Site icon SUCCESS COMP

Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Laptop

Tahun ini Asus mengikuti perkembangan zaman di pasaran laptop dengan mengeluarkan produk terbarunya yaitu Asus ZenBook Pro Duo, dari kata Duo itu anda tentu saja tahu ada yang berbeda belakangan ini dari produk keluaran Asus. Ya, memang benar laptop keluaran terbaru ini hadir dengan dua layar yang masing-masingnya beresolusi 4K.

Siapa sih yang tidak mau punya laptop? Di zaman sekarang ini, laptop sudah menjadi standar alat elektronik untuk dunia kerja (termasuk buat para gamers juga). Dikarenakan ukurannya yang kecil dan simpel, sudah pasti kalau laptop itu memiliki keunggulan yang melebihi komputer desktop. Jadi jangan heran kalau anda tidak melihat banyak computer desktop belakangan ini karena laptop telah menggantikan posisinya.

Oleh karena itu, agar anda tidak ketinggalan zaman, anda harus segera memiliki laptop. Namun, anda harus berhati-hati dalam memilih laptop, karena jika anda asal pilih bisa saja laptop itu tidak sesuai dengan kebutuhan anda, untuk menghindari hal itu anda bisa memperhatikan hal-hal berikut agar anda bisa mendapatkan laptop idaman anda.

5 Hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih laptop

Beli: PROMO – ASUS ZenBook Flip UX362FA Core i3 RAM 8GB

1. Tentukan tujuan dari laptop

Perlu anda ketahui kalau setiap laptop itu berbeda, masing-masing laptop memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu sebelum anda berangkat ke toko komputer terdekat pastikan terlebih dahulu apa tujuan anda membeli laptop, apakah laptopnya untuk keperluan kerja? Apakah untuk bermain game? Dan seterusnya.

2. Sistem software

Menentukan sistem software merupakan preferensi sendiri, tapi sangat disarankan untuk memilih software mana yang anda suka sehingga anda merasa lebih nyaman ketika anda memakai laptonya. Agar memudahkan anda memilih software, berikut 3 sistem yang paling umum:

Sistem Mac OS hanya dikhususkan untuk produk Apple saja seperti MacBook. Namun sistem Mac OS memiliki satu keuntungan yang tidak dimiliki oleh sistem lain yakni sistem anti-virus yang kuat, sehingga Mac OS banyak disukai oleh para content creator, youtuber, dan lain-lain.

Sistem Windows 10 merupakan sistem laptop yang paling umum. Sistem Windows 10 ini merupakan sistem pembaruan dari Windows sebelumnya dengan kelebihan terbaru yaitu bantuan digital yang diberi nama Cortana. Jadi kalau anda sedang kebingungan atau ingin cepat dapat informasi, anda hanya perlu bilang Hey Cortana.

Sistem Chrome OS merupakan sistem keluaran terbaru dari Google. Namun sistem ini tidak berbeda jauh dengan sistem Windows, tapi kelebihan sistem ini bisa menjalankan segala aplikasi yang ada di smartphone Android.

3.  Tipe laptop

Terdapat tiga tipe laptop yang ada di pasaran sekarang ini, masing-masing memiliki fitur tersendiri seperti ukuran, daya tahan, berat, dan lain-lain. Tergantung dengan preferensi anda sendiri, anda bisa perhatikan tiga jenis laptop berikut yang paling umum:

Laptop tipe ini biasanya berukuran kecil dan ringan, layarnya berkisar dari 10 sampai 11 inci. Dengan itu, laptop ini mendukung daya tahan yang lebih lama, jadi laptop ini cocok bagi anda yang suka bepergian.

Beratnya juga sama dengan Netbook hanya saja laptop ini lebih ramping modelnya. Kelebihan laptop ini bisa mendukung konfigurasi kelas atas dan adanya fitur touchpad.

Tipe Notebook merupakan tipe laptop yang paling umum, ukurannya juga hampir sama dengan Ultrabook, hanya saja Notebook ini memiliki kapasitas RAM dan hard disk yang lebih besar. Selain itu, harga Notebook lebih mahal dibandingkan dengan tipe lainnya.

Baca: Inkjet Printer: Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelemahannya

4. Perhatikan resolusi

Resolusi gambar akan menentukan seberapa nyaman anda melihat layar, jadi setiap laptop yang anda pilih harus memiliki resolusi yang cukup tinggi sehingga tampilan gambar terlihat tajam, oleh karena itu penting bagi anda untuk mengecek resolusi laptop terlebih dahulu, biasanya laptop yang bagus memiliki resolusi kurang lebih 1920 × 1080.

5. Harga

Memperhatikan harga sangat penting, sebab apa gunanya memimpikan laptop impian kalau anda sendiri tidak dapat mencukupi harga laptop yang ditawarkan? Oleh karena itu, lebih baik anda mengecek harganya terlebih dahulu sebelum anda berangkat ke toko komputer

Laptop ini memang sengaja dilengkapi fitur-fitur kelas tinggi untuk menyediakan performa terbaik, jadi untuk pasaran Indonesia kalau anda ingin mendapatkan laptop dengan dua layar ini, setidaknya anda harus menyiapkan uang sekitar 60 juta.

Jadi dapat disimpulkan kalau Asus ZenBook Pro Duo itu memang laptop yang layak dan merupakan laptop yang paling direkomendasikan bagi anda yang ingin meningkatkan produktivitas kerjanya.

Exit mobile version