Site icon SUCCESS COMP

Laptop tidak Ada Suara, Penyebab dan Solusinya

Laptop tidak Ada Suara

Laptop tidak Ada Suara, Penyebab dan Solusinya

Laptop tidak Ada Suara merupakan kendala pada Komputer Jinjing yang kerap dialami oleh pengguna. Tidak ada yang lebih baik daripada memutar beberapa lagu untuk menjaga mood Anda selama bekerja ataupun beraktifitas saat menggunakan Laptop. Tetapi jika speaker komputer jinjing Anda tidak berfungsi, itu benar-benar dapat menggangu Anda. Apalagi bagi Anda yang menggunakan Laptop berkaitan dengan soundnya juga seperti Video Editor, Produser Musik dll.

Laptop tidak Bisa Shutdown, Beberapa kasus dan Solusinya

Nah pada artikel kali ini Kami akan memberikan beberapa solusi berdasarkan penyebab Laptop tidak ada suara. Simak selengkapnya disini.

Cek Volume Suara

Mungkin Anda berapa kali saya secara tidak sengaja membisukan (mute) volume, Klik ikon pengeras suara di sudut kanan bawah bilah tugas Windows 10 atau 11, dan pastikan volume Anda diaktifkan dan dinaikkan.

Di Windows 11, pengaturan Wi-Fi, volume, dan baterai dapat ditemukan melalui satu tombol di bilah tugas. Klik, pilih bilah volume, dan seret ke kanan untuk menaikkan suara; ketika Anda melepaskannya, Anda akan mendengar bunyi “ding”.

Untuk Pengguna Mac yang menjalankan macOS Big Sur atau yang lebih baru akan memiliki kontrol suara yang tersembunyi di dalam ikon Pusat Kontrol di sudut kanan atas layar. Seret bilah Suara ke kanan untuk membuat segalanya lebih keras. Untuk perangkat yang menjalankan OS lama, akan ada tombol suara individual.

Jika Anda memiliki speaker eksternal yang terpasang, pastikan speaker tersebut dihidupkan dan dihidupkan juga. Jika Anda mendengar bunyi ding saat volume diperbesar, aplikasi yang Anda coba gunakan mungkin dibisukan. Pastikan pemutar musik atau video, atau aplikasi lain yang Anda gunakan, diaktifkan dan diaktifkan.

Hal yang sama berlaku untuk YouTube dan pemutar dalam browser lainnya—mudah untuk membisukannya secara tidak sengaja, yang dapat membuat frustasi untuk didiagnosis nanti. Pengguna Chrome, misalnya, dapat mengeklik ikon not musik di menu peramban untuk mengontrol pemutaran audio dari tab mana pun.

Coba Gunakan Headphone atau Headset

Jika Anda mengalami masalah dengan speaker internal laptop, coba sambungkan headphone atau satu set speaker eksternal. Jika suara muncul, Anda mungkin memiliki masalah perangkat keras dengan speaker internal Komputer Jinjing Anda.

Anda juga dapat mencoba menghubungkan sepasang headphone USB (seperti headset game USB) jika Anda memiliki sesuatu seperti itu. Ini dapat melewati driver audio default dan menunjukkan di mana masalahnya, jadi patut dicoba.

Instal atau Perbarui Driver

Jika ragu, jika perangkat keras PC tidak berfungsi, periksa drivernya.

Klik Start Menu, ketik “device manager,” dan tekan Enter untuk membuka Control Panel. Gulir ke bawah ke Sound, Video and Game Controllers dan perluas menu untuk menampilkan semua perangkat output audio yang mungkin ada di PC Anda. Jika ada tanda seru kuning di sebelahnya, itu pertanda Anda mungkin perlu mencari dan menginstal drivernya dari situs web produsen. Jika tidak, menginstal driver tetap layak dicoba.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Anda juga dapat mencoba menghapus instalan driver: klik kanan yang Anda coba gunakan—dalam kasus saya, laptop saya menggunakan Realtek Audio—dan pilih Uninstall Device. Reboot Windows dan itu akan mencoba menginstal ulang driver generiknya, yang dapat menghidupkan kembali speaker.

Nah, itulah artikel mengenai penyebab dan solusi Laptop tidak ada suara, semoga dapat memberikan Anda informasi dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version