Site icon SUCCESS COMP

Cara Mengurangi Kecerahan Layar Laptop

Cara Mengurangi Kecerahan Layar Laptop

Cara Mengurangi Kecerahan Layar Laptop – Setiap pengguna memiliki preferensinya sendiri saat menggunakan komputer jinjing, terutama pada tingkat kecerahan layar LCD. Seberapa terang atau redup cahaya pada layar tentunya akan memepengaruhi kinerja mata dan secara tidak langsung mempengaruhi efisiensi pekerjaan Anda.

Laptop tidak Bisa Discharge, Penyebab dan Solusinya

Untuk itu diperlukan kemampuan untuk menmgetahui cara dalam melakukan hal ini, ada beberapa cara untuk mengurangi kecerahan layar Laptop, mulai menggunakan tombol fn, melalu control panel, dll. Kami akan membahas dan merangkumnya pada artikel berikut ini.

  1. Menggunakan Shortcut Tombol fn

Cara ini merupakan metode yang simple dan tercepat dalam mengurangi cahaya pada layar Komputer Jinjing Anda. Namun yang perlu Anda ketahui mungkin akan tergantung pada tiap keyboard dari komputer / laptop yang Anda gunakan.

Pertama-tama, Anda bisa melihat pada bagian keyboard dengan klik tombol fn + simbol brightness. Biasanya, simbol brightness akan digambarkan seperti matahari yang redup atau yang terang. Sudah selesai, kini kecerahan layar sudah Anda atur.

  1. Atur Kecerahan dari Klik Kanan di Desktop

Ketika Anda menggunakan Komputer Jinjing dengan OS Windows 10 & Windows 11, ada metode lebih mudah untuk mengaturnya. Anda tidak perlu melakukannya melalui control panel. Karena, metode satu ini hanya perlu beberapa detik saja melakukannya. Berikut caranya:

Pertama-tama, pastikan Anda meletakkan krusor pada halaman utama windows, baik itu berupa PC Desktop maupun laptop.

Kemudian, Anda bisa langsung klik kanan pada Ingat, harus klik kanan, jangan klik kiri.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengklik pada menu Display Settings.

Klik Kanan pada Mouse (Windows 10) 2

Lalu, Windows akan langsung menampilkan pengaturan untuk layar, baik untuk scale and layout, night light, resolution, termasuk untuk mengatur tingkat kecerahan.

Nah, untuk mengatur kecerahan layar, Anda hanya perlu memperhatikan pada bagian Brightness and color > Change Brightness.

Klik Kanan pada Mouse (Windows 10) 1

Di sana, ada sebuah bar dan ada sebuah garis yang bisa Anda geser ke kanan dan ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada PC / laptop. Geser dan aturlah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Sudah beres? Anda tidak perlu menyimpan pengaturan, langsung saja tutup menu brightness dan pengaturan kecerahan layar akan tersimpan secara otomatis.

Bagaimana, apakah menurut Anda cara ini lebih mudah atau membuat Anda bingung? Kalau Anda masih belum cocok dengan cara ini, bisa mencoba cara lainnya yang dipaparkan di bawah ini, ya.

  1. Menggunakan Control Panel

Dalam mengatur kecerahan Layar pada Komputer Jinjing Anda dapat dilakukan melalui Personalize (Control Panel) Jika Anda pernah melakukannya, maka cara tersebut juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada PC / laptop Anda lho. Caranya sangat mudah dan tidak perlu melakukan banyak tahap. Yuk, langsung ikuti langkah mudahnya di bawah ini:

Pertama-tama, Anda hanya perlu menuju halaman Windows utama.

Kemudian, Anda bisa langsung klik kanan pada mouse Anda.

Cara Mengatasi Mic Laptop tidak Berfungsi

Setelah itu, akan muncul beberapa opsi. Nah, untuk mengatur tingkat kecerahan, bisa langsung klik personalize.

Lalu, Anda bisa langsung pilih display untuk mengatur kecerahannya. Biasanya, menu display ini terletak di bagian pojok kiri bawah dan di dekat See Also.

Sudah menemukannya? Kalau begitu, kini Anda bisa memasuki tahap terakhir untuk mengaturan tingkat kecerahan layar.

Nah, itulah artikel mengenai Cara Mengurangi Kecerahan Layar Laptop berdasarkan penyebabnya, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version