SUCCESS COMP

Keyboard Laptop tidak Berfungsi di Windows 10

Keyboard Laptop tidak Berfungsi di Windows 10 adalah sebuah bentuk permasalahan tingkat lanjut dari Papan Ketik di Komputer Jinjing yang menggunakan sistem operasi besutan Microsoft. Tentu ini akan membuat aktivitas Anda dalam menggunakan Laptop tergganggu dan terhambat. Bagimana tidak, saat terjadi gagal fungsi seperti ini Anda tidak dapat melakukan pengetikan dan perintah dari Keyboard di Laptop.

Tidak dipungkiri lagi peran dari Papan Ketik ini sangat krusial pada sebuah Laptop, hampir setiap pekerjaan dilakukan melalui Keyboard seperti mengetik tugas, berselancar di Internet, coding, dan lain-lain. Pastinya hal ini akan menghambat Anda dalam menyelesaikan segala urusan yang menggunakan Laptop.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Nah pada Artikel kali ini, Kami akan membagikan kepada Anda beberapa penyebab dan solusi ketika Keyboard Laptop tidak berfungsi di Windows 10. Simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Keyboard Laptop tidak berfungsi di Windows 10

Penyebab pertama yang dapat membuat Papan Ketik Anda tidak beroperasi dengan baik adalah terjadinya kesalahan pada sistem operasi yang membuat masalah ke berbagai perangkat kerasnya tidak bekerja dengan semestinya, yang salah satunya bisa terjadinya pada Keyboard Laptop. Tentu ini adalah hal yang wajar karena segala sesuatu buatan manusia pasti ada kekurangan “bug”

Kotoran atau Debu yang menumpuk pada sela-sela Papan Ketik di Laptop dapat menyebabkan gagal fungsi. Ini terjadi karena debu atau kotoran tersebut menghambat kinerja dari sistem fungsi Keyboard itu sendiri.

Penyebab selanjutnya adalah ketika kabel konektor yang menghubungkan Papan Ketik dengan Motherboard Laptop terlepas ataupun hanya kendor. Tentu saja hal ini akan membuat permasalahan dan gangguan untuk kinerja Keyboard karena koneksi dengan Motherboard terhambat ataupun hilang sama sekali.

Ini merupakan masalah yang cukup sering dialami berbagai perangkat keras di Laptop maupun Komputer. Dimana adanya ketidakcocokan dan kerusakan pada software driver dengan Perangkat Keras, dan yang Kita bahas lebih spesifik disini adalah Driver Software pada Keyboard Laptop.

Penyebab yang satu ini adalah masalah yang mungkin paling sulit untuk Kita tangani sendiri sebagai pengguna. Karena melibatkan komponen yang berada di Keyboard itu sendiri. Dan seperti tidak banyak opsi solusi pada penyebab yang satu ini.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop tidak Berfungsi di Windows 10

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan restart pada Laptop. Cara ini merupakan cara tercepat dan termudah bagi segala permasalahan pada Laptop termasuk masalah Papan Ketik yang tidak berfungsi ini. Dengan melakukan mematikan dan menyalakan kembali Laptop (Restart) diharapkan masalah atau Bug yang ada pada sistem teratasi dan Keyboard dapat digunakan kembali.

Cara kedua yang dapat Anda lakukan ialah dengan menginstall ulang Software Driver Keyboard Internal Laptop Anda. Cara ini merupakan solusi dari permasalahan pada driver papan ketik seperti adanya ketidakcocokan dan driver yang sudah lama tidak diupdate.

Caranya juga cukup mudah, buka Device Manager > Keyboard > Uninstall Driver setelah itu pilih lagi Keyboard klik kanan Scan for hardware changes

Solusi selanjutnya jika Papan ketik pada Komputer Jinjing Anda masih tidak berfungsi secara normal adalah dengan membersihkannya dari Debu dan Kotoran yang menupuk. Untuk menunjang kinerja Papan Ketik, sela-sela harus bebas dari segala sesuatu yang mengganggu.

Dalam praktik ini Anda diharuskan membuka Keyboard dari Laptop. Jika Anda tidak berani dan memiliki kemampuan dalam membongkar Laptop, Kami menyarankan kepada Anda untuk membawanya ke Tempat sevice atau Profesional.

Ketika Papan Ketik pada Laptop tidak dapat digunakan secara normal, memang solusi paling mudah dan cepat adalah dengan menggunakan Keyboard External. Namun hal ini tidak menjadi solusi ketika alasan Anda menggunakan Laptop ialah tentang kepraktisannya. Untuk itu saat Papan Ketik bermasalah dikarenakan terjadi kerusakan pada komponennya, gantilah part Keyboard dengan yang baru (diganti 1 set).

Jika Anda tidak dapat menggantinya sendiri, bawalah Laptop ke Tempat Service terpercaya di Kota Anda.

Itulah beberapa penyebab dan solusi Keyboard Laptop tidak berfungsi di Windows 10 yang dapat Kami berikan kepada Anda. Untuk solusi atau konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Kami di WhatsApp 0852-1000-2083

Exit mobile version