SUCCESS COMP

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 – Sudah 10 tahun yang lalu, Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 merupakan versi terakhir dari OS mereka. Sekarang, Microsoft mengumumkan akhir perjalanan untuk Windows 10 karena Windows 11 menggantikannya, membawa serta pembaruan yang signifikan, fitur baru, desktop yang lebih bersih, dan kumpulan bug yang bisa membuat Kamu mengenang masa-masa kejayaan Windows 98 SE. Jadi, mari kita bicara beberapa kelebihan dan kekurangan utama dari OS Microsoft ini.

Kelebihan Windows 11

Windows 11 bukan hanya pembaharuan Windows 10 dengan koleksi wallpaper baru. Untungnya, banyak penyesuaian dan peningkatan lainnya membuat peningkatan ke OS terbaru tampak menarik.

Glass Look!

Estetika desktop baru Windows 11 mencoba meniru tampilan kaca. Akibatnya, ada banyak transparansi pada banyak elemen desktop, dari jendela hingga menu. Taskbar Windows 11 dan menu Mulai yang diperbarui dengan tema gelap aktif

Glass Look!

Source: Google

Transparansi ini berjalan seiring dengan efek terkait seperti keburaman latar belakang, bayangan jatuh, dan sudut membulat. Semua dipercepat GPU untuk pengalaman pengguna yang mulus. Keduanya harus lebih elegan dan lebih tajam daripada Windows 10. Keren!!

Android Bawaan di Windows 11

Hingga Windows 10, jika Kamu ingin menjalankan aplikasi atau game Android, Kamu dapat mengontrol ponsel dari jarak jauh atau menjalankan emulator. Kini Windows 11 hadir dengan dukungan untuk aplikasi Android yang sudah terpasang.

Source: The Verge

Secara teoritis, Kamu akan dapat menginstal hampir semua aplikasi atau game Android, klik di atasnya, dan itu akan muncul di layar, hampir seperti perangkat lunak Windows asli.

Taskbar Menjadi Dock

Seperti Mac OS dan beberapa OS Linux, Taskbar Windows 11 dapat berubah menjadi dock. Ikon di atasnya dapat dipusatkan, yang membantu saat menggunakan Windows 11 pada perangkat yang mendukung sentuhan.

Taskbar berpusat pada Windows 11 dan menu Mulai yang diperbarui. Penggemar taskbar klasik pun masih dapat menyelaraskan tombol Mulai dan ikon aplikasi ke kiri.

Kembalinya Widget

Kalau Kamu Kamu suka widget seperti Window informasi mengambang di Windows Vista dan 7, daripada Live Tiles Windows 10. Kini widget baru di Windows 11 muncul di panel khusus, yang meluncur dari kiri layar. Mereka juga tampaknya lebih diarahkan untuk menyajikan informasi daripada bekerja sebagai aplikasi mini.

Tata Letak dan Grup Snap yang Mudah Diakses

Windows sudah mendukung gertakan jendela ke sisi atau sudut layar dalam pengaturan yang belum sempurna. Awalnya “dipinjam” dari OS lain, fitur ini diperluas lebih lanjut dengan fitur FancyZones Windows PowerToys .

Sekarang, versi baru dan lebih baik di Windows 11 menghadirkan fitur untuk semua orang, menempatkannya di menu cepat yang melayang di atas tombol maksimalkan.

Kekurangan Windows 11

Banyak perubahan, tentu ada saja perubahan yang kurang pas atau fitur yang hilang.

Hilangnya Skype?

Skype adalah aplikasi pionir yang mempopulerkan panggilan video peer-to-peer. Saat ini, Skype tampaknya persaingan aplikasi panggilan video yang serupa dan terkadang lebih baik . Mungkin itu sebabnya Microsoft menggantinya dengan Teams pada OS Windows 11.

Lebih Sedikit Taskbar

Berdasarkan apa yang kita ketahui sejauh ini, taskbar Windows 11 mungkin terlihat bagus, tetapi lebih merupakan penurunan versi dari perspektif kegunaan.

Kemampuan untuk memindahkan taskbar ke sisi mana pun dari layar yang Kamu inginkan hilang. Sekarang, itu macet di bagian bawah layar. Demikian pula, mengklik tengah pada ikon tidak lagi meluncurkan instance baru dari aplikasi yang sudah berjalan.

Timeline yang terlupakan

Apakah Kamu ingat bagaimana Microsoft menghadirkan Timeline sebagai cara visual lain untuk tetap teratur? Mengawasi bagaimana kami menggunakan komputer, Timeline kemudian dapat menampilkan aplikasi dan dokumen yang kami akses, situs yang kami kunjungi, dll. dalam urutan kronologis.

Itu ide yang bagus di atas kertas tetapi jarang digunakan oleh siapa pun. Jika Kamu termasuk orang yang menyukainya, tetap gunakan Windows 10, karena Timeline sudah hilang di Windows 11.

Hilangnya Cortana

Cortana adalah Microsoft mengambil pembantu yang diberdayakan AI, seperti Asisten Google dan Alexa Amazon, yang dengannya Kamu berinteraksi dengan suara.

Namun, mungkin lebih tepat untuk mengatakan “adalah” karena Cortana tidak lagi dimasukkan ke dalam OS. Namun, Kamu tetap dapat mengunduh, menginstal, dan menggunakan Cortana sebagai aplikasi terpisah.

Lebih Sedikit Layouts Namun Lebih Lemot

Dengan Windows 11, Kamu dapat dengan cepat mengambil Window apa pun di layar berdasarkan tata letak jendela yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, jika Kamu menginstal PowerToys milik Microsoft di Windows 10, Kamu juga dapat membuat tata letak. Itu tidak langsung, tapi itu jauh lebih fleksibel.

Sebagai bonus, cara default untuk menjepret jendela adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke tombol maksimalkan jendela. “Mengarahkan kursor” berarti menjaganya tetap stabil di atas elemen desktop dan menunggu OS mendeteksi Kamu ingin mengakses pop-up cepat tata letak. “Menunggu” ini mungkin tidak terlalu lama, tetapi membutuhkan waktu lebih lama daripada menekan hotkey atau mengklik hotspot di layar.

Microsoft Ingin Mengenal Kamu

Kami berspekulasi bahwa Windows 11 juga akan mengirimkan lebih banyak informasi ke Microsoft tentang komputer Anda dan bagaimana Anda menggunakannya. Kamu harus masuk dengan akun Microsoft untuk memanfaatkan sepenuhnya semua fitur yang ditawarkan OS baru, apa pun edisinya.

Tambahkan ke ini bagaimana widget desktop Windows 11 akan menggunakan AI untuk menyajikan informasi yang disesuaikan (dan iklan) kepada Kamu dengan memantau minat Kamu, dan penggemar 1984 George Orwell mungkin ingin melewatkan peningkatan.

Baik, itulah artikel menganai Kelebihan dan Kekurangan Windows 11, semoga dapat membantu Kamu dalam mengatahui hal-hal apa saja yang mendapatkan informasi-informasi seputar OS ini. Jika Kamu masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version