SUCCESS COMP

Mengatasi Hard Disk yang Lemot di Windows

Apakah Anda bingung dengan hard disk yang lemot terutama saat melakukan transfer file, read / write? Ini dapat mulai terjadi pada PC / Laptop yang sudah terhitung jadul. Untuk Mengatasi Hard Disk Lemot Windows, Anda harus mengetahui dua penyebab yang mendasar yaitu: kerusakan perangkat lunak dan hard disk. Ketika hard disk dan perangkat lunak atau Software dalam kondisi yang tidak baik, ini akan memulai Bad Sector, virus,  fragmentation dan banyak masalah serius lainnya yang akhirnya mempengaruhi pada kecepatan yang menurun yang tentu memengaruhi kegiatan maupun pekerjaan Anda.

Mengatasi Hard Disk Lemot Windows, Ini Cara Mengatasinya

Sekadar informasi, faktor virus, bad sector, bad track dan master boot record yang rusak pada hardisk eksternal HDD atau USB akan mengakibatkan performanya menurun. Ada banyak cara untuk menentukan cara mana hard drive Anda menjadi lambat. Pada artikel ini kami memberikan solusi dan perbaikan hard disk yang paling berguna untuk Anda. Simak selengkapnya dibawah ini.

Periksa dan Hapus Virus pada Hard Disk

Cara pertama yang paling basic adalah Anda harus mencoba mencari tahu apakah Hard Disk Anda lemot dikarenakan Virus ataupun Malware. Anda dapat mencoba untuk menggunakan Windows Defender sebagai software bawaan Windows atau beberapa perangkat lunak antivirus pihak ketiga yang memiliki reputasi baik (mis., McAfee, Symantec, Kaspersky, Avast …) untuk Scanning apakah ada virus pada hard disk kemudian membersihkannya.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus Tanpa Antivirus

Periksa Kabel SATA HDD Anda

Solusi kedua yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki hard disk yang lemot, terutama pada masalah hard disk yang lambat dalam transfer file adalah dengan mengganti atau mencabut dan memasang kembali kabel data SATA di port SATA untuk Hard Disk Anda. Terkadang, ada masalah kabel SATA karena berdebu ataupun longgar, hal ini yang dapat memperlambat kinerja HDD Anda.

Langkah 1. Lepaskan kabel SATA dari port SATA yang menancap pada HDD dan Motherboard.

Langkah 2. Kemudian bersihkan kabel lalu Hubungkan kembali kabel SATA ke masing-masing port.

Catatan: Apabila Anda yakin bahwa ada masalah pada kabel SATA dan solusi diatas belum berhasil mengatasi kelamabatan kinerja HDD Anda. Kami merekomendasikan Anda untuk mengganti Kabel SATA lama Anda dengan yang baru.

Nonaktifkan Program Startup untuk Mempercepat Hard Drive

Semakin banyak program yang Anda instal di komputer / Laptop Anda, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk proses boot atau memulai Windows. Jika kinerja hard drive Anda berjalan sangat lambat sebagai drive sistem / OS, Anda dapat memperbaikinya dengan cara menonaktifkan beberapa aplikasi startup yang tidak perlu.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan program startup di Windows 10:

Langkah 1. Buka Task Manager, setelah itu buka tab Startup.

Langkah 2. Lalu pilih semua program yang sudah tidak Anda gunakan dan klik “Disable”.

Startup Task Manager

Startup Task Manager

Periksa Penggunaan Disk dan Restart Beberapa Program

Beberapa aplikasi seperti Photoshop, Illustrator dll menggunakan penggunaan disk yang tinggi sehingga hard disk Anda menjadi lambat. Dengan demikian, Anda dapat memeriksa penggunaan disk di Task Manager dan me-restart program tersebut.

Langkah 1. Buka Task Manager.

Langkah 2. Pada tab Processes, lihat pada kolom “Disk” untuk melihat program mana yang menghabiskan penggunaan disk Anda.

Kemudian, restart program yang tadi Anda lihat menghabiskan banyak Disk dan lihat apakah hard drive Anda berjalan lebih lancar.

Lakukan Disk Clean Up

Hard Disk Anda dapat berkinerja lambat jika penuh dengan file sampah seperti file yang tidak perlu dari sistem ataupun cache dari Software. Anda dapat membuang file sampah ini dengan tools gratis bawaan dari Windows. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembersihan sistem.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja MacBook / iMac

Defrag Hard Disk

Agar hard drive Anda tetap bekerja dengan baik, Anda harus mendefrag, atau menggabungkan file, pada hard drive Anda. Mendefragmentasi meningkatkan kinerja komputer Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Defrag

Itula beberapa Cara Mengatasi Hard Disk yang Lemot di Windows, semoga dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah pada Hard Disk Anda. Jika Anda masih mengalami kendala, baiknya Anda membawa Laptop / PC ke Tempat Service Laptop / Komputer Terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Exit mobile version