SUCCESS COMP

Pengertian, Fungsi dan Kelebihan Kekurangan Printer Thermal

Printer Thermal

Pengertian Printer Thermal, Fungsi Printer Thermal, Kelebihan Printer Thermal dan Cara Pemakaian Printer Thermal. Mungkin anda masih asing dan belum pernah menggunakan printer thermal ini sehingga mungkin saja anda belum mengetahui pengertian printer thermal dan fungsi printer thermal.  

Printer yang merupakan salah satu jenis dari keluarga printer impact ini, karena kualitas cetak, kecepatan, dan teknologinya biasanya digunakan untuk perkantoran, perbankan, penerbangan, ritel, belanjaan, dan kesehatan. Dimana printer ini biasanya sering digunakan sebagai printer untuk kasir pembelanjaan, karcis parkir, karcis tol, nomor antrian, tiket pesawat dan mesin fax.

Pengertian Printer Thermal

Printer Thermal adalah printer yang memanfaatkan panas untuk menghasilkan tulisan atau gambar di atas kertas. Proses pencetakan dari printer thermal ini menggunakan gulungan kertas. Dimana proses kerjanya mengambil gulungan kertas tersebut kemudian berubah menjadi gelap saat dipanaskan. Jadi tidak memerlukan tinta atau toner seperti jenis Printer lainnya sehingga dapat menghemat biaya maintenance. Selain itu printer ini juga tidak menimbulkan suara yang berisik dibandingkan dengan Printer Dotmatrix ataupun Inkjet.

Karena memiliki ukuran yang compact dan terbilang kecil dibanding Printer jenis lainnya, Printer Thermal tidak memakan banyak ruang dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun ada pula jenis printer thermal dengan ukuran yang lebih besar. Pada umumnya jenis printer ini diperuntukan penggunaan kantor atau bisnis perusahaan.

Printer Thermal atau yang bisa juga disebut dengan Printer POS ini umumya mampu mencetak dalam warna hitam, Namun terkadang juga bisa mencetak berwarna. Printer thermal juga tidak membutuhkan tinta atau toner, tidak seperti jenis printer lainnya tetapi sangat tergantung pada kertas termal dalam hasil mencetaknya

Sayangnya masih ada beberapa orang yang ragu menggunakan printer thermal ini, mungkin karena ada beberapa keterbatasan dalam penggunaan printer thermal ini seperti ukuran kertas, ukuran printer, teknik mencetak dan peralatan.

Fungsi dan Kegunaan Printer Thermal

Seperti yang sudah disinggung diatas, Printer Therma biasa diperuntukan sebagai printer mencetak karcis parker, resep pesanan, kasir pembelanjaan, karcis tol, nomor antrian, daftar harga, tiket pesawat, label barcode dan mesin fax. Sehingga Printer POS ini biasa kita temui di Bank, Minimarket, Supermarket, Loket Parkir, Rumah Sakit, Pom Bensin, Restaurant, Loket Gerbang Jalan Tol dan Lainnya.

Untuk cara pemakaiannya pun sangat mudah, yaitu menyambungkannya dengan komputer seperti desktop atau system. Kemudian menyalakan printer lalu  masukkan kertas thermal (kertas gulung) ke dalam printer, kemudian otomatis akan menggerakkan Print Head sampai menghasilkan panas setelah itu akan menyentuh kertas kemudian akan mengaktifkan tinta lalu perlahan tinta akan mencetak diatas kertas Thermal sesuai dengan input yang Kita berikan.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

Kelebihan dari printer Thermal:

  1. Tidak  memerlukan cartridge (tinta) atau pita sehingga dapat menghemat biaya maintenance
  2. Mudah digunakan karena menggunakan tombol yang lebih sedikit.
  3. Terkenal tidak berisik saat proses mencetak.
  4. Murah dan tersedia dalam berbagai model dan ukuran.
  5. Lebih efisien dan lebih cepat dalam mencetak dibandingkan dengan printer jenis lainnya
  6. Lebih tahan lama dibandingkan dengan printer jenis lainnya.

Kekurangan dari printer Thermal:

  1. Tidak seperti printer standar, printer termal biasanya tidak mencetak warna dengan baik dan mudah memudar

Harga dan Jasa Service Printer Thermal

Harga printer thermal lumrahnya berbeda beda dipasaran saat ini biasanya tergantung dari merk, jenis, dan fitur printer tersebut, dipasaran saat ini beredar printer kasir, printer thermal atau printer POS dengan berbagi merk seperti printer thermal merk Printer POS Epson, Fujistu, Gowell dan Zebra.

Untuk tempat atau jasa service dan maintenance panggilan printer thermal, printer kasir, printer karcis dan printer POS dari semua merk dan jenis yang ada dipasaran seperti  Printer POS Epson, Bixolon, Fujistu, Gowell, Blueprint dan Zebra silahkan menghubungi kami di Whatsapp 0852-10000-355 | Telepon 021-22821609 | Website https://success-comp.com/ atau Langsung Kunjungi Tempat Kami Success Comp Store di Jl. Alternatif Cibubur No.21, Komplek Ruko Jimbaran No.R 23, RT.001/RW.011, Jatisampurna, Bekasi City, West Java 17435

Exit mobile version