Site icon SUCCESS COMP

Kenali Apa Saja Keunggulan dan Kelemahan Printer Barcode Zebra

Printer Barcode Zebra

Printer Barcode Zebra

Diantara beberapa jenis printer yang dijual di pasaran, printer barcode merupakan salah satu jenis printer di bidang bisnis. Pernahkah Anda memperhatikan barang-barang kemasan yang dijual di supermarket? Barang-barang tersebut menggunakan barcode sebagai kode barang. Ternyata untuk mencetak barcode pada barang tersebut digunakan sebuah printer khusus, yaitu barcode printer. Seperti apakah printer barcode ini? Apa keunggulan dan kekurangannya? Hal ini akan kami bahas dalam ulasan di bawah ini!

Pengertian dan Fungsi Printer Barcode

Printer Barcode merupakan printer yang bekerja menggunakan teknologi thermal (pemanasan) untuk menjalankan proses mencetak. Printer ini berfungsi sebagai mesin pencetak label barcode yang biasanya digunakan dalam berbagai macam produk. Media yang digunakan untuk dicetak bisa berupa kertas maupun bahan lain dengan cara dipanaskan. Teknologi pemanasan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan tinta sehingga tercetak sebuah tulisan yang diinginkan.

Printer barcode dikenal juga dengan istilah printer thermal karena bekerja berdasarkan pemanasan mesin. Kertas yang dimasukkan ke dalam printer, tidak akan langsung tercetak tulisan. Melainkan, mesin akan memproses terlebih dahulu dengan cara mesin menggerakkan kepala printer hingga menghasilkan panas. Selanjutnya, kepala printer aka menyentuh kertas yang telah Anda masukkan. Lalu tinta printer akan aktif dan perlahan tinta mencetak data di atas kertas sesuai file yang ingin dicetak.

Secara umum, printer barcode digunakan untuk di bidang kasir untuk mencetak label barcode, daftar harga, resep makanan, dan sebagainya. Salah satu merek printer barcode yang banyak digunakan yaitu Zebra. Apa saja keunggulan dan kelemahannya? Berikut penjelasannya!

Baca: 3 Jenis Passbook Printer dengan Fungsi dan Kelemahannya                  

Keunggulan Printer Barcode Zebra

Printer barcode banyak digunakan diberbagai bidang untuk mencetak label barcode dengan mudah. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan adanya printer barcode, khususnya merek Zebra, diantaranya:

  1. Mampu mencetak banyak dokumen. Printer barcode Zebra menawarkan keunggulan dimana perangkat ini dapat mencetak dokumen dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga sangat cocok digunakan diberbagai bidang yang memiliki kebutuhan cetak label barcode dalam jumlah besar.
  2. Menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas. Tak hanya mampu mencetak dalam jumlah banyak, printer ini juga mampu menghasilkan cetakan yang berkualitas. Tak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan printer Zebra.
  3. Kinerja cepat. Printer barcode Zebra juga dilengkapi dengan mesin yang mampu bekerja cepat untuk mencetak barcode dibandingkan mesin printer pada umumnya. Hal ini tentunya akan membuat proses percetakan selesai tepat waktu dan tidak mengganggu pekerjaan lain.

Kelemahan Printer Barcode Zebra

Selain menawarkan berbagai keunggulan di atas, printer barcode tersebut juga memiliki kelamahan yaitu hasil cetakan yang tidak bertahan lama. Walaupun mampu mencetak dalam jumlah banyak dan cepat, sayangnya printer jenis thermal ini memiliki daya tahan cetakan yang cukup rendah. Hasil cetakan mudah pudar dan rusak yang disebabkan oleh perubahan suhu. Inilah sebabnya, banyak label barcode yang mulai pudar.

Saat Anda ingin membeli printer barcode untuk bisnis Anda, pastikan mengetahui jenis printer yang akan dibeli sesuai kebutuhan. Pertimbangkan pula spesifikasi dan harganya sesuai anggaran yang telah Anda tetapkan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara kerja printer barcode dan melakukan setting dengan benar sebelum digunakan. Jika Anda belum mengetahui cara setting printer barcode baru, lebih baik mintalah seseorang untuk melakukannya dan Anda dapat belajar sehingga bisa melakukan setting dikemudian hari.

Jadi, sudah tahukan bagaimana sistem kerja printer barcode Zebra dengan keunggulan, dan kelemahannya? Semoga ulasan di atas dapat memberikan referensi bagi Anda yang ingin membeli printer barcode.

Success Comp Pusat Penjualan dan Service Sparepart & Printer Barcode Zebra
0852-10000-355 | Komplek Ruko Citra Gran, Blok R1 no.23 Jalan Alternatif Cibubur

 

Exit mobile version