SUCCESS COMP

Cara Print lewat HP dengan OTG

Cara Print lewat HP dengan OTG (Kabel OTG) merupakan sebuah alternatif lain dari Cara Ngeprint lewat HP via Wifi. OTG sendiri adalah salah satu fitur pada ponsel cerdas yang memiliki kemampuan membaca perangkat flashdisk atau USB melalui port USB OTG. Fitur ini memungkinkan Kita bisa ngeprint dari Smartphone atau HP Anda langsung ke Printer tanpa menggunakan jaringan Wifi.

Tentu ini akan memudahkan Anda dalam bekerja ataupun beraktifitas, karena berbeda dengan dahulu jika Anda memiliki file yang berada di HP atau Smartphone dan ingin mencetaknya, Anda harus terlebih dahulu memindahkan file tersebut ke Laptop atau PC kemudian Anda baru bisa mencetaknya ke Printer.

Berbeda dengan cara print dari HP melalui Wifi, ngeprint dengan OTG dapat menggunakan Printer apa saja tanpa fitur Wifi Printing yang tertanam didalamnya. Nah, untuk itu pada Artikel kali ini Kami akan memberikan tahapan-tahapan Cara Print Lewat HP dengan OTG. Simak selengkapnya dibawah ini.

Hal-hal yang perlu disiapkan

Sebelum mengetahui tahapan-tahapannya lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk melakukan metode cetak ini, yaitu sebagai berikut:

Cara Ngeprint lewat HP dengan Kabel OTG

  1. Pertama-tama pastikan Printer Anda sudah menyala dan terkoneksi dengan baik.
  2. Kemudian Install Aplikasi NokoPrint pada Smartphone atau HP Android Anda
  3. Setelah itu, colok kabel USB ke Printer kemudian colokkan kabel OTG ke Smartphone Anda
  4. Lalu sambungkan kabel USB ke kabel OTG

    Kabel OTG

  5. Setelah itu akan muncul notifikasi pada Smartphone Anda seperti ini

    NokoPrint

  6. Ketuk OKE
  7. Setelah itu Anda akan diarahkan ke tampilan list Printer. Pilih Printer yang Anda gunakan.
  8. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini dimana Anda harus mengunduh dan install Driver Printer, pilih Gunakan Generik lalu muncuk Notifikasi lagi klik YA / OKE Cara Print lewat HP dengan OTG
  9. Jika berhasil akan muncul seperti gambar dibawah ini, pilih Foto dan Gambar bila Anda ingin mencetak file Foto atau Gambar, pilih Dokumen bila Anda ingin mencetak file berformat Dokumen seperti Doc, XLS, PPT, PDF dll. Atau pilih Halaman Web jika Anda ingin mencetak Halaman di suatu Website.
  10. Kemudian Anda dapat membuka file yang akan dicetak, kemudian ketuk menu dengan lalu muncul tampilan seperti pada gambar dibawah. Pilih Cetak
  11. Setelah itu Anda dapat melakukan pengaturan dalam mencetak, sama seperti mencetak dari PC atau Laptop.
  12. Terakhir, klik Logo Printer untuk mulai mencetak. JIka berhasil Printer akan mulai mencetak file Anda.

 

 

Itulah beberapa tahapan Cara Print lewat HP dengan OTG, semoga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dan menunjang aktifitas Anda khususnya dalam mencetak. Printer atau Laptop Anda rusak, segera perbaiki perangkat Anda di Success Comp. Langsung WA 0852-1000-2083 Tim Admin Kami akan dengan senang hati merespon Anda.

Exit mobile version