SUCCESS COMP

Cara Merawat Laptop agar Tidak Mudah Rusak

Cara merawat Laptop agar tidak mudah rusak meruapakan hal yang penting untuk selalu Anda lakukan secara rutin, karena akan berdampak baik agar Laptop Anda tetap berperforma optimal. Sementara dengan tidak melakukan perawatan atau maintenance Anda akan memperpendek umur Laptop Anda.

Selain dapat memberikan performa yang optimal, dengan melakukan perawatan pada Laptop akan menghindari berbagai kerusakan pada bagian komponen Laptop tentu secara tidak langsung dapat menghemat biaya karena tidak adanya keperluan penggantian komponen atau hardware.

Pada artikel ini Kami akan memberikan kepada Anda beberapa cara mudah agar laptop Anda tidak mudah rusak dan bertahan lebih lama. Kemudian selain cara merawat Laptop agar tidak mudah rusak pada artikel kali ini terdapat bonus, cara-cara dalam menjaga kecepatan laptop Anda yang berguna juga untuk menghapus error atau masalah yang mungkin terjadi selama pemakaian Laptop.

  1. Membersihkan unit Laptop secara rutin

Kami menyarankan kepada untuk minimal melakukannya setiap tahun untuk menghilangkan debu yang ada didalam internal Laptop. Anda dapat menyerahkan ini kepada Tempat Service Laptop atau melakukannya sendiri jika Anda mampu.

Debu yang menumpuk dapat menyebabkan sistem sirkulasi pada Laptop tidak bekerja mendinginkan dirinya sendiri dengan baik dan membuat Laptop cepat panas (overheat). Catatan: Overheat dapat menyebabkan kerusakan pada motherboard.

  1. Cara Merawat Laptop agar Tidak Mudah Rusak Lindungi Layar LCD Laptop

Ketika Anda ingin menutup Laptop, pastikan tidak ada barang kecil seperti pulpen, pensil atau earphone di keyboard. Jika barang-barang tersebut tertinggal dapat merusak layar LCD laptop mulai dari rusak seperti goresan hingga retak pada Lapisan LCDnya.

Kemudian selalu hati-hati dalam menutup dan memegang bagian tengahnya. Jika Anda hanya menutup maupun membuka pada satu sisi (Kanan atau Kiri Layar) dapat menyebabkan tekanan pada engsel lalu seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan engsel bengkok bahkan patah.

  1. Jauhkan cairan dari Laptop

Iya, meskipun sangat menyenangkan ketika sambil bekerja ataupun menggunakan Laptop sambil ditemani kopi, the, soda, air, atau cairan lainnya. Namun sebuah keteledoran mungkin saja bisa terjadi dengan mudahnya. Jika memang sudah tidak dapat dihindari lagi, gunakan gunakan cangkir dengan penutup di atasnya sehingga meskipun tumpah cairannya tidak kemana-mana.

Karena ditakutkan jika ada cairan yang tumpah dan masuk pada komponen di dalam Laptop dapat menyebabkan kerusakan listrik (korsleting listrik). Korsleting dapat merusak data atau bahkan merusak beberapa bagian laptop secara permanen. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman Anda dari komputer. Meskipun Anda berhati-hati, orang lain mungkin menumpahkan minuman Anda.

  1. Jauhkan makanan dari laptop

Selain hindari segala cairan, hindari pula segala jenis makanan didekat Laptop Anda. Mengapa? Karena remah-remahnya makanan beresiko jatuh di antara tombol-tombol keyboard dan mengundang semut, kutu dan hewan kecil lainnya yang dapat merusak sirkuit pada komponen di dalam Laptop. Kemudian Laptop juga akan terlihat kotor jika terdapat remah-remah di atasnya.

  1. Hindari mengggunakan Laptop di ruangan tempat hewan peliharaan berada.

Bulu dan rambut mereka dapat masuk ke dalam komponen dalam Laptop dan merusaknya. Selain itu, hewan yang lebih besar (seperti anjing) dapat secara tidak sengaja merusak Laptop dengan menjatuhkannya dari Meja atau Alas.

  1. Selalu bersihkan tangan sebelum menggunakan laptop

Tangan yang bersih memudahkan penggunaan touchpad laptop Anda dan mengurangi risiko meninggalkan kotoran dan noda lain pada Laptop. Selain itu, jika Anda membersihkan tangan sebelum menggunakan laptop, Anda akan mengurangi keausan pada lapisan yang disebabkan oleh keringat yang dapat mempengaruhi bagian luar laptop.

  1. Pegang & angkat Laptop pada bagian alasnya, bukan pada LCD (layarnya).

Ketika Anda mengangkat Laptop dengan memegang bagian layarnya, hal ini dapat merusak layar atau engsel Laptop. Layar / LCD juga akan mudah tergores atau rusak dikarenakan terjadinya penekanan.

  1. Jangan menggunakan Laptop di atas Kasur atau Bantal

Mungkin ini sudah menjadi kebiasaan, namun baiknnya sekarang Anda dapat menghindarinya. Mengoperasikan Laptop pada alas seperti Bantal atau Kasur secara terus menurus akan menyebabkan kipas menyedot debu dan kotoran di Kasur, selain itu bentuk Kasur dan Bantal yang tidak rata dapat mempengaruhi sirlkulasi udara pada Laptop yang nantinya dapat membuat overheat.

  1. Cara Merawat Laptop agar Tidak Mudah Rusak Hindari menempatkan Barang di atas Laptop

Barang-barang seperti buku, botol air, dan barang lainnya dapat menekan layar LCD ke keyboard, dan dikhawatirkan akan merusaknya.

  1. Hindari Mengunduh sesuatu secara sembarangan

Pastikan setiap Anda mendownload sesuatu dari sebuah web Anda tidak mendownload installer (.exe) yang tidak diinginkan, file ini biasanya dibuat untuk memanipulasi Anda sebagai file sebelumnya ingin Anda unduh. File ini bisa saja berisikan malware maupun virus.

  1. Memasang software antivirus

Kerja antivirus sendiri adalah menjadi software yang mendeteksi dan menghilangkan virus dari Laptop Anda. Selain menginsatallnya, Anda juga wajib untuk melakukan updatenya secra rutin. Karena bila dibiarkan terus menerus virus dapat memperlambat operasi dan kinerja sistem operasi.

Antivirus

  1. Rutin Melakukan Install Ulang OS

Jika memungkinkan, lakukan install ulang sistem operasi yang Anda gunakan setiap 2 hingga 3 tahun sekali. Ini akan sangat membantu laptop untuk memulai dari awal dan memelihara semuanya dengan cara yang sangat teratur dan efektif.

Itulah beberapa cara merawat Laptop agar tidak mudah rusak, semoga dapat membantu Anda dalam memperpanjang umur Laptop Anda kedepan. Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam merawat Laptop Anda, segera hubungi Kami untuk mengetahui paket spesial maintenance Laptop di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version