.
  4. Namun jika Monitor External tidak menampilkan apapun artinya ada kerusakan pada komponen lain seperti RAM
  5. Selanjutnya jika Anda berani dan memiliki kemampuannya, Anda dapat membongkar LCD untuk memastikan dan mengganti LCD Laptop Anda dengan yang baru. Sebagai catatan, membongkar LCD Laptop sangat beresiko menambah kerusakan LCD jika tidak dilakukan dengan benar, jika Anda ragu bawalah Laptop Anda ke Profesional.

Kesimpulan

Nah itulah cara mengecek LCD Laptop rusak atau tidak khususnya pada masalah Blank Screen Laptop. Anda dapat melakukan ini juga pada kerusakan Komputer atau PC Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada LCD atapun Komponen lainnya pada Laptop atau perlengkapan IT Lainnya hubungi 0852-1000-2083 Kami dengan senang hati siap membantu Anda.

Exit mobile version