Site icon SUCCESS COMP

Masalah Aplikasi Zoom Paling Umum & Solusinya

Masalah Aplikkasi Zoom merupakan problem yang muncul pada aplikasi konferensi video paling populer di dunia yang cukup mudah digunakan, tentu Hal ini sering membuat pengguna frustrasi. Untungnya, sebagian besar masalah dapat diperbaiki dalam beberapa menit.

Pada artikel ini, Kami telah mengumpulkan beberapa masalah pada Aplikasi Zoom paling umum yang saat ini dialami oleh pengguna dan memberikan cara menyelesaikannya. Disini tidak ada perbaikan yang memerlukan pengetahuan teknis apa pun, jadi Anda tidak perlu menjadi ahli komputer untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini.

Zoombombing

Ketika ada pengunjung yang tidak terduga bergabung pada Zoom Meeting Anda lalu mulai berbagi gambar dan video tidak jelas bahkan tidak senonoh. Hal ini dikarenakan Aplikasi Zoom memiliki masalah keamanan yang memungkinkan hal ini terjadi dan sering terjadi bahkan diberikan isitilah sendiri yaitu Zoombombing.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memastikan hal seperti ini tidak terjadi lagi. Yang pertama adalah mengupdate aplikasi Zoom Anda ke versi terbaru. Zoom telah menerapkan beberapa langkah dan tingkat keamanan baru yang sedikit banyak mencegah Zoombombing ini terjadi.

Selain ID rapat Zoom, Anda sekarang juga memerlukan kata sandi untuk masuk ke meeting. Selain itu, semua peserta ditempatkan di waiting room terlebih dahulu dan kemudian dapat bergabung dalam rapat setelah Host mengizinkan mereka masuk.

Peningkatan yang dilakukan oleh Zoom ini merupakan langkah yang baik, tetapi masih ada beberapa langkah keamanan tambahan yang harus Anda ingat untuk mencegah Zoombombing. Yang pertama adalah tidak membagikan ID rapat Zoom Anda secara publik di Sosmed.

Metode ini akan memastikan pengunjung yang tidak terduga tidak akan muncul dalam rapat Anda. Tetapi ada trik lain yang dapat Anda gunakan untuk lapisan keamanan tambahan. Salah satunya adalah mengunci meeting setelah semua peserta bergabung. Artinya, tidak ada lagi yang dapat bergabung dengan rapat Anda, meskipun mereka memiliki ID dan kata sandi rapat.

Untuk melakukan ini, klik tab “Participants” dan kemudian pilih opsi “More” yang terletak di bagian bawah bagian yang muncul di sisi kanan. Beberapa opsi akan muncul – yang akan diklik dalam hal ini disebut “Lock Meeting”.

Kemudian yang perlu diingat bahwa Host selalu dapat menghapus pengunjung yang tak terduga dari meeting dengan mudah jika mereka masih berhasil masuk. Untuk menyelesaikan ini, klik opsi “Participants”, lalu arahkan mouse Anda ke nama peserta, dan klik “Mute” selanjutnya “Remove.

Pada kasus ini, kami juga merekomedasikan Anda menonaktifkan opsi yang memungkinkan pengguna yang dihapus untuk masuk kembali ke rapat. Anda dapat melakukannya dengan menuju ke Account Management > Account Settings, menavigasi ke tab “Meeting”, dan kemudian mematikan tombol “Allow removed participants”.

Kamera atau audio tidak berfungsi

Ketika Anda mengikuti meeting di Zoom dan tidak dapat mendengar siapa pun? Jika ini terjadi, Anda mungkin menutup Window yang muncul sebelum Anda masuk. Alih-alih menutupnya lain kali, pastikan untuk menekan tombol biru “Join with Computer audio”. Tetapi jika Anda lupa lagi, Anda dapat memilih opsi “Join audio” di sudut kiri bawah layar selama rapat, lalu klik tombol “Join with Computer Audio” yang sudah disebutkan yang muncul.

Jika Anda memang mengklik tombol biru sebelum bergabung ke meeting tetapi tidak ada yang dapat mendengar Anda berbicara, mikrofon Anda mungkin dalam status mute. Dalam hal ini, ikon mikrofon di pojok kiri bawah akan dicoret. Cukup klik ikon mikrofon tersebut hingga coretannya hilang.

Hal yang sama berlaku untuk kamera. Ini mungkin dimatikan secara default segera setelah Anda bergabung dengan rapat, jadi cukup klik ikon kamera di bilah tugas untuk menyalakannya. Jika pesan kesalahan muncul yang mengatakan bahwa video tidak dapat dimulai saat Anda mengklik tombol, masalahnya ada pada pengaturan PC Anda. Untuk memperbaiki masalah Zoom ini di Windows 10, buka pengaturan Kamera dan pastikan sakelar di bawah bagian “Allow apps to access your camera” aktif.

Jika Anda memiliki beberapa kamera (seperti laptop dan webcam terpisah), mikrofon, atau sistem speaker (seperti speaker dan headphone), pastikan Anda memilih yang tepat di setelan. Buka Pengaturan di Zoom dan kemudian Video atau Audio untuk memilih perangkat yang tepat.

Fitur yang hilang

Apabila Anda menemukan Aplikasi Zoom tidak memunculkan fitur-fitur populer seperti share screen, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini kemungkinan terjadi karena Anda menggunakan Aplikasi Zoom pada Browser buka dengan Aplikasi khusus (Zoom for PC).

Meskipun Zoom dapat dijalankan pada browser, fungsionalitasnya pada Browser sangat terbatas dibandingkan dengan aplikasi. Kemudian pada waktu yang diperlukan untuk terhubung ke meeting juga lebih lama dan dalam beberapa kasus, koneksi tidak terbentuk sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini dan mendapatkan akses ke semua fitur yang ditawarkan oleh Zoom, unduh dan install aplikasi Zoom di perangkat Anda. Perlu diingat juga bahwa akun gratis Zoom hanya mendukung maksimal 100 peserta per meeting dan tidak menyertakan pelaporan yang memungkinkan Anda melihat berapa banyak rapat yang sedang berlangsung, jumlah total menit yang dihabiskan dalam rapat, dan data lainnya.

Anda juga tidak mendapatkan akses ke panel admin yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan / menonaktifkan fitur tertentu. Ini adalah batasan utama yang perlu diingat, meskipun ada beberapa batasan lainnya.

Nah itulah beberapa masalah Aplikasi Zoom yang paling umum dan cara mengatasinya. Semoga dapat membantu Anda dalam kegiatan dan pekerjaan Anda menggunakan Aplikasi Video conference yang satu ini. Jika Anda mengalami kendala pada Laptop, Printer dan Perangkat IT Lainnya silahkan hubungi Kami di WhatsApp 0852-1000-2083

Exit mobile version