SUCCESS COMP

Penyebab Mainboard Printer Rusak

Penyebab mainboard printer rusak dan solusinya, sebagai pengguna Mesin Cetak ini merupakan hal harus diketahui. Karena ketika Printer Anda mengalami kerusakan dapat menimalisir kerusakan menjadi membesar atau bahkan dapat memperbaikinya sendiri.

Sama seperti  perangkat-perangkat elektronik lain, motherboard (papan induk) adalah sebuah komponen utama yang mempunyai tugas sangat penting. Perannya sama dengan sebuah motherboard pada komputer atau Laptop. Saat motherboard mengalami kerusakan, kegiatan atapun pekerjaan Anda kan tertanggu. Karena ketika itu terjadi bukan saja ngeprint Anda pun akan kesulitan untuk menyalakan Printer tersebut.

Nah pada Artikel kali ini kami akan memberikan kepada Anda beberapa penyebab mainboard Printer rusak beberapa diantaranya adalah kerusakan yang terjadi yang disebabkan kebiasaan Kita sebagai pengguna dan sebagai tambahan Kami juga memberikan solusinya kepada Anda dibawah ini

Printer jarang dipakai untuk mencetak

Ada masa-masa Anda memiliki Printer dan hanya memakainya secara rutin untuk beberapa saat. Contohnya Anda merupakan seorang pelajar atau mahasiswa yang menggunakan Mesin Pencetak hanya untuk kebutuhan skripis ataupun tugas akhir, namun ketika semua itu sudah beres Mesin Pencetak itu tidak diapakai lagi. Bahkan Anda beberapa pengguna yang salah kaprah dengan menggangap Mesin Pencetak yang jarang dipakai untuk ngeprint dapat membuatnya awet dan berumur panjang.

Karena itu, Kami menyarankan kepada Anda untuk tetap mencetak secara rutin mengguankan Printer Anda contohnya minimal dalam 2 Minggu sekali untuk mencetak beberapa dokumen hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, hal ini dapat melancarkan sirkulasi tinta dan membuat tidak mengering atau membeku. Kemudian membiasakan mainboard tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Printer digunakan tanpa istirahat

Ketika mendekati deadline tentu akan mengerjakan tugas atau pekerja dengan cepat dan tanpa henti. Saat itu juga Anda memforsir Printer untuk tetap mencetak secara terus menerus tanpa memberikannya istirahat, ini dapat mentababkan masalah terhadap Motherboard Printer Anda dan mungkin juga memperngaruhi komponen lainnya.

Ketika Anda dihadapkan kondisi untuk ngeprint dalam jumlah yang banyak, cetaklah dengan beberapa tahapan, contohnya mencetak 20 lembar terlebih dahulu. Lalu beri jeda waktu sekitar 3 hingga 4 menit agar kepala cetak (print head), mainboard dan komponen lainnya dapat beristirahat kemudian lanjutkan cetak berikutnya, begitu dilakukan hingga selesai.

Tinta Bocor

Penyebab yang ketiga diesababkan tinta mesin pencetak yang mengalami kebocoran. Hal ini terjadi dikarenakan tinta diisi secara berlebihan, selang penghubung katridge menuju motherboard mengalami kerusakan, dan katridge yang berkuliatas buruk.

Baca Juga: Bagian Printer yang Sering Rusak

Solusinya adalah Anda dapat mempelajari cara memperbaiki cartridge agar tidak ada tinta yang bocor lagi. Atau bawalah Printer Anda ke tempat Service Terpercaya di Kota Anda

Ngeprint Ketika Tinta tinggal Sedikit

Ketika tinta pada Printer sudah sedikit, biasanya aka nada notifikasi yang berasal dari sistem printer yang memberikan informasi bahwa tinta tinggal sedikit “low ink alert”. Tapi diantara Kita semua masih tetap melanjutkan untuk mencetak dengan menggunakan mesin pencetak tersebut. Hal ini dapat menyebabkan beberapa kerugian seperti hasil cetak yang buruk dan juga akan memberikan masalah pada mainboard.

Jika kejadian diabaikan terjadi secara terus menerus, dapat menyebabkan sebuah kondisi beberapa komponen lebih cepat rusak, bahkan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan Printer mati total. Untuk mencegahnya, Kami menyarankan kepada Anda untuk segara mengisi tinta Printer ketika notifkasi low ink muncul, kemudian setelah itu Anda dapat melanjutkan untuk mencetak kembali.

Printer tidak dirawat

Perawatan ataupun maintenance merupakan hal wajib dilkakukan terhadap semua perangkat elektronik manapun, tidak terkecuali untuk sebuah Printer. Mesin Pencetak yang tidak rutin dilakukan perawatan atau maintenance dapat mengakibatkan mainboard dan komponen lain lebih cepat rusak. Cotnohnya saja untuk permasalahan kebersihan. Ketika hal ini disepelekan, partikel-partikel kotoran dan debu akan menumpuk sehingga rentan merusak komponen yang ada.

Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan rutin seperti menjaga kebersihan Printer, memperhatikan tinta dll.

Nah itulah beberapa penyebab mainboard Rusak, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang dapat merusaka Printer Anda agar dapat selalu menjaga performa dan umur Printer Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

Exit mobile version