Site icon SUCCESS COMP

Permasalahan yang Kerap Terjadi pada Printer DotMatrix dan Cara Mengatasinya

Epson DLQ-3500 Dot Matrix Printer

Epson DLQ-3500 Dot Matrix Printer

Beberapa tahun belakangan ini, Printer DotMatrix menjadi salah satu printer yang banyak diminati. Khususnya oleh beberapa instansi atau perusahaan besar yang kerap melakukan cetak dokumen untuk berbagai keperluan dan administrasi kantor. Printer jenis ini memang memiliki resolusi cetak yang cukup baik dan kecepatan yang tinggi.

Namun, sayangnya printer berjenis DotMatrix mempunyai beberapa kelemahan salah satunya suara yang cenderung keras ketika dijalankan. Selain itu, ada beberapa masalah yang kerap ditimbulkan oleh printer DotMatrix. Jika printer DotMatrix yang Anda pakai mengalami beberapa masalah seperti berikut, atasi dengan cara yang tepat.

Masalah Printer DotMatrix dan Cara Mengatasinya

Kenali beberapa permasalahan yang kerap terjadi pada printer DotMatrix dan cara mengatasinya.

1. Printer Gagal Mencetak

Pernahkah Anda mendapati printer DotMatrix tidak mengeluarkan kertas cetakan? Jika printer Anda mengalami masalah tersebut, jangan panik dulu. Cobalah cek dan lakukan pemeriksaan pada printer yang membuatnya gagal mencetak dokumen. Bagaimana caranya?

  • Pertama, periksa sambungan printer dengan kabel yang mencolok ke listrik. Pastikan kabel sudah tercolok ke saluran listrik dengan baik/tidak kendor dan saluran listrik atau stop kontak tidak rusak/mati.
  • Pastikan bahwa tombol printer nyala atau dalam kondisi “on”. Jika semua sudah sesuai, cobalah lakukan print dokumen lagi. Namun, jika masih gagal mencetak, lakukan hal lain yaitu dengan menggunakan kabel printer lain yang sama mereknya. Anda bisa menggunakan kabel cadangan jika memilikinya atau meminjam ke teman. Gagal mencetak bisa disebabkan karena kabel printer mengalami kerusakan, misalnya putusnya kabel tembaga.

2. Printer Mengeluarkan Kertas, Namun Tidak Ada Tulisannya

Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana printer bekerja seperti sedang mencetak, akan tetapi kertas yang keluar kosong? Hal ini biasanya disebabkan karena tinta habis dan toner, atau habisnya karbon pada pita printer. Bagaimana cara mengatasinya?

Hal yang perlu Anda lakukan yaitu mengganti tinta, toner, maupun pita printer dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya, periksa terlebih dahulu bagian printer ada benda yang mengahalangi head printer? Kasus yang sering terjadi yaitu head terhalang oleh tinta yang mengering dan terjadi penyumbatan.

3. Lampu Indikator Berkedip-Kedip Terus Menerus dan Tidak Dapat Menjalankan Proses Cetak

Masalah selanjutnya yang perlu Anda pahami yaitu ketiga lampu indikator berkedip-kedip terus dan printer gagal mencetak. Hal ini bisa disebabkan karena cartridge printer belum terpasang secara sempurna. Cek kembali cartridge dan betulkan agar terpasang dengan pas. Jika sudah sesuai, Anda bisa mencoba untuk merestart printer dan melakukan perintah print dokumen.

Itulah beberapa masalah yang kerap terjadi pada printer DotMatrix yang perlu Anda pahami. Sebelum membawanya ke tempat service printer, lakukan penanganan sendiri dengan cara sederhana seperti langkah di atas.

Konsultasikan Masalah Printer Anda (GRATIS), hubungi:

Whatsapp: 0852-10000-355 atau klik bit.ly/successcomp

Exit mobile version