SUCCESS COMP

Laptop tidak Bisa Shutdown, Beberapa kasus dan Solusinya

Laptop tidak Bisa Shutdown merupakan kendala pada Komputer Jinjing Anda yang cukup menggangu dan kerap kali terjadi. Biasanya hal ini terjadi pada Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows baik, Windows 7, 8, 10 ataupun 11.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop

Masalah terkait shutdown seperti fungsi tombol shutdown tidak berfungsi adalah salah satu masalah yang sering terjadi dan beberapa faktor lainnya. Pada artikel kali ini Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa kasus dan solusi Laptop tidak bisa shutdown terutama pada Windows 10 dan Windows 11.

Beberapa kejadian Laptop tidak bisa Shutdown

Ada berbagai alasan laptop Anda tidak mati setelah Anda melakukan shutdown. Berikut adalah beberapa masalah yang pernah dialami pengguna dan kemungkinan penyebabnya:

  1. Komputer Jijing tidak dapat dimatikan bahkan restart, hibernate, atau lock: Menurut pengguna, Komputer Jijing mereka tidak dapat dimatikan, dihidupkan ulang, hibernasi, atau terkunci. Ini bisa menjadi masalah besar, tetapi Anda harus dapat memperbaikinya menggunakan solusi kami.
  2. Komputer Jijing tidak akan mati saat bagia layar Komputer Jijing ditutup (dilipat): Menurut pengguna, laptop mereka tidak akan mati saat tutupnya ditutup. Masalah kecil ini dapat diperbaiki dengan mengubah pengaturan daya Anda.
  3. Komputer Jijing tidak mau mati dengan tombol menekan tombol power fisik: Beberapa pengguna melaporkan masalah ini saat mencoba mematikan laptop mereka dengan tombol daya. Masalah ini disebabkan oleh pengaturan daya Anda dan dapat diselesaikan dengan cepat.
  4. Komputer Jijing saya tidak mau mati, malah melakukan restart: Beberapa pengguna melaporkan bahwa Komputer Jijing mereka tidak mau mati, bukannya mati, laptop mereka malah restart.
  5. Komputer Jijing tidak Shutdown malah layar menjadi hitam saja: Beberapa pengguna melaporkan layar hitam saat mencoba mematikan laptop mereka. Ini bisa menjadi masalah besar, tetapi Anda dapat memperbaikinya menggunakan solusi kami.

 

Solusi Laptop tidak bisa Shutdown

  1. Matikan fungsi Hybrid Shutdown secara manual

Hybrid Shutdown mengurangi waktu shutdown dengan hibernasi sesi kernel alih-alih mematikan sepenuhnya. Kemudian, ketika PC dihidupkan kembali, sesi kernel dicabut dari hibernasi, mengurangi waktu booting.

Namun selain meningkatkan kinerja, fitur Hybrid Shutdown juga dapat menyebabkan beberapa kesalahan atau bahkan mencegah Windows melakukan Shutdown secara benar.

Jadi, secara logis Anda harus menonaktifkan fitur ini untuk menyelesaikan masalah Kompute Jinjing yang tidak mati saat dilakukan Shutdown. Saat Anda menonaktifkannya, sesi kernel tidak akan lagi dihibernasi saat dimatikan, tetapi akan ditutup sepenuhnya. Ini mungkin meningkatkan waktu mematikan PC Anda, tetapi itu akan menyelesaikan masalah.

Berikut langkah-langkah mematikan fungsinya:

  1. Tahan tombol Windows + S kemudian input Control, dan klik Control Panel.
  2. Pilih System and Security
  3. Setelah itu pilih Power Options.
  4. Klik fungsi Choose what the power buttons do
  5. Lalu klik Change settings that are currently unavailable. Change settings that are currently unavailable
  6. Hapus checklis pada Turn on fast startup (recommended) untuk mematikan fitur Hybrid Shutdown.
  7. Terakhir klik Save changes
  1. Atur ulang BIOS Anda ke default

Komputer Jinjing Anda tidak dapat melakukan Shutdown dengan baik mungkin masalahnya terjadi pada pengaturan BIOS. Anda harus masuk ke BIOS dan mengatur ulang pengaturannya ke default untuk memperbaiki masalah ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mengakses BIOS Anda dan mengatur ulang ke default, kami sangat menyarankan Anda untuk memeriksa manual yang sesuai motherboard Komputer Jinjing Anda untuk instruksi rinci. Setelah mengatur ulang BIOS ke default, masalah harus diselesaikan sepenuhnya.

Laptop tidak Ada Suara, Penyebab dan Solusinya

  1. Lakukan Full Shutdown

  1. Klik kanan pada Desktop. Lalu Pilih New > Shortcut.
  2. Copy tulisan berikut pada Box yang muncul : shutdown -F -T ## -C “Your message here”
  3. Catantan tanda ## dapat diisi angka dari 0 hingga 315360000, dan “Your message here” menjadi teks yang akan muncul.
  4. Lalu klik Next.
  5. Terakhir isi nama shortcut tersebut sesuai keinginan Anda dan klik Finish.

Setelah melakukan itu, klik shortcut yang baru dibuat tadi untuk melakukan perintah complete shutdown.

Nah, itulah artikel mengenai Laptop tidak bisa Shutdown mulai dari kasus-kasus yang kerap dialami pengguna dan solusinya, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang Anda lakukan dengan Komputer Jinjing Anda yang bermasalah. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version