Site icon SUCCESS COMP

Kursor Laptop Hilang, Penyebab dan Solusinya

Kursor Laptop Hilang, Penyebab dan Solusinya

Kursor Laptop Hilang – Kursor atau Penanda-kini ialah indikator posisi pada monitor atau layar komputer, laptop atau perangkat tampilan lain yang merespon input mouse atau input teks. Penanda-kini biasanya dapat dibagi menjadi dua jenis: kursor teks dan kursor mouse. Kursor teks adalah antarmuka baris perintah (CLI) atau antrian editor teks yang menunjukkan di mana teks ditempatkan (titik penyisipan) saat Anda mengetik. Biasanya berkedip atau digarisbawahi padat, persegi panjang, atau vertikal.

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect

Seperti permasalahan lainnya pada Komputer Jinjing, ada kalanya Kita mengalami masalah pada bagia Kursor ini. Paling sering terjadi adalah kursor laptop yang hilang ataupun tidak mau digerakan. Hal ini terjadi karena berbagai alasan. Untuk itu pada artikel kali ini Kami akan memberikan informasi penyebab dan berbagai solusi dalam kendala Kursor Laptop Hilang. Simak selengkapnya disini.

Penyebab Kursor Laptop Hilang

Sebelum mengetahui solusi untuk menghadapi kendala kursor yang tidak muncul atau hilang, baiknya kita mengetahui berbagai penyebab yang membuat permasalahan seperti ini terjadi pada Komputer Jinjing atau Desktop Anda.

  1. USB pada Mouse Mengalami Kendala

Kendala yang ada pada USB mouse mungkin bisa menjadi alasan mengapa kursor Komputer Jinjing hilang. Masalah ini biasanya muncul ketika sistem (Sistem Operasi) pada membaca perangkat baru yang terpasang USB. Tentu saja, ini akan meniadakan kemunculan kursor di layar laptop.

  1. Driver Mouse yang tidak Up to date

Hal kedua yang biasanya menjadi penyebab kursor tidak Nampak di layar Komputer Jinjing adalah Driver Mouse yang terlampau jadul atau belum diperbaharui. Dimana terjadinya Sistem Operasi sudah tidak mendukung versi lama dari Driver tersebut.

  1. Laptop Overheat

Selanjutnya, Komputer Jinjing terlalu panas atau overheat dapat menyebabkan tidak munculnya krusor. Ketika Komputer Jinjing mengalami overheat tentunya akan mempengaruhi performa keseluruhan komponen di dalam Laptop, tidak terkecuali akan memberikan permasalahan pada Touch Pad Laptop.

  1. KursorTernyata tidak Aktif

Penyebab terakhir yang membuat kursor hilang ialah saat kursor secara tidak sengaja menjadi non-aktif. Kejadian ini bisa saja terjadi ketika soerang pengguna yang tidak sengaja menekan Fn + F9 atau perintah Fn (Tiap Laptop mungkin berbeda) yang membuat kursor menjadi non-aktif.

Cara Mengatasi Laptop not Responding

Cara Memunculkan Kursor yang Hilang

Setelah mengetahui penyebab hilangnya kursor pada komputer jinjing, kali ini Kita akan memberikan beberapa cara mengembalikan kursor yang hilang:

  1. Update Driver Mouse

Cara awal yang dapat Anda lakukan ketika kursor hilang adalah dengan mengupdate driver mouse pada Sistem Operasi yang Anda gunakan. Kami juga menyarankan untuk secara berkala melakukan update pada driver agar kedepannya Anda tidak mengalami kendala serupa.

  1. Cek Kondisi Mouse dan Touch Pad

Untuk menhindari atau mengembalikan kursor yang menghilang dari layar Komputer Jinjing adalah dengan memeriksa Touch Pad apakah mengelami permasalahan pada permukaannya atau tidak. Cek juga apakah peritah Fn yang mematikan fungsi Touch Pad tidak aktif

  1. Jaga Laptop agar tidak Overheat

Selain menghindari kursor yang menghilang, menjaga suhu Komputer Jinjing terjaga dengan baik tentu akan membuat Laptop lebih awet dan tidak mengalami permasalahan-permasalahan lainnya. Sebagai tambahan Anda dapat menggunakan cooling pad untuk menjaga suhu Laptop saat digunakan untuk membuka aplikasi berat atau bermain games.

  1. Service Laptop

Ketika penyebab dan pastinya Anda tidak juga mengetahui solusi yang tepat ketika kursor Anda menghilang. Kami menyarankan Anda untuk membawa Laptop Anda ke Jasa Service Laptop terpercaya di Kota Anda.

Itulah beberapa peyebab dan solusi Anda ketika mengalami kursor Laptop hilang, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version