SUCCESS COMP

Cara Mengetahui Printer Rusak dan Solusinya

Cara Mengetahui Printer Rusak merupakan sebuah metode yang dapat kita lakukan sebagai pengguna awam dalam pencarian sumber masalah yang terjadi terhadap mesin pencetak. Hal ini dapat membantu Kita untuk paling tidak mengetahui permasalahan dan mungkin biaya yang dapat kita keluarkan untuk memperbaikinya. Bahkan dalam beberapa masalah yang tidak terlalu fatal, Anda dapat langsung bisa menemukan solusinya yang tepat.

Jadi Anda dapat melakukan beberapa sumber masalah dan melakukan pencegahan ataupun perbaikan yang dapat Anda lakukan sendiri, tentu akan menghemat waktu serta biaya yang Anda keluarkan. Maka dari itu pada artikel ini Kami akan memberikan kepada Anda beberapa cara mengetahui Printer rusak beserta solusinya.

Printer tidak dapat Menyala sama sekali

Ketika hal ini terjadi ada beberapa penyebab yang dapat ketahui yaitu komponen yang terpenting pada Printer yaitu Mainboard mengalami kerusakan, atau mungkin terjadi konsleting listrik pada unit, atau yang terakhir yaitu sumber daya listrik tidak bekerja dengan baik yang bisa disebabkan hal sepele seperti kabel yang kendor dll.

Solusi

Anda melakukan beberapa pemeriksaan awal yaitu dengan  mengetahui apakah kabel daya (power) mesin pencetak sudah terpasang dengan baik ataupun belum. Jika semua hal tadi sudah dilakukan namun Printer belum menyala juga artinya ada permasalahan pada komponen mesin pencetak.

Jika Anda memiliki untuk kemampuan untuk membongkar peralatan elektronik periksalah bagian mainboardnya. Namun jika tidak dapat melakukannya, Anda dapat membawa Printer Anda ke tempat service Printer terpercaya di Kota Anda.

Kertas Macet saat dalam proses mencetak (Paper Jam)

Saat Mesin Pencetak tidak dapat dapat ngeprint dengan baik karena kertas macet ataupun tertarik dengan cepat hingga membuat kertas rusak ataupu lecek ini disebut sebagai Paper Jam. Hal ini biasanya disebabkan oleh permasalahan pada Pick up rollers (roller) yang mengambil kertas dari tray ataupun jumlah kertas pada tray melebihi kepasitas yang seharusnya.

Paper Jam

Solusi

Periksa roller kertas dengan membuka Printer

Kemudian lihatlah roda gigi plastik putih di sisi kiri. Apakah mereka bergerak bebas, atau apakah mereka berhenti, melompat, membeku, atau macet? Jika itu skenario kedua, Anda memiliki pecahan kertas, yang harus Anda bersihkan dari roda gigi.

Pegang rol karet terjauh dan putar. Periksa pecahan kertas di gigi roda gigi.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer yang Rusak

Setelah rol dan roda gigi berputar bebas, Anda telah membersihkan paper jam, dan Anda dapat melepas klip kertas dan memasangnya kembali.

Tidak dapat Mencetak atau kualitas cetak buruk

Ini dimungkinan disebabkan adanya permasalahan pada cartridge ataupun kepala cetak (print head). Biasanya terjadi sumbatan yang diakibatkan tinta yang mengering ataupun cartridge memang tidak terbaca karena rusak.

Solusi

Periksa masalah utama pada cartridge, jika dikarenakan cartridge tidak terbaca karena masalah pada pin yang tidak terbaca, cobalah untuk membersihkan pin dengan benar lalu coba pasang kembali.

Nah itulah beberapa Cara Mengatahui Printer Rusak beserta solusinya, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang dapat merusaka Printer Anda agar dapat selalu menjaga performa dan umur Printer Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version