Site icon SUCCESS COMP

Laptop tidak Bisa Connect Wifi, Ini Solusinya

Laptop tidak bisa connect Wifi merupakan masalah yang cukup  membuat frustasi terlebih lagi hampir seluruh kegiatan dan pekerjaan tidak terlepas dengan Koneksi Internet, seperti mengirim Email, menyimpan, membuka atau mengedit data di Cloud Storage. Ditambah lagi dengan banyak laptop sekarang ini tidak menyediakan port LAN yang tertanam pada Body, membuat kita sebagai pengguna tidak bisa menggunakan kabel RJ45 sebagai koneksi Internet.

Penyebab Laptop tidak bisa Connect Wifi

Ada berbagai macam penyebab mengapa Laptop tidak dapat terkoneksi dengan Wifi yaitu:

Sebelum membahas cara memperbaikinya, ada baiknya Anda mengatuhi terlebih dahulu berbagai status koneksi Wifi yang tertera pada berbagai icon berikut

Ikon Sinyal Penuh

Artinya Anda terhubung dengan sinyal yang penuh pada Wifi, namun apabila Anda tetap mengalami kendala pada konektivitas, mungkin ada terjadi masalah pada Web Browser, Wesbite maupun Firewall yang memblokir Internet Anda

Ikon Sinyal Lemah

Jika hanya terlihat kurang dari 3 garis sinyal, artinya Anda masih masih terhubung dengan Wifi namun sinyalnya lemah dan ada kemungkinan akses internet akan melambat.

Ikon Tidak ada Koneksi

Artinya Laptop tidak terkoneksi dengan jarigan Wifi atau Anda terhubung tapi tidak terkoneksi dengan Internet (limited connectivity), yang berarti Laptop terhubung dengan jaringan local tapi tidak ke Internet.

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak terdeteksi

Dari berbagai penyebab yang sering terjadi diatas, kami akan memberikan beberapa solusinya dibawah ini:

Merestart Koneksi Wifi Laptop

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan kemudian menyalakan kembali Adapter Wifi di Laptop yang biasa dilakukan sebagai berikut:

Gunakan tombol pada Keyboard sebagai cara Anda untuk merestart koneksi Wifi di Laptop, sebagai catatan cara pada masing-masing Brand dan bahkan tipe Laptop akan berbeda. Nah pada Laptop HP yang kami gunakan disini caranya adalah dengan menekan tombol fn + f11 secara bersamaan, kemudian Wifi / Koneksi akan berubah ke Airplane Mode. Setelah itu coba untuk aktifkan kembali dengan menekan tombol fn + f11 secara bersamaan kembali

fn + f11

Jika, cara tersebut belum mengatasi masalah Anda, cobalah untuk menonaktifkan koneksi Wifi pada Laptop di Wifi & Internet Settings, dengan cara masuk Wifi Icon dipojok kanan task bar kemudian nonaktifkan Logo Wifi, setelah itu coba aktifkan kembali. Kemudian coba lagi untuk masuk pada koneksi SSID Wifi Anda

Icon Wifi

Wifi Aktif

Wifi Mati

Set Up Ulang IP Address

Cara kedua saat laptop tidak bisa konek wifi, adalah dengan mengatur ulang IP Address Laptop Anda. Terkadang terjadi konflik pada IP Address dari device-device yang Anda gunakan.

Network & Internet Settings

Change adapter options

Adapter Wifi

Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically

Install Ulang Driver Wifi pada Laptop

Driver pada Laptop merupakan komponen software yang memiliki fungsi sebagai jembatan antara OS (Sistem Operasi dengan Perangkat Keras (Hardware).  Jika Driver mengalami masalah atau tidak terinstall dengan baik, kompenen hardware pada Laptop Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Maka kami sarankan pada Anda untuk re-install driver wifi Laptop Anda. Berikut cara untuk Install ulang driver Wifi:

Search Device Manager

Network Adapters

Driver Wifi

Uninstall Driver Wifi

Scan for hardware changes

Restart Unit Laptop

Ketika Anda masih mengalami kendala saat sudah menjalankan cara-cara diatas, cobalah unutk me-restart Unit Laptop Anda. Dengan restart Laptop, ditunjukan agar Sistem dapat berjalan normal lagi.

Restart Wireless Router atau Access Point

Jika setelah me-restart Laptop, kendala masih terjadi. Kami sarankan kepada Anda untuk Me-restart Wireless Router ataupun Access Point. Dengan cara mematikan Router melalui Tombol On/Off selama 30 detik kemudian menyalakannya kembali.

On off Router

Cek dan Perbaiki Network Adapater Laptop

Jika cara-cara diatas masih belum mengatasi permasalah Wifi Anda, pad acara berikut ini sebetelunya dibutuhkan kemampuan khusus dalam membongkar, mendeteksi kerusakan dan memperbaiki Laptop. Kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan Jasa Service Laptop terpercaya di Kota Anda.

Gunakan ‘Dongle’ Wireless USB Adapter

Jika dengan Anda tidak ingin memperbaiki Network Adapater pada Laptop Anda. Kami merekomendasikan pada Anda untuk menggunakan Wireless USB Adapater untuk menggantikan Network Adapater Anda yang masih bermasalah tersebut. Cukup simple dan terjangkau bukan?

Dongle Wireless USB Adapter

Kesimpulan

Itulah beberapa solusi dan cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect, apabila Anda masih mengalami kendala hubungi Kami untuk Konsultasi GRATIS di WhatsApp 0852-1000-2083

Exit mobile version