SUCCESS COMP

Cara Ngeprint Terlengkap dan Paling Update

Cara ngeprint merupakan sebuah kegiatan yang familiar dilakukan oleh Pekerja, Mahasiswa ataupun pelajar. Meskipun begitu ngeprint adalah aktivitas yang bisa menjadi rumit apabila kita tidak mengetahui teorinya sama sekali ditambah dengan tingkat kerumitan dari metode mencetaknya.

Bermacam pekerjaan ataupun tugas beda pula format dokumennya, media cetaknya, software, Printer dan tentu cara mencetaknya. Terkadang pada poin ini lah membutuhkan pengetahuan tambahan yang perlu Anda ketahui.

Untuk itu pada artikel kali ini kami akan memberikan pada Anda berbagai macam cara dan teknik print yang bisa Anda ikuti sesuai kebutuhan Anda:

Cara Print dari Laptop

Cara ngeprint di Komputer atau Laptop merupakan sebuah pengetahuan dasar dalam bidang TIK. Mulai dari anak Sekolah, Mahasiswa hingga Profesional pastinya diwajibkan mengetahui ini. Bagi Anda yang terbilang baru dalam mengoperasikan Latptop atau Komputer pasti cukup kesulitan dalam mengetahui cara print di Laptop.

Sebelum membahas tata caranya, perlu diketahui terlebih dahulu. File atau Dokumen apa yang akan cetak, pastikan Anda juga memiliki Software yang dapat membuka dan mencetak File tersebut. Misal, Anda ingin mencetak file Gambar yaitu format PNG artinya Anda harus mempersiapkan Software untuk membuka file tersebut.

Cara Ngeprint di Laptop

Bagi Anda pengguna Windows 10, Sistem operasi ini telah menyediakan Software bawaan seperti bernama Photos ataupun Paint. Pada Software bawaan itu Anda dapat membuka file gambar dan mencetaknya secara langsung. Setelah itu, tidaklah terlupa untuk mempersiapkan Printer Anda lalu mengkoneksikan dengan Laptop / Komputer Anda. Selengkapnya Cara Ngeprint dari Laptop

Cara Ngeprint Lewat HP

Dengan berkembang pesatnya Teknologi, tentu semakin memudahkan Kita dalam bekerja ataupun beraktifitas. Seperti dahulu Kita hanya dapat mencetak melalui Laptop atau Komputer kemudian membutuhkan kabel untuk mengkoneksikannya ke Unit Printer.

Era modern ini, Kita bisa ngeprint menggunakan HP / Smartphone yang Kita genggam saat ini. Selain memudahkan, ini juga meningkatkan efisiensi Kita dalam bekerja ataupun mengerjakan tugas atau karya. Namun, yang perlu diperhatikan pastikan HP / Smartphone Anda tidak terlalu jadul, maksudnya Smartphone Anda minimal sudah berbasiskan Android ataupun iOS.

Ngeprint dari HP juga membutuhkan beberapa Aplikasi yang harus kita install terlebih dahulu, seperti Aplikasi bawaan dari Merk Printer Anda misalnya Printer Anda adalah Canon dapat menggunakan Canon PRINT Inkjet/SELPHY. Anda juga bisa menggunakan Aplikasi pihak ketiga seperti Cloud Print by Google, Mopria dan lain-lain.

Kemudian untuk cara mencetak dari HP memiliki berbagai metode yaitu sebagai berikut:

Cara Print Bolak balik

Print bolak-balik atau bisa disebut juga timbal balik merupakan sebuah metode mencetak pada dua sisi kertas atau biasa disebut Print dupleks (Duplex). Tipe printer-printer kelas high-end biasanya sudah menanamkan fitur Duplex Otomatis sebagai spesifikasi utamanya.

Cek Juga: Printer-printer dengan Fitur Auto Duplex

Fungsi print timbal-balik ini biasanya diaplikasikan untuk mencetak buku selain itu print bolak balik juga dapat menghemat kertas, uang dan lebih efisien dalam mencetak. Tentu ini sangat membantu yang sedang memiliki kebutuhan mencetak dalam jumlah yang banyak.

Sudah kita sepakati bahwa metode cetak bolak-balik ini sangat membantu dan menghemat. Namun tetap ada kegelisahan muncul, yaitu bagaimana dengan Anda yang Printer-nya tidak memiliki auto duplex ini dan apakah print bolak-balik ini dapat dilakukan secara manual?

Jawabannya adalah Iya, fitur Duplex dapat dilakukan secara manual juga. Artinya selain bisa dilakukan secara otomatis, print bolak balik dapat dilakukan juga secara manual. Baca Tutorial lengkapnya Cara Ngeprint bolak balik

Cara Print Excel

Cara Print Excel untuk Anda yang berprofesi dibidang Finance pastinya sudah akrab dengan Software pengolah data Microsoft Excel. Meski saat ini sudah cukup berkurang, dalam beberapa hal seperti Laporan ataupun Dokumen dibutuhkan dalam bentuk cetakannya atau Hardcopy-nya.

Meski tidak perlu memiliki kemampuan khusus, ngeprint file excel bisa menjadi sulit jika Anda tidak mengetahui sama sekali pengaturan khususnya dalam hal mencetak. Seperti Bagimana cara print di Excel agar tidak terpotong

Cara Print PDF

Print file PDF memanglah tidak mudah seperti dalam mencetak file Word (Microsoft Word). Sebab pada bagian pengaturan tidak selengkap yang dimiliki Word. Misalnya pada pengaturan margin ataupun jarak tepi antara isi konten dengan kertas. Kita tidak bisa mengeset margin yang sesuai dengan kebutuhan kita, karena biasanya pada Software atau Aplikasi PDF Editor memanglah tidak memiliki opsi tersebut.

Bagi Anda yang membuthkan mencetak dokumen PDF, baiasanya juga telah familiar dengan Software PDF Editor yaitu Adobe Acrobat, metode print file PDF di Adobe Acrobat pada dasarnya sama saja dengan metode print dokumen dengan memakai Software lain. Baca Tutorial lengkapnya Cara print PDF

Selain mencetak menggunakan Adobe Acrobat, Anda juga memakai Web Browser seperti pada Google Chrome, Opera dll untuk membuka dan mencetak file PDF. Sama seperti format dokumen lainnya, Anda juga bisa print PDF lewat HP. Lihat Tutorial lengkapnya di Cara print PDF dari HP

Cara Ngeprint PPT

Slide Powet Point atau PPT lumrahnya dipakai sebagai media untuk presentasi. Namun terkadang ada kalanya kita butuh untuk mencetak slide-slide ini  dalam bentuk Hardcopy yang kemudian juga bisa dijadikan sebuah buku atau menjadi bahan untuk memahami dan menghafal sebelum presentasi dilakukan.

Ketika kebutuhan ini muncul, terjadi sebuah tantangan tersendiri saat Kita ingin melakukan Print file PPT ini. Karena wujudnya yang slide by slide, jadi membutuhkan pengaturan khusus dalam mencetaknya. Jika Anda mencoba langsung menekan tombol Print pada Software Power Point, yang terjadi adalah slide by slide tersebut yang tercetak. Hal ini akan menyebabkan boros kertas dan tinta khususnya pada slide yang full color.

Tentu Anda langsung mencari tau bagimana cara ngeprint power point. Jadi untuk membantu Anda pada Artikel Cara Ngeprint PPT Kami telah membahas Tutorial lengkapnya.

Cara Print Word

Cara mengeprint dokumen Word yang satu ini adalah cara yang paling umum dilakukan. Bisa diketahui dari banyaknya pengguna Software milik Microsoft yang satu ini. Mulai dari Word 95, Word 98, Word 2000, Word 2003 hingga Word 2019 yang paling terbaru untuk saat Artikel ini dibuat.

Microsoft Word merupakan salah satu Software yang memiliki pengaturan Word yang lengkap dibandingkan dengan Software-software Editor PDF. Dan pengaturannya print out dokumen di Word terbilang mudah dan user friendly. Meskipun Cara ngeprint word merupakan kegiatan yang cukup familiar, banyak juga yang masih belum pernah sekali melakukannya.

Selain itu banyak juga yang membutuhkan metode penghematan dalam mencetak, terutama bagi Mahasiswa yang sedang menyelesaikan Skripsi atau Tugas Akhir. Terkadang saat melakukan bimbingan dengan Dosen pembimbing cukup menyerahkan draft skripsi mereka dengan hasil cetakan tanpa warna. Cara print hitam putih di word tentu menjadi

Cara Ngeprint Amplop

Dalam dunia profesional, sudah menjadi hal wajib dilakukan perihal surat menyurat yaitu Amplop yang resmi adalah amplop yang dicetak Printer bukan dengan ditulis manual oleh tangan. Mulai dari Institusi pemerintahan maupun swasta sudah lama menerapakan cara ngeprint amplop di word.

Sebelum mencetak ada baiknya Anda mempersiapkan telah mempersiapkan desain atau KOP surat yang akan dicetak pada Blanko atau Amplop tersebut. Dengan mengatahuinya pada Artikel cara ngeprint Amplop, Anda dapat menghemat biaya cetak dibandingkan harus menggunakan jasa percetakan.

Cara Print Label Undangan

Ketika Anda sedang memiliki kebutuhan membagikan undangan untuk acara Pernikahan, Ulang Tahun atau yang lainnya. Tentunya akan lebih Praktis jika Anda menggunakan kertas label sebagai media cetak Nama Undangan, dibandingkan Anda harus menulis secara manual Nama pada kolom kartu undangan.

Perihal ngeprint label undangan tentu berbeda dengan cara print pada Kertas HVS biasa. Dikarenakan memerlukan kemampuan khusus. Tapi jangan khawatir apapun kesulitannya pasti ada kemudahan ya kan? Pada artikel cara print label undangan Kami akan memberikan tutorialnya kepada Anda

Nah itulah berbagai metode dan cara ngeprint yang dapat kami uraikan secara umum pada Artikel ini. Jika Anda masih mengalami masalah pada Printer Anda, hubungi kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version