Site icon SUCCESS COMP

Printer Epson Rusak, Penyebab dan Solusinya

Printer Epson Rusak

Printer Epson Rusak – Mesin Cetak asal negeri Jepang ini telah lama dan banyak memproduksi berbagai jenis dan tipe Printer. Jadi sudah tidak diragukan lagi bagaimana kualitas Brand ini.  Namun, sebaik apapun dibuat, Printer yang merupakan sebuah Perangakat Elektronik akan mengalami kerusakan yang disebabkan berbagai hal, dan tidak menutup kemungkinan brand atau merk Printer lain juga mengalami hal ini.

Nah, pada artikel kali ini Kami akan membahas apa saja ragam dan penyebab Printer Epson Rusak lalu sebagai tambahan Kami berikan solusinya untuk Anda. Setidaknya dengan membaca artikel ini Anda mengerti dan mengetahui berbagai informasi perihal kerusakana pada Mesin Cetak Epson agar kedepannya Anda dapat segera mengatasinya. Simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Printer Epson tidak bisa mencetak karena notifikasi kehabisan tinta

Ya, permasalahan yang satu ini cukup sering banyak dialami oleh pengguna. Biasanya terjadi saat Anda ingin mencetak, muncul notifikasi perihal tinta yang kosong. Padahal saat Anda memeriksa, cairan tinta pada cartridge masih ada dan harus dapat mencetak dengan baik. Biasanya permasalahan ini disebabkan oleh bug yang terjadi pada driver atau tidak adanya sikronisasi antara sistem dengan driver. Untuk itu berikut cara mengatasi masalah ini:

Yaitu dengan melakukan reset / restart kembali sistem pencetak Epson Anda. Ini berfungsi agar sistem kembali pada settingan semula selanjutnya indikator akan membaca tinta yang terisi.

Anda dapat melakukan reset ini dengan cara manual yaitu pertama-tama mematikan lalu menyalakan kembali Printer Anda, kemudian tunggu sampai selesai proses reset selesai, selanjutnya tekan dan tahan tombol tinta selama 5 detik, lalu Lepas dan tekan lagi selama 3 detik.

  1. Printer Epson Rusak karena Lama tidak dipakai

Mesin Cetak Epson rusak bisa dikarenakan sudah lama tidak gunakan. Biasanya hal ini mengakibatkan catridge pencetak Anda rusak. Kemudian tinta juga ikut mengering ataupun mengeras pada kepala cetak (catridge), selanjutnya membuat teresendatnya laju Tinta saat mesin cetak dinyalakan kembali. Pada akhirnya, beberapa komponen di dalam Printer harus bekerja dengan keras dan membuat terjadinya kerusakan.

Adapaun cara untuk mencegah kerusakan ini yang diakibatakan Printer Epson sudah alam tidak dipakai adalah dengan menggunakan Pencetak secara rutin, misalnya setiap 1 Minggu sekali kemudian gunakan untuk  mencetak beberapa lembar dokumen atau gambar. Dengan melakukan hal ini, diharapkan tinta akan tetap dalam keadaan cair & dapat membuat Komponen pada Pencetak menjadi awet.

Jadi tidaklah mengherankan bila ada sebuah Pencetak yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama lalu hasil cetakannya tidak bagus atau maksimal, mungkin ini dikarenakan ujung kepala head terdapat tinta yang berkerak atau mengering. Namun jika cara diatas tidak dapat memperbaiki Mesin Cetak Anda, Kami menyarankan kepada Anda untuk  membawanya ke tempat Service terpercaya di Kota Anda.

  1. Printer Epson tidak dapat digunakan karena notifikasi penyerap tinta (Absorber Ink) penuh

Pada Mesin Cetak atau Printer merk Epson biasanya mempunyai suatu wadah sebagai menampung pembuangan tinta, yang berbahan sponge yang memiliki daya serap tinggi. Terjadi dalam jangka waktu yang realtif masih pendek atau Anda belum banyak menggunakan printer untuk mencetak, muncul notifikasi absorber yang sudah penuh, kemudian ini membuat Anda sebagai pengguna mengira bahwa penampung tersebut penuh dan harus mengganti baru, padahal bukan disitu masalahnya.

Ini merupakan sebuah masalah dan gangguan yang muncul karena Printer tidak mendeteksi isi penuh atau tidaknya pada Waste Ink. Mesin cetak dengan settingan bawaannya hanya memiliki hitungan secara dasar bukan dengan kondisi nyata. Dalam mengatasi hal ini dapat melakukan reset pada Printer Epson dengan tool khusus atau mudahnya Anda dapat mendatangin tempat service Printer terpercaya di Kota Anda.

Baik, itulah artikel menganai Printer Epson Rusak, semoga dapat membantu Anda dalam mengatahui hal-hal apa saja yang dapat merusak Printer Anda agar dapat selalu menjaga performa dan umur Printer Anda. Jika Anda masih mengalami kendala pada Laptop, PC, Printer dan perlengkapan IT lainnya, segera hubungi Kami di WA 0852-1000-2083

 

Exit mobile version