Site icon SUCCESS COMP

Laptop Restart Sendiri, Penyebab dan Solusinya

Laptop Restart Sendiri

Laptop Restart Sendiri adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang. Itu bisa terjadi karena beberapa alasan dan cukup sulit untuk mengetahui penyebabnya. Tentu permasahan ini sangat mengganggu terutama saat ini sedang banyak pekerjaan dan dikejar oleh deadline. Tidak masalah jika reboot ini sendiri. Pada saat-saat kritis seperti itu, komputer jinjing yang reboot sendiri membuatnya sangat tidak nyaman, bukan?

Cara Mengatasi Laptop not Responding

Oleh karena itu, masalah yang satu ini harus segera diatasi agar pekerjaan atau tugas Kita tidak terpengaruh lagi. Ada banyak faktor yang sering menyebabkan laptop melakukan reboot secara spontan. Tentu saja, setiap masalah yang Anda temui akan memiliki solusi yang berbeda. Nah, kali ini Kami ingin berbagi beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut berdasarkan penyebabnya.

Penyebab Laptop Restart Sendiri

Processor Overheat

Sebagai otak dari Laptop atau Komputer, jika Processor terlalu panas atau overheat akan membuat Komputer Jinjing melakukan reboot sendiri hingga berkali-kali sampai kondisnya stabil. Hal ini adalah salah satu penyebab utama laptop yang terus reboot.

Kemudian Kami sudah merangkumkan beberapa Kondisi processor yang terlalu panas dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti:

  1. Penumpukan kotran atau debu pada laptop, dan sirkulasi udara mudah terganggu. Dan efeknya adalah memanaskan bagian dalam laptop itu sendiri.
  2. Pasta termal pada processor dan pendingin prosesor kering atau habis.
  3. Kondisi ruangan tempat Anda menggunakan Laptop cukup panas.

RAM Bermasalah

RAM atau Memory yang bermasalah merupakan masalah yang beberapa kali muncul ketika Laptop restart sendiri. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan RAM sudah terlalu jadul.

Serangan Virus

Laptop Anda mungkin juga terinfeksi virus. Virus menyerang RAM karena hingga membebani banyak memory pada proses yang sama berulang kali. Oleh karena itu, Anda dapat me-restart laptop Anda-itu akan restart secara otomatis.

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Merawat kinerja Processor

Setelah Anda telah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan Processor Overheat, kini Anda daoat melakukan beberapa solusinya sebagai berikut:

  1. Lakukan pembersihan pada bagian dalam laptop, yaitu membersihkan debu – debu yang ada di dalamnya, bisa menggunakan kain dan lap. Kalau masih takut atau ragu – ragu untuk membongkar dan memebersihkan sendiri laptop anda. Ada baiknya bawa ke sevice Laptop terpercaya di Kota Anda agar mendapat penanganan yang tepat dan optimal, serta meminimalisir dampak negative yang dapat timbul.
  2. Tambahkan thermal paste secukupnya pada processor dan pendinginnya, sehingga jalur pendinginannya bisa menjadi lebih optimal lagi, dan sedikit dapat mengurangi panas yang terjadi.
  3. Perhatikan tempat peletakan atau penyimpanan laptop kita, usahakan jangan diletakkan di tempat yang panas.

Mengganti RAM

Satu-satunya solusi ketika Laptop Anda mengalami reboot sendiri secara terus menurus yang diakibatkan RAM yang bermasalah yaitu dengan menggantinya dengan yang baru. Anda dapat memasangkan RAM ini dengan Anda sendiri atau bawa Laptop Anda ke Tempat Service Laptop terpercaya di Kota Anda.

Cara Mengatasi Kamera Laptop tidak Berfungsi

Menggunakan Antivirus

Ketika Virus menyerang RAM dan membuat Laptop Anda reboot secara terus menurus cara satu-satunya agar ini tidak terjadi lagi adalah dengan melakukan antisipasi agar Laptop Anda tidak terinfeksi virus. Caranya adalah dengan tidak sembarangan melakukan download dan install Software. Namun jika sudah terinfeksi, gunakan antivirus yang selalu terupdate untuk membasmi virus-virus tersebut.

Nah, itulah artikel mengenai Laptop Restart Sendiri, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version