SUCCESS COMP

Cara Menghemat Toner pada Printer LaserJet

Cara Menghemat Toner pada Printer LaserJet yang banyak dipakai pada keperluan Kantor, yang dipercaya lebih irit biaya cetak dibandingkan Printer Inkjet. Meski begitu jika Anda lebih menelisik lagi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar penggunaan Printer LaserJet lebih hemat lagi.

Pada artikel ini, kami membahas beberapa cara agar Anda dapat mengurangi konsumsi toner dan dengan demikian semakin mengurangi biaya pencetakan Anda.

Kurangi Resolusi Cetak

Printer memiliki pengaturan Resolusi. Pada resolusi yang lebih rendah, lebih sedikit toner yang digunakan untuk mencetak. Tapi, hasil cetaknya mungkin tidak akan setajam bila dengan resolusi yang lebih tinggi. Jika printer Anda saat ini menggunakan resolusi 600 atau 1200 DPI, coba ubah untuk megubahnya ke 300 DPI. Anda tidak hanya akan hemat penggunaan toner, tetapi printer Anda akan mencetak lebih cepat.

Mencetak Hitam Putih

Secara umum, pengoperasian warna lebih boros daripada monokrom (hitam). Oleh karena itu, jika Anda mencetak dokumen yang tidak memiliki warna, Anda akan berpikir bahwa printer hanya akan menggunakan kartrid hitam, tetapi ini mungkin tidak selalu terjadi. Warna yang digunakan dalam dokumen mungkin tampak hitam bagi Anda, namun mungkin hasil cetaknya agak hitam pudar. Namun dengan begitu mencetak dalam opsi Hitam Putih akan lebih menghemat Toner Anda

Nyalakan Mode Penghematan Toner

Sebagian besar Printer LaserJet memiliki fitur yang secara otomatis dapat mengurangi jumlah toner yang digunakan namun tetap mempertahankan kualitas hasil cetaknya. Hidupkan fitur Toner Save untuk printer Anda.

Toner Save

Kurangi Siklus Start/Stop

Anda dapat mengurangi siklus menyalakan dan mematikan (Start / Stop) Printer. Ketika pada siklus Start/Stop, Toner Printer akan menumpuk pada drum meski Anda tidak mencetak. Tentu ini menjadi sia-sia, terlebih banyak pengguna yang tidak sadar sedang melakukan hal tersebut.

Untuk mengatisipasinya, buka ‘Printer Propertes’ dan Anda bisa mengganti pengaturannya, sehingga Printer Anda akan mencetak halaman setelah batas halaman akhir yang telah dicetak. Ini akan mengurangi siklus Start / Stop dan Anda dapat menghemat banyak toner.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa Cara Menghemat Toner, Semoga dengan beberapa cara diatas dapat Anda aplikasikan dengan baik dan membuat Printer LaserJet Anda lebih hemat dalam mencetak. Hubungi kami jika Anda membutuhkan Toner Printer LaserJet via WA 0852-1000-1183

Exit mobile version