Site icon SUCCESS COMP

Laptop tidak Bisa Discharge, Penyebab dan Solusinya

Laptop tidak Bisa Discharge, Penyebab dan Solusinya

Laptop tidak Bisa Discharge – Baterai pada Komputer Jinjing merupakan salah satu komponen yang cukup sering mengalami kendala. Yang penyebabnya bisa terjadi karena berbagai hal.

Biasanya baterai tidak dapat menampung daya seperti biasanya atau biasa disebut “drop”, hal ini biasanya sering terjadi pada baterai komputer jinjing ini tidak bisa terisi lagi.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop tidak Berfungsi

Padahal baterai pada Laptop ini yang membuatnya menjadi portable atau dapat dibawa ke mana-mana, yang merupakan sumber listrik utama. Jadi hal ini menjadi hal yang cukup mengganggu.

Era sekarang ini baterai pada Laptop atau Komputer Jinjing biasanya menggunakan lithium ion atau polymer, yang berbeda dengan generasi Laptop-laptop lama. Tentunya baterai jenis lithium ini memiliki ketahanan yang dipengaruhi oleh beberapa hal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja baterai litium itu, beberapa diantaranya adalah jangka waktu pengisian, temperatur atau suhu dari perangkat, serta bagaimana cara menyimpan saat baterai sedang tidak digunakan.

Namun, meski kita sudah memperhatikan dan menjaga hal-hal tersebut, kadang permasalahan atau kendala pun tidak dapat dielakkan. Khususnya untuk baterai laptop yang tidak bisa terisi lagi, berikut ini beberapa hal yang biasa menjadi penyebab Laptop tidak Bisa Discharge dan solusinya

Charger Bermasalah

Charger yang bermasalah atau tidak bekerja dengan semestinya. Terdapat bergabagi faktor yang membuat hal ini terjadi seperti adanya komponen yang rusak atau kabel penghubungnya putus. Atau charger tetap bekerja namun daya yang dikeluarkan tidak maksimal akibat adanya komponen yang aus.

Solusi untuk kendala seperti ini, cobalah untuk cek kondisi charger (lengkap dengan kabelnya) untuk mengetahui penyebabnya hal ini terjadi. Lalu Anda dapat mencoba charger dengan lain miliki teman atau sdaura yang cocok dengan Laptop Anda. Bila tetap bermasalah juga mungkin kendala Komputer Jinjing tidak bisa charger karena faktor lain.

Kalau sudah mengetahuinya Anda bisa mengganti charger dengan yang baru atau mungkin Anda bisa melakukan penggantian beberapa komponen saja yang rusak.

Driver Baterai Bermasalah

Salah satu penyebab baterai komputer jinjing tidak dapat mengisi daya dengan baik dikarenakan oleh driver baterai yang bermasalaha atau error akibat siklus pengisian baterai yang tidak tepat. Dan karena permasalahan ringan, masalah ini pun cukup mudah untuk diselesaikan.

Saat mengalami hal ini, kita bisa menyelesaikannya dengan memilih opsi disable atau uninstal pada driver Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery dan Microsoft AC Adapter. Pilihan ini bisa ditemukan di Device Manager (Klik Windows, lalu ketikan Device Manager dan Enter).

Pada halaman tersebut, klik Batteries. Kemudian selanjutnya, klik kanan pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery atau Microsoft AC Adapter, lalu ketuk Disable device atau Uninstall device. Restart laptop lalu hubungkan dengan charger.

Dalam beberapa kondisi, kita juga bisa memilih opsi update driver jika driver baterai pada laptop sudah usang alias sudah ada driver baru yang bisa dipasang.

Baterai Sudah Soak

Baterai yang sudah soak juga bisa menjadi penyebab baterai komputer jinjing yang tidak bisa terisi lagi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika digunakan dengan asal-asalan, baterai laptop bisa cepat mengalami aus atau kerusakan.

Dan saat hal ini terjadi, kita hanya bisa mengatasinya dengan membeli baterai baru. Sebagai sedikit saran, meskipun soak ada baiknya kamu tetap memasangnya saat menggunakan laptop dengan sumber daya langsung dari charger.

Cara Mengurangi Kecerahan Layar Laptop

Nah, itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Touchpad Laptop tidak Berfungsi berdasarkan penyebabnya, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version