SUCCESS COMP

Mengapa Sebuah SSD Merupakan Komponen yang Wajib Dimiliki pada sebuah Komputer / Laptop?

Kenapa Wajib  Gunakan SSD?

Ketika Anda sudah memiliki sebuah Solid State Hard Drive (SSD) pada Komputer / Laptop / PC Desktop Anda, tentu itu akan membuat lebih banyak perbedaan yang signifikan dibandingkan Anda hanya memasang Hard Drive konvensional (HDD). Hebatnya, Teknologi SSD telah mengubah sejarah khususnya dalam Dunia Teknologi Informasi. Terlihat Invoasi ini telah membantu banyak penggunanya.

Laptop / Komputer era ini pun sudah memilih SSD sebagai Storage OS utamanya. Namun tak sedikit pula brand-brand Laptop / Komputer masih mempertahankan penggunaan HDD sebagai Storage utama maupun hanya untuk penyimpan data saja. Hal ini dikarenakan harga SSD yang masih terbilang cukup mahal, terlebih lagi jika dibandingkan langsung dengan harga HDD.

TIPS: Anda dapat membuka Task Manager untuk mengetahui informasi apakah RAM pada Laptop / PC Anda masih mempuni untuk menjalankan Software yang Anda gunakan sehari-hari.

Perbandingan HDD vs SSD

Hard disk drive (HDD) adalah perangkat media penyimanan non-volatile yang menggunakan piringan metal yang bersifat mekanik dengan lapisan magnet sebagai tempat untuk menyimpan data.

Solid state drive (SSD) kurang lebih setara dengan memory stick USB raksasa yang menyimpan datanya pada chip, tanpa ada bagian yang bergerak.

Bisa dilihat pada infografis diatas yang telah menjalankan banyak karakteristik SSD. Saat Anda menggunakan Laptop / Komputer dengan SSD pada Windows 10, proses bootingnya hanya dalam waktu 3-5 detik saja. SSD juga menggunakan daya yang lebih sedikit daripada HDD, sehingga membuat baterai Laptop bertahan lebih lama. 

SSD dirancang untuk bekerja dengan andal & cepat, tidak cepat panas dengan  bobot yang lebih ringan dan tanpa mengeluarkan suara.  Tentunya karena hal ini SSD lebih dapat diandalkan daripada HDD. Bahkan SSD yang paling lambat mampu membaca dan menulis data pada tingkat yang melampaui hard drive konvensional tercepat. Dan saya meyakini ketika Anda sudah mencoba Laptop / Komputer yang menggunakan SSD, Anda tak akan mau lagi menggunakan HDD.

Namun yang perlu digaris bawahi, hanya dengan SSD saja tidak dapat merubah sepenuhnya kecepatan Laptop / Komputer. Tentu diperlukan komponen-komponen mempuni lain seperti Processor dan RAM yang mempengaruhi kinerja Laptop / Komputer.

Kesimpulan

Semoga artikel dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan untuk Mengupgrade HDD Komputer Anda dengan SSD, atau membeli Laptop yang sudah memiliki SSD didalamnya.

Upgrade RAM Laptop / PC Anda di Success Comp, Tim Expert kami akan dengan senang hati membantu Anda dalam menangani permasalahan yang Laptop / PC Anda alami. Jangan ragu untuk menghubungi kami WA 085210000355.

 

Exit mobile version