SUCCESS COMP

LCD Laptop Rusak – Jenis, Penyebab dan Solusinya

LCD Laptop Rusak adalah masalah yang cukup menakutkan dan membuat frustasi Kita sebagai pengguna. Terlebih lagi bahwa LCD atau akronim dari Liquid Crystal Display ini terbentuk dari beberapa lapisan, yaitu Lapisan Polarisasi, Backlight, Lapisan Kristal Cair, Elektroda dan lain-lain.

Hal ini cukup menjadi alasan bahwa LCD merupakan salah satu bagian paling rentan mengalami kerusakan, mulai dari kerusakan yang ringan hingga berat. Tentu saja masing-masing jenis kerusakan ini memiliki penanganan yang berbeda dan kadang kala lebih khusus karrena tidak terlepas karena karakter LCD yang sensitif.

Nah, pada artikel kali ini Kami akan memberikan macam-macam LCD Laptop Rusak, solusi dan cara merawatnya. Simak selengkapnya dibawah ini.

LCD Laptop Bergaris

Masalah LCD Laptop yang pertama ialah LCD Laptop yang bergaris, adapun penyebab layar laptop bergaris umumnya adalah kabel Fleksibel yang kendor atau bergoyang atau bisa juga karena Memory RAM yang rusak. Layar LCD bergaris ini juga bisa bermacam-macam indikasinya seperti hanya garis satu lurus vertical / horizontal atapun terdiri beberapa (banyak) garis. Namun terkadang juga dapat berubah-ubah kejadiannya.

Sumber: Youtube

Karena itu kami menyarankan kepada Anda untuk memeriksakannya terlebih dahulu agar daapt mengetahui penyebab utamanya kemudian dapat menemukan solusinya. Jika kerusakan ini tidak segera diselesaikan akan menjadi kerusakan atau masalah yang permanen bahkan jika didiamkan secara terus menerus ditakutkan garis di LCD tidak bisa dihilangkan sama sekali.

Baca Juga: LCD Laptop Rusak Bergaris, Penyebab & Solusinya

Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

  1. Anda dapat mencoba melakukan upgrade pada Driver GPU (Kartu Grafis) Anda, layar laptop bergaris bisa jadi dikarenakan Anda menggunakan driver grafis yang jadul atau perlu diupdate.
  2. Sesuaikan resolusi Layar Anda dengan menggunakan Display Setting di Windows 10 atau Screen Resolution di Windows 7 dan 8
  3. Terakhir, jika cara-cara diatas belum mengatasi permasalahan layar Laptop bergaris. Anda dapat membersihkan Layar LCD namun Anda harus melepas LCD Laptop. Jika Anda tidak berani atau memiliki kemampuan untuk itu ada baiknya bawa Laptop Anda ke Tempat Service Laptop terdekat.

Layar Laptop Berkedip

Layar atau LCD laptop berkedip dan biasanya bergaris bisa dikarenakan bermacama penyebab, yaitu seperti GPU Card yang bermasalah, resolusi yang terlalu tinggi hingga aliran listrik yang tidak stabil. Hal ini tentu dapat membuat mata sakit, tidak nyaman, dan membahayakan bila digunakan dalam jangka panjang. Terlebih lagi, LCD yang berkedip biasanya menampilkan visual yang cenderung low definition.

Layar Laptop Berkedip

Sumber: Youtube

Ini akan membuat mata Anda tidak puas khusunya jika diperuntukan untuk design dan editing. Jadi, Anda perlu untuk mengetahui penyebab dari LCD Laptop yang berkedip kemudian menentukan solusi atau cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris dan Berkedip

  1. Bila sumber permasalahnya terdapat pada resolusi yang terlampau tinggi, Anda bisa melakuan penurunan resolusi tersebut pada pengaturan di control panel.
  2. Jika penyebabnya dikarenaka daya atau aliran listrik yang tidak stabil, solusinya ialah Anda dapat menggunakan stabilizer atau memperbaiki komponen stabilizer di LCD laptop Anda.
  3. Apabila permasalahnya dikarenakan GPU atau VGA Card, solusinya yaitu dengan membawa Laptop Anda ke tempat service Laptop terdekat.

LCD Laptop Blank

LCD Laptop blank atau biasa disebut Blank Screen atau Layar Laptop Hitam, biasanya terjadi dikarenakan beberapa faktor. Seperti LCD rusak karena usia, Lampu neon LCD yang bermasalah ataupun memory RAM yang tidak terpasang dengan benar.

Baca Juga: LCD Laptop Acer Rusak, Ini Solusinya

Sumber: Youtube

Nah untuk mengetahui dan memastikan penyebab layar Laptop yang blank Anda dapat mencoba menghubungkan Laptop dengan monitor external atau proyektor. Apabila terkoneksi dengan baik dan muncul tampilan pada monitor external atau proyektor artinya masalah benar terjadi pada LCD / Layar Laptop Anda.

Solusi LCD Laptop Blank

  1. Apabila sumber masalah diketahui karena LCD Laptop yang rusak segera ganti LCD Laptop dengan yang baru atau untuk sementara gunakan Monitor External Anda
  2. Jika dikarenakan RAM, coba untuk cabut dan pasang RAM. Apabila masalah belum selesai, bersihkan metal pin pada RAM atau slot motherboard dengan karet penghapus.
  3. Jika masalah masih belum terselesaikan, bawa Laptop Anda ke Jasa Service Laptop Terpercaya

Baca Juga: LCD Laptop LENOVO Rusak, Ini Solusinya

Layar Laptop Ada Bercak Hitam

Layar Laptop Ada Bercak Hitam merupakan kerusakan pada LCD Laptop yang cukup sering dialami pengguna. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti, ada panel LCD yang pecah, debu yang mengotori LCD dan terpapar cairan pembersih kaca.

Sumber: Youtube

Tentu Anda harus memastikan penyebab black spot yang muncul pada layar LCD Laptop Anda. Kami pun merekomendasikan kepada Anda untuk segera menyelesaikannya karena ditakutkan masalah ini menjadi permanen hingga sulit dihilangkan.

Solusi Becak Hitam di Layar Laptop

  1. Pertama-tama Anda dapat mencoba membersihkan kotoran atau debu yang ada pada LCD Laptop Anda, akan lebih optimal jika Anda membuka dan membongkar Layar LCD Laptop untuk membersihkan bagian dalam LCD.
  2. Apabila masalah atau Anda tidak berani untuk membongkar Layar LCD Laptop Anda. Bawalah Laptop Anda ke tempat service terdekat dan terpercaya.

Baca Juga: LCD Laptop HP Rusak, Ini Solusinya

Layar Laptop Berubah Warna

Layar Laptop yang berubah warna meruapakan salah satu masalah pada LCD Laptop yang cukup sering dialami pengguna. Biasanya Layar Laptop akan berubah warna menjadi pink yang tidak sedap dipandang mata.

Sumber: Youtube

Permasalahan ini biasa terjadi karena adanya VGA Card (GPU Card) atau Kabel konektor yang tidak terpasang dengan baik bahkan rusak. Ada pun Anda dapat mengatahui sumber permasalah dengan mencoba mengkoneksikan Laptop dengan Monitor External ataupun Proyektor. Jika perubahan warna yang tidak biasa itu muncul, artinya permasalahan terdapat pada VGA atau GPU Card.

Cara Memperbaiki Layar Laptop yang Berubah Warna Pink

  1. Jika permasalahan ada pada kabel konektor, Anda dapat membongkar Laptop kemudian mengencangkan atau mengganti kabel konektor dengan yang baru.
  2. Apabila permasalah terjadi pada VGA / GPU Card kami menyarankan Anda untuk membawanya pada Tempat Service Laptop.

LCD Laptop Terdistorsi

Permasalahan pada LCD Laptop selanjutnya adalah layar laptop yang terdistorsi, ciri-cirinya adalah tampilan pada layar terelihat seperti bersemut layakanya pada Telvisi yang tidak menangkap sinyal antena. Meski masalah ini cukup jarang terjadi namun apabila sedang dialami akan mengganggu kinerja.

Sumber: Dell

Lalu kenapa layar Laptop bisa terdistorsi? Dalam beberapa kasus hal ini terjadi dikarenakan terjadinya kerusakan pada komponen hardware di Laptop seperti kabel output video yang tidak terpasang dengan baik ataupun pengaturan pada OS yang bermasalah.

Solusi LCD Laptop Terdistorsi

  1. Apabila permasalah pada OS, Anda mengaturnya tampilan pada BIOS. Jika tidak ada masalah pada tampilan BIOS, kami menyarankan pada Anda untuk mengisntall ulang OS Anda.
  2. Jika sumber masalah terjadi pada kabel output yang kendor atau longgar, Anda harus memperbaikinya dengan membongkar dan mengencangkannya.

Layar Laptop Bergerak Sendiri

Layar Laptop bergerak-gerak sendiri bukan merupakan adanya kejadian supranetural ataupun gaib. Masalah ini biasa disebut juga dengan ghost touch yang biasa dialami oleh Laptop berlayar Touchscreen (Layar sentuh)

Sumber: Youtube

Dalam bebeberapa kasus hal ini terjadi karena Laptop yang overheat, aliran listrik dari Charger yang tak stabil dan dimana saat baterai akan habis. Jadi sebelum Anda mencoba untuk mengatasi permasalahannya, pastikan terlebih dahulu penyebab utama layar Laptop bergerak sendiri.

Baca Juga: LCD Laptop ASUS Rusak, Ini Solusinya

Solusi Layar Laptop Bergerak Sendiri

  1. Apabila penyebab terjadi karena kondisi Laptop overheat (terlalu panas), Anda bisa mengatasinya dengan pindah ke ruangan yang lebih sejuk ataupun menambahkan cooling pad pada Laptop.
  2. Jika penyebabnya karena daya baterai laptop yang akan habis, segera isi baterai Anda dengan mencolokan charger pada Laptop.
  3. Yang terakhir apabila penyebabnya adalah aliran listrik dari charger yang tidak stabil, perbaiki atau ganti charger dengan yang sehat atau baru.

Itulah beberapa kerusakan LCD Laptop yang biasa terjadi dan solusi-solusinya, semoga Artikel LCD Laptop Rusak ini bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada LCD atapun Komponen Laptop Anda hubungi 0852-1000-0355 Kami dengan senang hati siap membantu Anda.

Exit mobile version