SUCCESS COMP

Cara Menyalakan Laptop Lenovo Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan Laptop Lenovo Tanpa Tombol Power merupakan sebuah metode alternatif ketika Laptop Anda mengalami masalah pada tombol power atau tidak dapat dinyalakan melalui tombol tersebut, yang biasanya dalam mengaktifkan laptop, Kita harus menekan tombol power terlebih dulu.

Perlu Anda ketahui bahwa ‘button’ power ini terkoneksi dengan motherboard. Pada saat Anda menekannya, switch yang ada pada motherboard akan menyala. Ketika tombol tersebut bermasalah ataupun rusak, bagaimana cara Kita menyalakan Laptopnya? Pada artikel kali ini kami akan memberikan tahapan cara menyalakan Laptop Lenovo tanpa tombol power sebagai berikut:

Lakukan Charge pada Laptop

Pertama-tama Kita harus masuk ke BIOS. Pastikan daya baterai Laptop masih tercukupi atau penuh. Karena melakukan akses pada BIOS ini seperti membuka suatu sistem (OS), yang membutuhkan daya baterai meskipun memang tidak banyak. Amannya Anda dapat sambil melakukan charge baterai laptop Anda. Terkadang dalam kondisi tertentu laptop dapat kembali menyala dengan melakukan lepas-pasang kabel charger beberapa kali. Lenovo Charger

Persiapkan Keyboard External

Selanjutnya persiapkan keyboard External, Kami merekomendasikan kepada Anda untuk menyiapkan keyboard external yang memiliki tombol FN. Karena ada beberapa Laptop yang membutuhkan kombinasi ‘button’ FN agar masuk ke BIOS.

Akses BIOS

Setelah persiapan diatas sudah selesai, sekarang Anda dapat melakukan akses ke BIOS Laptop Lenovo Anda dengan cara mengkombinasikan button fn dan f1 (digunakan untuk Laptop Lenovo ThinkPad), fn dan f2 (digunakan untuk Laptop Lenovo G405 atau G series), atau f1 (digunakan untuk Laptop Lenovo IdeaPad).

Melakukan Pengaturan Power Management pada Keyboard

Ketika Anda sudah mengakses BIOS, Anda dapat melakukan pengaturan pada keyboard yang dijadikan sebagai alternatif tombol power, yang dapat menyalakan Laptop. Berikut caranya:

  1. Akses Power Management Setup. Gunakan keyboard untuk mengarahkannya kemudian tekan Enter untuk memilih menu Power Management Setup tersebut.
  2. Kemudian pilih Power On by Keyboard.
  3. Setelah itu Enter, lalu untuk mengaktifkannya pilih Enabled.
  4. Selanjutnya akan muncul kolom untuk mengatur tombol keyboard yang akan dijadikan sebagai tombol power. Silahkan gunakan tombol sesuai keinginan Anda. Namun kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan tombol yang jarang digunakan agar menghindari terjadinya tidak sengaja tertekan.
  5. Setelah selesai tekan Enter.
  6. Selanjutnya save pengaturan itu, dan pilih Exit untuk keluar dari BIOS.
  7. Lalu Laptop akan restart secara otomatis.

Kesimpulan

Itulah tahapan-tahapan cara menyalakan Laptop Lenovo tanpa tombol power. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop Lenovo dan merk lainnya, segera hubungi WA 0852-1000-2083 dengan senang hati Tim Service Kami akan melayani Anda.

Exit mobile version